Hinet Internet Cepat 4G LTE

5 Tempat Bersejarah Di Bali Yang Wajib Kamu Ketahui

5  Tempat Bersejarah Di Bali Yang Wajib Kamu Ketahui – Berlibur ke Bali, engga cuma tentang tempat wisata apalagi pantai loh Hinet Lovers. Meskipun Bali memang sudah terkenal dengan panorama cantiknya sampai keseluruh dunia akan tetapi ada sisi cantik dari Bali yang berbau sejarah loh Hinet Lovers. Kamu harus tahan dan pasti bakal nyesel jika melewatkan ketempat ini.

1. Goa Gajah

Goa Gajah dipercaya sebagai bangunan suci karena memiliki fungsi seperti tempat ibadah. Awal mula penemuan Goa Gajah adalah ketika pada tahun 1923 terdapat laporan dari pejabat Hindia Belanda mengenai penemuan arca Ganesha, Trilingga dan juga arca Hariti kemudian hal tersebut ditindak lanjuti pada tahun 1925. Goa Gajah terdiri dari dua bagian yaitu satu bagian utara merupakan bagian warisan ajaran Siwa dan bagian selatan merupakan area Tukad Pangkung berupa stupa Buddha.

2. Puri Saren Agung

Jika Hinet Lovers ingin mempelajari penyebaran agama Buddha yang berasal dari India. Selain itu juga di percaya sebagai tempat tinggal dari raja Ubud. Lokasi puri berada persis ditengah Ubud yaitu di jalan Raya Ubud No 8, Ubud, Bali. Sekarang ini Puri Ubud sudah terdaftar sebagai objek wisata di Bali dan sebagai tempat pelestarian budaya tradisional serta mengembangkan dan melindungi berbagai seni, kebudayaan serta sastra Bali. Pada masanya, penguasa Puri Ubud yang cukup terkenal adalah pada masa pemerintahan Tjokorda Gde Agung Sukawati beliau memiliki kecintaan yang jauh tentang seni bahkan sastra.

3. Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi atau yang lebih dikenal dengan monumen perjuangan rakyat Bali untuk mengapresiasi kepada para pahlawan yang telah mengobarkan jiwa ragamnya untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Monumen ini juga memiliki 17 anak tangga, 8 buah tiang dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter untuk memperingati hari proklamasi Indonesia. Monumen ini mulai dibangun pada tahun 1987 dan pertama kalo di resmikan oleh presiden Megawati Sukarno Putri pada tanggal 14 Juni 2003. Dengan dibangunnya monumen ini memiliki tujuan untuk mengabadikan kembali semangat perjuangan rakyat Bali kepada masyarakat Bali.

4. Tugu Bhuana Kerta Buleleng

Peletakkan batu pertama untuk pembangunan Tugu Bhuana Kerta Buleleng ini dilakukan pada tanggal 31 maret 1966 di tanah seluah 1,3 hektar. Tugu ini memiliki makna bebas dari segala macam perbuatan semena-mena sesama manusia atau perdamaian dunia. Meski sempat banyak kendala pada saat pembangunan tugu ini tetapi akhirnya disepakati oleh masyarakat untuk tetap membangun sebuah monumen yang berbentuk tugu. Bentu monumen berupa tugu dipilih karena dinilai sebagai desain yang paling tepat untuk melambangkan perjungan bangsa Bali tanpa memandang suku, budaya atau agama sekalipun. Tak jauh dari monument Tugu Bhuana Kerta yang mana terdapat wisata bahari yang cukup terkenal sampai ke lur negeri yaitu Pantai Lovani yang memiliki kekayaan biota laut melimpah.

5. Monumen Margarana

Sejak 23 Agustus 1945, bapak I Gusti Ketut Puja toba di Bali dengan membawa amanah pengangkatannya sebagai gubernur Sunda Kecil. Sejak kedatangan beliau mulai lah tersebar berita proklamasi Indonesia di Bali. Dari situ lah awal mulanya terbentuk monumen nasional Margarana untuk memperingati proklamasi Indonesia. Monument ini juga memiliki tinggi 17 meter, dengan tingkatan sebanyak 8 tingkat, anak tangga sebanyak 4 buah dan berbentuk segi 5. Selain itu dibagian hilir (selatan) monumen dibangun Taman Katya Alam dan Bumi Perkemahan Pramuka.

Hinet Lovers tertarik untuk datang ketempat bersejarah yang mana nih? Jika kamu sedang berada ditempat ini dan ingin mengetahui sejarahnya lebih dekat kamu bisa menanyakan pada tour guide atau kamu bisa mengakses internet. Untuk akses internet yang hemat dan cepat jangan lupa gunakan Hinet agar lebih mempermudah kamu mencari informasi.

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.