Hinet Internet Cepat 4G LTE
4 Ritual Budaya Indonesia Paling Menyeramkan! Orang Asingpun Ketakutan Melihatnya

4 Ritual Budaya Indonesia Paling Menyeramkan! Orang Asingpun Ketakutan Melihatnya

4 Ritual Budaya Indonesia Paling Menyeramkan! Orang Asingpun Ketakutan Melihatnya – Ritual adat memang selalu menarik perhatian kita, apalagi turis mancanegara. Di Indonesia banyak sekali ritual adat yang bikin merinding. Adat-adat Indonesia yang paling menyeramkanpun ada yang sampai bikin turis-turis mancanegara ngeri jika melihatnya. Simak yuk ritual adat Indonesia yang bikin merinding:

1. Mas Kawin Kepala Manusia, Maluku.

4 Ritual Budaya Indonesia Paling Menyeramkan! Orang Asingpun Ketakutan Melihatnya - Mas Kawin Kepala Manusia, Maluku

Ritual yang dilakukan oleh suku Naulu tersebar di pulau yang  bernama pulau Seram, Maluku. Ritual ini hanya dilakukan oleh raja atau keturuanan raja yang ingin melamar seorang anak perempuan. Kepala manusia yang dipenggal itu dijadikan sebagai mas kawin sebagai simbol bahwa raja memiliki keberanian dan kejantanan. Hal ini pula dipercaya dapat membuat roh-roh leluhur senang dan bisa menjaga keturunan-keturunannya dengan baik.

Baca Juga: Olahraga Asli Indonesia, Bukti Kekayaan Budaya Kita

2. Ma’nene, Toraja.

4 Ritual Budaya Indonesia Paling Menyeramkan! Orang Asingpun Ketakutan Melihatnya - Ma'nene Toraja

Bentuk kasih sayang biasanya sering dilakukan dengan menunjukan sesuatu hal yang menyenangkan atau membahagiakan untuk orang yang disayang. Di Toraja bentuk wujud kasih sayang dilakukan dengan hal yang berbeda dan unik sekaligus menyeramkan. Pasalnya bentuk kasih sayang ditujukan kepada orang yang sudah wafat. Ma’nene atau merawat mayat, ritual ini pun dilakukan dengan cara mengganti atau membersihkan baju juga kain mayat agar tetap bersih meskipun jasadnya sudah lapuk dimakan usia. Kemudian biasanya keluarga memasukkan benda-benda kesayangan semasa hidup si mayat sebagai bentuk kasih sayang mereka. Benda-benda tersebut biasanya adalah barang kesukaan, makanan kesukaan, sirih atau kopi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 4 Objek Wisata Bali Yang Belum Banyak Orang Tahu

3. Debus, Banten.

4 Ritual Budaya Indonesia Paling Menyeramkan! Orang Asingpun Ketakutan Melihatnya - Debus, Banten

Debus yang biasa dilakukan untuk melengkapi rangkaian upacara adat ini biasa dilakukan oleh orang-orang tertentu yang memiliki kekebalan tubuh. Dalam sekali tampil, jumlah orang yang memainkan debus bisa 12-15 orang. Debus yang berarti kata tidak tembus ini menampilkan orang-orang yang kebal terhadap benda-benda tajam atau bahkan api. Debus dikenal berasal dari Banten, dan masih sangat mudah ditemui baik didaerah asalnya atau luar daerah Banten.

Baca Juga: Cara Isi Ulang Pulsa Hinet dengan BRIVA

4. Kerik Gigi, Sumatera Barat.

4 Ritual Budaya Indonesia Paling Menyeramkan! Orang Asingpun Ketakutan Melihatnya - Kerik Gigi, Sumatera Barat

Kerik Gigi merupakan upacara adat atau tradisi yang sangat disuka dan ditunggu oleh para perempuan terutama gadis-gadis suku Mentawai. Kerik gigi merupakan wujud pertanda kecantikan dan dipercaya membawa kedamaian para perempuan Mentawai. Proses kerik gigipun dilakukan dengan peralatan sederhana yang seadanya. Tidak melakukan pembiusan sama sekali. Terbayangkan bagaimana sakitnya? Namun rasa sakit dari kerik gigi ini dipercaya sebagai wujud perjuangan dalam mencari jati diri bagi perempuan suku Mentawai.

Setelah melihat ritual-ritual diatas nggak ada salahnya kamu berkunjung dan berwisata kesana. Lihat video mengenai ritual lainnya dengan menggunakan Paket Economy Plus Hinet dengan kuota sampai 90GB yang super ekonomis. Nikmati juga paket internet murah dan hemat di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.