Hinet Internet Cepat 4G LTE

5+ Situs Cek Plagiarisme Online Gratis Terbaik

5+ Situs Cek Plagiarisme Online Gratis Terbaik – Plagiarisme adalah hal yang harus kamu hindari dalam menulis esai dan lainnya sebab hal tersebut tidak etis dan melanggar hak cipta atau karya milik orang lain. Di Indonesia, praktik menjiplak ini sudah diatur dalam Undang-Undang dan jika kamu melanggar peraturan yang telah ditetapkan ini, baik secara sengaja maupun tidak, maka akan ada sanksi yang menanti. Makanya, penting sekali untuk Hinet Lovers memeriksa ulang apakah karya tulismu mengandung unsur plagiarisme atau tidak.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari plagiarisme ketika kamu menulis sebuah esai, yaitu:

  • Memahami topik adalah hal pertama yang harus kamu kuasai sebelum menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. Saat kamu menguasai topik tersebut maka secara otomatis kamu bisa menuliskannya dengan lebih lugas.
  • Selalu menyantumkan sumber yang kamu gunakan, seperti nama penulis, judul buku atau jurnal, serta kutipan-kutipan dari internet pun perlu kamu sertakan sumbernya.
  • Gunakanlah parafrase, yaitu susunan kalimatmu sendiri. Untuk menghindari sebutan plagiat ini sebaiknya kamu perlu menata ulang kalimat-kalimat kutipan tersebut sambil tetap untuk mencantumkan sumber dan nama penulisnya.
  • Dari pada kamu mencari satu per satu kata dan kalimat dalam tulisanmu, saat ini sudah tersedia cara mudah untuk memeriksa karya tulis secara menyeluruh, yaitu dengan menggunakan situs layanan cek plagiarisme gratis.

Berikut ini adalah situs-situs yang dapat kamu gunakan untuk mengecek keorisinilan hasil tulisanmu ataupun orang lain secara mudah dan gratis.

1. Search Engine Reports

Situs Search Engine Reports ini dapat kamu gunakan untuk mengecek ulang hasil karya tulis dan gratis. Fitur yang tersedia dalam Search Engine Reports juga dapat dikatakan cukup lengkap. Kamu bisa langsung melakukan copy paste pada kolom yang tersedia, mengupload file tulisan dengan Dropbox, dan mencantumkan link website untuk diperiksa lebih lanjut oleh situs ini. Situs ini dapat mengecek plagiarisme dalam 16 bahasa serta maksimal 2000 kata dalam sekali pengecekan. Hasilnya, kamu akan mengetahui presentase jumlah plagiat maupun tidak per kalimatnya sehingga akurasi situs ini sangat baik. Selain mengecek plagiarisme, kamu juga bisa menggunakan Search Engine Reports untuk meninjau ulang tata bahasa (grammar), terutama tulisan dalam bahasa Inggris sehingga kalimat yang kamu rangkai telah sesuai dengan kaidah tulisan yang berlaku.

2. Plagiarism Detector

Serupa dengan situs yang pertama, Plagiarism Detector juga menyediakan layanan pengecekan plagiarisme gratis dengan lebih mendalam namun kamu hanya dapat memasukkan 1000 kata saja dalam sekali pencarian. Kamu juga bisa mengupload file yang ingin kamu periksa melalui Dropbox serta memeriksa tata bahasa dalam kalimatmu juga. Pemeriksaan yang dilakukan oleh Plagiarism Detector ini sepenuhnya gratis namun jika kamu merasa sedikit terganggu dengan adanya iklan yang ditampilkan pada halamannya, maka kamu bisa bergabung pada paket Go Pro untuk mendapatkan pelayanan yang lebih banyak.

Baca Juga: Situs Jawaban Matematika Otomatis dan Gratis, Bikin Kamu Auto 100!

3. Quetext

Quetext telah terkenal dengan keakuratannya dalam mengecek plagiarisme dalam suatu karya tulis. Cara kerja Quetext ini juga menggunakan teknologi DeepSearch sehingga Quetext akan menghubungkan karyamu tersebut dengan jurnal, buku, forum, dan lainnya. Setelah kamu mendapatkan hasil pengecekkan dan terdapat unsur plagiat didalamnya maka situs ini akan menyertakan juga sumber kutipan dan tautan teks yang dijiplak dalam karyamu, dengan begitu kamu pun dapat mencantumkan sumber kutipan tersebut secara cepat dan mudah. Namun sayangnya, jumlah kata yang dibatasi dalam sekali pencarian adalah 500 kata dan kamu hanya bisa melakukan 5 kali pencarian dalam satu hari saja.

4. Plag Scan

Plag Scan termasuk kedalam salah satu situs yang cukup akurat untuk mendeteksi penjiplakan karya dan tulisan orang lain.  Plag Scan juga cocok untuk digunakan oleh siapa saja, mulai dari perorangan hingga bisnis. Walaupun telah dipercaya oleh 2000 organinsasi yang memakai layanannya, Plag Scan hanya dapat kamu gunakan sekali saja dalam sehari dengan limit 2000 kata dalam pencarian. Jadi, pastikan kamu tidak mengupload file yang salah, ya Hinet Lovers.

5. Copyleaks

Untuk mendeteksi plagiarisme, Hinet Lovers juga bisa mencoba situs Copyleaks ini! Copyleaks tidak hanya mendeteksi kata-kata dari situs web, jurnal, makalah penelitian, dan forum, namun situs ini juga menganalisis kata-kata yang tealh dihilangkan dan perubahan kecil lainnya sehingga walaupun hasil jiplakan telah dimodifikasi sedemikian rupa, tetap saja akan ketahuan oleh Copyleaks. Jadi, keakuratan situs ini perlu diacungi jempol dan terlebih lagi Copyleaks tersedia dalam 100 bahasa juga. Dalam satu hari, Copyleaks hanya tersedia untuk medeteksi 10 halaman atau 2500 kata saja.

Baca Juga: Cara Mudah Copy Paste Tulisan Dari Gambar di Smartphone

6. Small SEO Tools

Beralih ke situs selanjutnya, Small SEO Tools juga menyediakan layanan untuk mendeteksi plagiarisme. Situs ini memiliki tampilan yang serupa dengan Search Engine Reports. Perbedaannya adalah limit jumlah kata dalam situs ini hanya 1000 kata saja. Namun kamu tetap bisa mengupload file melalui Dropbox dan Google Drive agar dapat diperiksa secara menyeluruh. Jika setelah diperiksa dan kamu menemukan isu plagiarisme maka kamu dapat menggunakan fitur ‘Rewrite Plagiarised Content’ untuk langsung mengubah tulisan tersebut hanya dengan sekali klik. Mudah, kan?

7. Dupli Checker

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba Dupli Checker untuk memeriksa konten tulisanmu. Batas kata pencarian dalam situs Dupli Checker ini ialah 1000 kata. Fitur-fitur yang tersedia pun sudah cukup lengkap den menyerupai situs pendeteksi lainnya. Selain mendeteksi plagiarisme, kamu juga bisa menggunakan Dupli Checker ini untuk beragam hal lainnya, seperti mengelola kata sandi, mengkonveter Word ke PDF, serta memeriksa situs web.

Inilah situs-situs deteksi plagiarisme gratis yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa hasil tulisanmu dan orang lain. Dengan mengecek terlebih dahulu akan membuat kamu terhindar dari isu plagiator.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.