Hinet Internet Cepat 4G LTE
5 Mitos Mengenai Baterai Handphone yang Nyatanya Tidak Benar

5 Mitos Mengenai Baterai Handphone yang Nyatanya Tidak Benar

5 Mitos Mengenai Baterai Handphone yang Nyatanya Tidak Benar – Baterai adalah salah satu komponen pada HP yang rentan dan paling sering bermasalah. Meskipun setiap produsen HP sudah membuat smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, selama kita tidak benar merawatnya tetap saja akan berpengaruh pada kesehatannya. Dalam artian tidak akan bertahan cukup lama.

Ada beberapa faktor tertentu yang dapat menyebabkan kondisi baterai menjadi memburuk. Tetapi, ada juga berbagai mitos seputar baterai handphone yang nyatanya hoax, alias tidak benar. Apakah Hinet Lovers mau tahu apa saja mitos tentang baterai HP yang kurang tepat kebenarannya? Yuk langsung saja kamu intip selengkapnya di bawah sini:

1. Menggunakan HP Ketika Di-charge Dapat Menyebabkan Ledakan

5 Mitos Mengenai Baterai Handphone yang Nyatanya Tidak Benar

Larangan seperti “jangan memainkan HP saat di-charge” pasti sering kamu dengar, kan? Sebetulnya tetap menggunakan HP ketika saat di-charge tidak masalah, kok. Kebanyakan orang percaya kalau tetap menggunakan HP pada saat di-charge akan membuat HP meledak. Tetapi hal ini tidaklah benar.

Kamu tetap bisa memakainya, hanya saja waktu pengisian daya akan memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, kalau bisa Hinet Lovers cukup menggunakan ponselnya untuk kepentingan yang mendesak saja, seperti misalnya membalas chat penting.

Baca Juga: Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

2. Isi Daya Baterai HP ‘Baru’ Hingga Beberapa Jam

5 Mitos Mengenai Baterai Handphone yang Nyatanya Tidak Benar

Pada saat membeli HP baru, pasti kamu diperintahkan oleh penjualnya untuk mengisi daya baterai sampai beberapa jam bukan? Kalau tidak, kondisi baterai akan menjadi kurang baik. Namun rupanya hal ini tidaklah benar.

Kamu hanya perlu mengisi daya baterainya saja sampai 100%. Sebetulnya, handphone yang baru saja kamu beli sudah bisa langsung dipakai, tanpa harus di-charge sekali pun. Tetapi ada baiknya jika kamu charge dulu hingga 100% dan tidak harus sampai berjam-jam.

Baca Juga: Kuota Melimpah dengan Mifi StartUp Xtreme. Dapat Bonus Recharge Kuota Utama di 3X Recharge Pertama

3. Mengisi Daya Semalaman Membuat Baterai Cepat Rusak

5 Mitos Mengenai Baterai Handphone yang Nyatanya Tidak Benar

Mitos ini hanya berlaku pada ponsel-ponsel yang lama. Kalau dulu mungkin terlalu lama charge HP akan membuat baterai mengembung dan cepat rusak. Namun, sekarang ini kebanyakan ponsel sudah mengusung teknologi canggih dan pintar. Sebagai misal, di dalam smartphone sudah disediakan sistem yang akan membuat smartphone menghentikan pengisian daya secara otomatis bila sudah penuh.

Akan tetapi, jauh lebih baik lagi jika sebelum tidur kamu lakukan pengisian daya. Tidak perlu sampai penuh. 80% atau 70% juga sudah cukup, kamu bisa lanjutkan pengisian daya esok harinya.

Baca Juga: Cara Ngecharge HP Dengan Benar, Dijamin Jadi Berumur Panjang

4. Menggunakan Charger yang Bukan Bawaan Akan Memperpendek Usia Baterai

5 Mitos Mengenai Baterai Handphone yang Nyatanya Tidak Benar

Sebenarnya, menggunakan charger yang bukan dari pabrikan handphone kamu tidaklah masalah, selama charger yang digunakan dapat berfungsi dengan baik. Hanya saja, mungkin pengisian dayanya tidak akan secepat versi pabrikannya. Seperti penggunaan charger dengan USB Type-C, kamu tidak akan bisa melakukan fast charging.

Namun, pastikan juga kondisi chargernya betul-betul baik. Jangan sampai membeli charger palsu dengan harga yang sangat murah.

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Charger Asli dan Palsu Pada Samsung

5. Melakukan Pengisian Daya Dari Laptop Dapat Memperburuk Kondisi Baterai HP

5 Mitos Mengenai Baterai Handphone yang Nyatanya Tidak Benar

Siapa bilang mengisi daya melalui laptop dapat membuat kondisi baterai HP cepat memburuk? Nyatanya mengisi daya dari laptop tidak akan mempengaruhi kesehatan ponselmu sedikit pun. Walaupun durasi pengisiannya akan jauh lebih lama ketimbang menggunakan charger.

Itulah dia ke-5 mitos tentang baterai handphone yang sering beredar. Tetapi ke-5 mitos di atas tidaklah tepat 100%. Walaupun kebenarannya tidak tepat, mitos-mitos ini sebetulnya ada agar dirimu lebih berhati-hati dalam merawat baterai HP. Tetapi jika Hinet Lovers mau tahu bagaimana cara membuat baterai bertahan lebih lama, kamu bisa baca selengkapnya di artikel yang satu ini.

Penutup

Selain baterai, permasalahan yang kerap kali muncul di setiap pengguna HP ada kuota internet. Pernahkah kamu mengalami situasi dimana kuota internet masih ada tetapi waktu pemakaian sudah habis? Kemudian sisa kuotamu akan hangus dan tidak bisa digunakan.

Pasti akan sangat menjengkelkan bukan? Tetapi tidak dengan HINET. Dengan HINET sisa kuota yang kamu miliki dapat di-carry forward bila melakukan top up reguler sebelum masa aktif kuotanya berakhir.

Nah! Untuk itu Hinet juga menawarkanmu untuk membeli Paket Kuota Internet Bulanan 4G LTE Termurah, yaitu Paket Terusan Unos-Dos-Tres!

Kamu bisa temukan paket kuota paling murah dari Hinet di sini >>>

Leave a Reply

* Your email address will not be published.