Hinet Internet Cepat 4G LTE
5 Ciri - Ciri Laptop akan 'Crash' yang WAJIB Kamu Ketahui!

5 Ciri – Ciri Laptop akan ‘Crash’ yang WAJIB Kamu Ketahui!

5 Ciri – Ciri Laptop akan ‘Crash’ yang WAJIB Kamu Ketahui! – Pada saat menggunakan laptop, pernahkah Hinet Lovers mengalami hal-hal seperti layar tiba-tiba hang, tidak mau booting, atau pergerakkan kursor menjadi tidak lancar? Sehingga, ketika dirimu tengah dilanda kesibukkan dan deadline mengerjakan tugas kuliah ataupun kantor menjadi terganggu. Bahkan kasus terparahnya, laptop tiba-tiba mati total atau crash, akibatnya data-data berharga pun hilang.

Jika keadaan laptop sudah crash, maka tidak ada lagi yang bisa kamu lakukan. Makanya, sebagai pengguna yang baik, kamu harus kenal betul ciri-ciri yang menunjukkan bahwa laptop akan hang atau crash.

Berikut ini, Hinet akan membagikan 5 ciri yang paling menonjol, dan bisa menjadi penanda kalau laprop akan hang atau crash, beserta cara mengatasinya.

1. Cepat Panas dengan Suhu yang Tidak Wajar (Overheating)

5 Ciri - Ciri Laptop akan 'Crash' yang WAJIB Kamu Ketahui!

Setiap laptop di dalamnya pasti terdapat prosesor, GPU, dan hardware lainnya. Panas pada laptop bisa disebabkan karena kamu terlalu memaksakan kinerja laptop terlalu lama. Hingga bisa menyebabkan suhu pada laptop melampaui batas kewajaran. Kalau sudah sering mengalami overheat, itu tandanya laptop akan segera crash.

Untuk meminimalisir suhu yang panas, kamu bisa memasang fan tambahan di bagian bawah laptop. Perhatikan juga permukaan yang menjadi alas laptop, jangan sampai kamu letakkan di atas kasur atau alas berbahan kain.

Baca Juga: 7 Laptop Gaming Murah dan Terbaik, Cocok Buat Gamers!

2. Bunyi Mesin Fan pada Laptop Semakin Kencang

5 Ciri - Ciri Laptop akan 'Crash' yang WAJIB Kamu Ketahui!

Apabila kamu mendengar suara fan yang semakin mendengung dengan keras, itu disebabkan karena perangkatmu yang terlalu diforsir. Biasanya suara keras tersebut timbul dari bagian bawah laptop dan berdekatan dengan baterai.

Kalau bunyi fan sudah semakin tinggi, sebaiknya kamu simpan dulu pekerjaanmu dan diamkan laptop untuk sejenak. Mengistirahatkan laptop selama beberapa saat adalah solusi terbaik.

Baca Juga: Penyebab Utama dan Cara Menangani Flashdisk Tak Terbaca Pada Laptop

3. Kinerja Sofware Menjadi Melambat

5 Ciri - Ciri Laptop akan 'Crash' yang WAJIB Kamu Ketahui!

Kalau laptop sedang crash, maka semua program yang sedang berjalan juga akan terkena dampaknya, performa menjadi lebih menurun. Bahkan, laptop tidak mampu menangkap perintah dengan cepat. Tidak hanya itu, peringatan ‘Not Responding’ juga kerap kali muncul pada saat dirimu membuka program apapun itu. Hal ini menandakan bahwa kondisi laptopmu sedang parah.

Untuk mengatasinya, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pemindaian malware, karena bisa jadi penyebab performa laptop melambat karena adanya malware. Namun bisa tidak ditemukan adanya gangguan, maka opsi keduanya ialah mematikan semua program dan lakukanlah restart pada perangkat.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Laptop RAM 8 GB Terbaik Dengan Harga di Bawah 7 Juta

4. Suara Hard Drive Semakin Berisik

5 Ciri - Ciri Laptop akan 'Crash' yang WAJIB Kamu Ketahui!

Tidak hanya fan saja yang bunyinya mengeras, tetapi suara berisik juga bisa bersumber dari hard drive. Apabila kamu sudah mendengarkan suara seperti “klik…klik…klik…” secara terus menerus, itu tandanya hard drive sedang mengalami masa krisis.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan atau save pekerjaanmu, back up file penting ke memori eksternal atau ke drive, dan matikan laptopnya. Setelah itu, cabut baterai laptop dan diamkan selama beberapa saat. Bila suhu sudah dingin, barulah nyalakan kembali.

Baca Juga: Cara Paling AMPUH mengatasi Laptop Not Responding dan Eror

5. Hardware Berkendala

5 Ciri - Ciri Laptop akan 'Crash' yang WAJIB Kamu Ketahui!

Selain software-nya yang bermasalah, pada saat laptop mengalami crash maka hardware pun juga akan mengalami hal yang sama. Sebagai contoh, layar menjadi berkedip, tiba-tiba berubah menjadi biru, gerakan kursor tidak stabil, hingga audio tidak bersuara.

Untuk memperbaiki hal ini ke kondisi semula, kamu hanya perlu reinstall hardware yang bermasalah melalui Device Manager. Kemudian restart, setelah itu maka kondisi hardware akan pulih dan kembali normal.

Itulah dia tanda-tanda laptop akan mengalami hang atau crash. Jadi kamu sudah tahu ya Hinet Lovers. Dengan begitu kamu bisa lebih berwaspada.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, ada yang ingin Hinet tanyakan padamu. Apakah sampai saat ini kamu masih mencari paket internet unlimited murah? Tapi masih bingung memilih paket internet unlimited murah mana yang tepat?

Kalau masih bingung, Hinet punya rekomendasi paket internet unlimited murah untukmu, yaitu paket Paket Internet Unlimited HINET! Kenapa Paket Internet Unlimited HINET disebut sebagai paket yang paling murah? Karena Hinet Lovers bisa mendapatkan paket internet unlimited HINET ini dengan harga mulai dari 45 ribuan rupiah loh!

Murah kan Hinet Lovers? Ayo buruan beli paket internet unlimited HINET dan dapatkan kuota internet unlimited nya. Bingung cara isi ulang paket internet Hinet? Yuk baca panduannya dibawah ini

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Selain paket internet unlimited, kamu bisa menemukan paket-paket menarik lainnya di sini >>>

Leave a Reply

* Your email address will not be published.