Dampak positif dan negatif perkembangan media sosial

5 Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Media Sosial

5 Dampak positif dan negatif perkembangan media sosial – Media sosial adalah media daring yang sering di gunakan satu sama lain dengan para penggunanya untuk berinteraksi, berbagi info maupun untuk aktifitas jejaring sosial. Pada awal perkembangannya di tahun 1978, di mungkinkannya seseorang yang ini berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik dan mengunduh perangkat lunak, dilakukan dengan saluran telepon yang terhubung dengan modem, kemudian seiringnya berjalannya tahun ke tahun media sosial makin berkembang seperti berdirinya Linkedln, Facebook, Twitter, Instagram, Line dan Google+. Berkembanganya media sosial di sebabkan oleh pertumbuhan teknologi yang semakin canggih, intinya dampak menggunakan media sosial menjadikan kecepatan informasi yang di dapatkan hanya dalam itungan detik saja. Namun disamping itu, perkembangan media sosial ini merubah budaya budaya yang ada, berikut ini 5 dampak positif dan negatif perkembangan media sosial bagi kehidupan manusia, disimak ya!

 

Dampak positif

Bisa mengasah keterampilan

Media sosial bisa berdampak baik untuk peningkatan keterampilan atau skill pada diri, seperti belajar, membaca atau mengasah keterampilan lainnya. Dengan begitu, pengetahuan seputar updatean teknologi akan bertambah.

Mudah akses informasi

Media sosial memberikan akses mudah untuk mendapatkan akses informasi. Saat ini banyak informasi menarik yang disajikan oleh media sosial, hal ini begitu sangat menguntungkan kita, karena akses kita dalam mencari informasi sangat cepat dan mudah.

Baca Juga: Jangan Pernah Posting Ini di Media Sosial!

Menjalin silahturahmi dengan mudah

Media sosial bisa di manfaatkan untuk bersilahturahmi dengan keluarga, kerabat ataupun dengan teman. Media sosial memiliki peran untuk mempertemukan dengan keluarga atau kerabat yang sudah lama tidak bertemu. 

Mempromosikan bisnis

Para pengusaha banyak yang menggunakan media sosial untuk kebutuhan promosi produknya, dengan media sosial strategi promosi bisa sangat mudah dan terkontrol, karena bisa mendapatkan jangkauan yang luas untuk mengembangkan produk tersebut.

Mudah belanja Online

Tidah hanya sebagai promosi produk saja, media sosial bisa kita manfaatkan untuk berbelanja secara online, seperti kebutuhan rumah yang sangat banyak tanpa perlu keluar rumah. Seperti saat pandemi ini, manfaat belanja online sangat baik untuk di lakukan.

 

Dampak Negatif

Memicu kecemasan

Dari pemakaian media sosial selain dampak positif, bisa berdampak negatif juga, seperti menimbulkan kecemasan dengan perasaan gelisah dan khawatir. 

Baca Juga: Berbagai Macam Kontroversi Media Sosial. Benarkah Mereka Membuat Kita Semakin Depresi?

Iri hati

Sering menggunakan media sosial bisa menyebabkan iri hati, hal ini bisa terjadi ketika seseorang menampilkan kehidupan yang menarik atau kehidupan yang sangat baik di media sosial, tidak jarang hal tersebut bisa menyebabkan rasa iri hati dari pengguna media sosial yang melihatnya. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menekankan hal kebaikan yang wajar dalam menggunakan media sosial.

Menyebabkan kurang tidur

Dampak negatif dari pemakaian media sosial adalah bisa menyebabkan kurang tidur atau kualitas tidur berkurang,  kenapa bisa berdampak dengan kualitas tidur? Ternyata ditemukan penelitian bahwa cahaya biru yang di pancarkan oleh layar smartphone dan laptop, dikatakan sebagai penyebab terburuknya. 

 

Baca Juga: Tips Ampuh Supaya Tidak Kecanduan Media Sosial

Menyebabkan efek kecanduan

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pemakaian media sosial bisa menyebabkan efek kecanduan, kesimpulan dari penelitian Daria Kuss dan Mark Griffiths dari Universitas Nottingham Trent di Inggris menyimpulkan bahwa kecanduan sosial media adalah masalah kesehatan mental yang “mungkin” memerlukan perawatan profesional. Nah tetap bijak dalam menggunakan media sosla ya Hinet lover!

Bisa Menyebabkan Percaya Diri Rendah

Ada sebuah studi dari University of Copenhagen Denmark, menemukan bahwa seseorang bisa mengalami kecemburuan sosial dengan kehidupan orang lain yang dia lihat lewat unggahan di media sosial, sehingga bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri akibat membandingan kehidupan orang lain dengan dirinya sendiri.

 

Nah itulah ulasan dari Hinet yang bisa kamu pelajari. Yuk temukan tulisan tips lainnya di Hinet. Semoga bermanfaat ya! Yuk temukan tips lainnya di Hinet! Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup, ada promo paket kuota dari Hinet yaitu Paket Ultimate!

Yuk buruan di coba, dengan harga murah kamu sudah bisa mendapatkan kuota yang besar, WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket Ultimate Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

 

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

 

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.