Hinet Internet Cepat 4G LTE

4 Hal Penting Sebelum Kamu Beli Emas

Investasi emas batangan? Sebelum mulai beli emas, pertimbangkan 4 hal penting ini dulu – Emas sudah dipakai manusia sejak beribu-ribu tahun lalu sebagai alat transaksi dan alat untuk menyimpan kekayaan bahkan sampai saat inipun emas masih memegang perannya sebagai alat untuk menyimpan kekayaan. Tidak hanya untuk individu, namun juga untuk sebuah negara. Contohnya 78,2% cadangan devisa negara Amerika dalam bentuk emas. 20,8% cadangan devisa Rusia juga dalam bentuk emas. Untuk Indonesia sekitar 2,5% cadangan devisa Indonesia dalam bentuk emas atau setara dalam 80,56 ton.

Nah!, dari sini kita bisa lihat meskipun emas itu sudah tidak dipakai sebagai alat tukar atau alat transaksi di sebagaian besar negara emas itu masih memiliki peran yang sangat besar sebagai alat untuk menyimpan kekayaan. Dari sekian banyak pilihan investasi yang ada, emas masih jadi primadona untuk dijadikan investasi. Jadi, bisa dikatakan investasi emas ini sangat menjanjikan untuk jangka panjang, ya. Terlebih untuk kamu generasi milenial yang masih khawatir akan risiko saat akan berinvestasi.

Gak jarang juga emas dipandang sebagai logam yang paling aman,untuk menjaga nilai aset yang kita punya dari inflasi. Selain itu, emas juga dianggap sebagai alat untuk menyimpan harta yang mudah dibeli dan tersedia dimana-mana.

Nah, sebelum investasi uang, investasilah pada pengetahuannya terlebih dahulu. Di sini kita akan bahas 4 petimbangan sebelum beli emas batangan buat kamu yang berminat dalam investasi ini. Yuk disimak!

Baca juga : Ilmuwan Perempuan dan Penemuannya yang Mengubah Dunia

4 Hal Penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli emas batangan

  1. Jangka waktu target menyimpan emas
  2. Jenis emas apa yang akan dibeli
  3. Di mana beli emasnya?
  4. Faktor apa saja yang akan mengurangi nilai jual emas

Berapa lama menyimpan emas?
Ada beberapa orang memiliki tujuan beli emas, antaralain:

  • menjaga harga dari inflasi,
  • diverifikasi aset,
  • tabungan pendidikan,
  • tabungan hari tua,
  • sebagai dana darurat, dll

Rencanakan target waktu menyimpan emas, agar bisa memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir potensi kerugian. Sebelum menentukan durasi dan tujuan belie mas, coba pertimbangkan 2 hal berikut, ya:

  • Selisih harga beli dan harga jual emas
    Saat membeli emas, ada dua harga yang berlaku, yaitu harga beli dan harga jual emas. Selisih anatara harga beli dan harga juga cukup besar, jadi kita perlu mengalisa saat akan membeli atau menjual emas.

 

  • Nilai harga emas yang fluktuatif
    Dengan kondisi harga jual emas yang berfluktuatif, coba dipertimbangkan lagi. Misalnya, kamu menyimpan dana darurat dalam bentuk emas, lalu dikemudian hari kamu harus mencairkan emas tersebut karena ada hal yang mendesak, apa saat itu harga jual emas sedang naik atau bahkan sedang turun drastis. Tentunya kita nggak mau rugi dong, ya. Jadi memang investasi emas ini lebih baik untuk investasi jangka panjang, ya.

Jenis emas apa yang akan dibeli, ya?
Saat ini, emas yang paling banyak tersedia di pasar adalah emas yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang (ANTAM) yang merupakan Usaha Milik Negara. Selain itu, ada beberapa produsen emas lainnya. Seperti yang diproduksi oleh PT. UBS (Untung Bersama Sejahtera), King Halim, Hartono Wira Tanik, dll.

Semua produsen emas tersebut memproduksi emas batangan dengan kandungan emas besar 99.99%. eitss, walaupun memiliki kandungan emas yang sama, setiap produsen memiliki variasi berat, dimensi emas , desiain emas yang berbeda-beda.

Nah, sebelum kamu belie mas, kamu bisa pertimbangkan ukuran dan desain emas, kamu juga bisa mempertimbangkan emas yang paling mudah diperjualbelikan. kalian bisa cek harga emas dari berbagai prodesen di website Indogold.id.

Beli emas dimana, ya?
Seperti yang suda kita ketahui, bahwa emas merupakan salah satu komoditas yang bisa kita beli di banyak tempat, ya. Mulai dari Gerai Antam, Pegadaian, Bank, Toko Emas, Toko Online, dll. Eits, tapi dari sekian banyak toko atau gerai penjual emas harga jual beli dan harga jualnya bisa berbeda-beda, loh!. Beda ya dengan saham yang pergerakan harganya itu selalu sama di manapun.

Baca juga : 5 Manfaat Flashdisk, Kebanyakan Orang Belum Tahu

Terus gimana sih kita bisa tahu kalua harga bagus saat akan investasi emas? Nih, kalian bisa lihat dari harga beli yang rendah, harga jual yang tinggi, selisih harga jual beli yang rendah, dan yang perlu dipertambkan adalah review dan kredibilitas dari si pihak penjual, ya. Pokoknya, jangan langsung tergiur dengan toko atau pihak yang menjual emas di harga yang jauh lebih murah disbanding harga pasarannya, ya. Justru kita tuh harus banget curiga, kok bisa sih emasnya dijual jauh di bawah harga pasaran?

Faktor yang bisa menyebabkan nilai jual emas turun
Yeay, kita sampai di tips terakhir nih. Jadi, ada beberapa hal nih yang bisa banget mempengaruhi harga jual emas yang kita punya ntah nilai jual turun atau naik. Jika untuk penyebab nilai jual turun ada beberapa penyebabnya, antaralain:

  • Sertifikas emas hilang atau certicard-nya rusak
  • Penurunan kondisi emas yang disebabkan penyimpanan yang gak baik. Jadi harus banget buat kalian yang pengen investasi emas batangan untuk memperhatikan tempat penyimpanan emas dan dijaga dengan baik, ya. Jangan ditaruh di bawah bantal, ya. Hehehe

Jadi, gimana nih setelah kita baca dan pahami betul terkait hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum investasi emas batangan? Sudah semakin tahu, ya apa tujuan kamu investasi emas batangan ini. Kalau investasi untuk modal nikah 5 tahun ke depan, bisa banget, nih.

Sekian artikel tentang 4 hal penting yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli emas, sebagai penutup

Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.