Hinet Internet Cepat 4G LTE
5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung – Charger merupakan perangkat yang umumnya didapat oleh Hinet Lovers secara gratis. Ketika kamu membeli smartphone baru, maka kamu juga akan mendapatkan charger yang sudah sepaket dengan perangkat pendukung lainnya (headset, sim ejector, dan sebagainya). Sehingga kita bisa tarik kesimpulan kalau charger yang kamu dapatkan sudah orisinil atau asli.

Namun kenyataannya, tidak sesimpel itu. Sekarang ini sudah banyak oknum-oknum usil yang gemar menukar barang asli dengan barang palsu. Sehingga kamu juga harus mengetahui cara membedakan charger asli dan palsu.

Kenapa demikian? Karena jika kamu memakai charger yang tidak orisinil, maka kemungkinan besar nantinya smartphone yang baru saja dibeli akan terkena dampak yang tidak baik, seperti kondisi kesehatan baterai yang menurun.

Selain memperpendek usia baterai, menggunakan charger palsu secara terus-menerus akan membuat komponen hardware smartphone menjadi cepat rusak, cepat panas, port USB rusak, dan bahkan proses charging akan memakan waktu lama.

Cara Membedakan Charger Samsung Asli dan Palsu

Setelah mengetahui dampak negatif dan bahayanya menggunakan charger yang bukan bawaan pabrik atau palsu, maka kamu wajib pelajari juga nih, bagaimana cara membedakan charger asli dan palsu dan mengetahui ciri charger Samsung palsu. Pada saat membeli HP baru, pasti kamu diberi waktu oleh penjualnya untuk melakukan pengecekan seluruh komponen HP sekaligus pelengkapnya bukan? Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk memeriksa orisinalitas charger baterai.

Berikut ini tips membedakan charger asli dan palsu dari merk Samsung:

1. Perhatikan Logo Samsung Bagian Atas Charger

Komponen pertama yang bisa kamu cek keaslian dari charger Samsung adalah logo bagian atas charger.

Pada charger Samsung yang asli, warna pada tulisannya akan terlihat sedikit pudar namun terkesan elegan dan tidak terlalu tegas, serta berwarna silver.

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung

Sedangkan pada charger Samsung palsu, tampilan warnanya agak sedikit keemasan dan tulisannya terlalu jelas dan terang.

Selain itu, kamu juga bisa perhatikan secara mendetail di setiap huruf-hurufnya. Charger Samsung yang asli susunan hurufnya akan terlihat rapi, sementara yang palsu biasanya ada ‘scratch’ atau pola goresan di huruf-huruf tertentu.

Baca Juga: Cara Ngecharge HP Dengan Benar, Dijamin Jadi Berumur Panjang

2. Cek Lekukan Pada Bagian Kepala Charger

Bentuk lekukan charger Samsung yang asli akan terlihat ‘melengkung’ serta terkesan lebih rapi dan mulus, dalam artian tidak begitu tajam.

Sementara lekukan pada bagian tepi kepala charger Samsung palsu akan terasa tajam bila diraba, dalam artian tidak melengkung.

3. Lihat Bagian Logo USB dan Bentuk Port Charger

Pada bagian kepala port USB charger yang orisinil, akan terlihat lebih pendek bila dibandingkan dengan yang KW. Bahkan, sambungannya pun juga terlihat rapi. Bila port USB terlihat sangat panjang dan tidak rapi (miring), bisa dipastikan itu KW.

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung

Lalu, perhatikan juga gambar logo USB. Pada charger Samsung yang asli, logo USB terlihat lebih pudar namun terkesan elegan. Sementara yang palsu akan terlihat lebih jelas dan mencolok.

Kemudian, di bagian plat logam kabel charger Samsung yang asli terdapat 3 lubang, sedangkan yang palsu hanya ada 2 saja.

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung

Baca Juga: Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

4. Periksakan Bentuk Kaki Colokan

Komponen ini juga bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk mengecek keaslian dari charger loh. Bagian kaki colokan charger yang asli terlihat memiliki tekukan dikarenakan adanya perbedaan diameter antara bagian bawah dengan atasnya.

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung

Sementara itu, pada kaki charger Samsung yang palsu tidak ada tekukan dan diameternya rata dari atas hingga bawah.

5. Tulisan Di Badan Colokan Charger

Terakhir, periksakan juga tulisan di bagian bodi kepala charger Samsung. Lihat bagian logo Samsungnya, logo pada charger yang palsu akan terlihat lebih terang dan mencolok bila dibandingkan dengan yang asli.

5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung

Charger Samsung yang palsu juga akan menambahkan logo A+ dan terbuat dari China. Berbeda dengan aslinya yang tidak memiliki logo A+ dan dibuat di Vietnam (made in Vietnam).

Itulah dia ciri-ciri charger Samsung palsu dan bagaimana cara membedakan charger asli dan palsu. Bagaimana Hinet Lovers? Jadi kamu sudah paham ya. Jangan sampai teledor dan malah menggunakan charger yang palsu, karena akan memperburuk kondisi baterai smartphone kamu.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.