hinet

Gaya Mewah Masjid An-Nur Seperti Taj Mahal

Salah satu tempat beribadah umat muslim di Pekanbaru memiliki keunikan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Layaknya seperti Taj Mahal asal India, Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru juga memiliki desain megah nan memukau. Kedua tempat ini mempunyai kemiripan di bagian kolam tepat di depan bangunan utamanya. Sebuah bangunan megah dengan ukuran 50m x 50m di dalam pekarangan seluas 400m x 200m didesain oleh seorang arsitektur Indonesia, Ir. Roseno.

Fungsi utama sebagai tempat ibadah dengan menampung 4.500 jemaat ternyata memiliki fungsi lainnya. Bangunan bertingkat dua resmi memiliki bagunan megah pada tahun 2006 yang diresmikan langsung oleh presiden saat itu, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Bagian atas bagunan ini digunakan sebagai kantor dan ruang pertemuan di lantai bagian bawah, dan tempat ibadah di bagian atasnya. Selain itu masjid ini menyediakan fasilitas lainnya, seperti sekolah dan juga perpustakaan dengan buku yang cukup lengkap. Jadi banyak yang bisa dinikmati dari masjid ini.

Selain itu gaya bagunannya terlihat dari gaya arsitektur Melayu, Arab, Turki, dan India. Selain itu bangunan ini memiliki filososi dari tiap bagiannya. Kubah bergaya Melayu yang seperti gangsing terbalik terdiri atas empat kubah. Warna hijau yang terlihat pada kubah mengingatkan terhadap warna kubah Masjid Nabawi di Madinah. Selain itu warna hijau juga merupakan warna khas adat Riau, yaitu hijau, merah, dan kuning.

Selain itu masjid ini terdiri dari empat menara yang mengartikan sebagai sahabat Rasullulah yang mengawali pengembangan agama Islam. Relung jendela mengambil referensi dari Masjid Nabawi Madinah, sedangkan salud tiang mengambil referensi Masjidil Haram Mekah. Selain itu tulisan kaligrafi yang ada pada ruangan bangunan ini dibuat oleh seorang kaligrafer Azhari Nur dari Jakarta.

Baca juga : 5 Lokasi Foto Instagramable di Pekanbaru

Selain bagunan yang luas, masjid ini juga memiliki halaman yang luas. Di halaman ini biasanya masyarakat atau turis untuk menghabiskan waktu. Halaman masjid ini bisa digunakan untuk berolahraga di waktu pagi dan sore hari. Selain itu berbagai kegiatan juga kerap dilakukan pada halaman masjid, seberti bazar sampai tabligh akbar.

Kamu bisa langsung mengunjungi tempat ini untuk bersantai atau belajar mendalami agama. letaknya berada di Jalan Hangtuah, Sumahilang, Pekanbaru. Selain itu kamu juga bisa melihat tempat bersantai lainnya di Pekanbaru melalui media sosial. Atau untuk kamu yang sudah pernah mengunjungi tempat ini bisa membagikan informasi yang dapat membantu masyarakat lain. Kalau kamu mau tau tempat hiburan lainnya yang ada di daerahmu, gunakan Hinet karena kamu bisa tetap terkoneksi internet dimana pun. Karena dengan Hinet semua jadi mudah dan mungkin.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.