Hinet Internet Cepat 4G LTE
6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum

6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum

6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum – Hidup tanpa koneksi internet saat ini sudah menjadi suatu hal yang mustahil. Jujur saja, pasti Hinet Lovers juga merasa jenuh dan hampa kalau tidak ada akses internet, kan? Itulah sebabnya sekarang ini ada banyak tempat umum yang memasang WIFI publik atau bisa juga disebut WIFI gratisan.

Mengakses WIFI gratis memang sangat menyenangkan, apalagi kamu dapat mengakses internet tanpa batas dan mengkhawatirkan kuota internet. Namun, dibalik keuntungan itu, kamu tetap harus tahu seberapa besar konsekuensinya.

Kamu perlu tahu juga, kalau saat ini sudah banyak pengguna gadget yang menjadi korban ‘cyber’. Kebanyakan dari mereka terkena virus malware, menjadi korban penipuan, hingga data yang bersifat privasi berhasil dicuri oleh hacker. Semua ini dikarenakan mengakses WIFI Publik tanpa waspada.

Maka dari itu, kali ini Hinet akan membagikan tips mengakses WIFI gratisan dengan aman di tempat umum. Demi keselamatanmu, ikutilah aturan berikut ini:

1. Jangan Login ke Akun yang Membutuhkan Password

6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum

Sebagai pengguna gadget, pasti kamu pastinya memiliki akun-akun, baik itu sosial media dan sebagainya bukan. Ketika Hinet Lovers sudah terhubung dengan WIFI publik, sebaiknya kamu jangan login ke akun yang memerlukan username dan password.

Kenapa demikian? Karena jika kamu melakukan login dengan memasukkan username dan password, hal ini akan menjadi peluang besar seorang hacker untuk mencuri identitas serta akun milikmu itu.

Baca Juga: Solusi Mengatasi WiFi Eror yang Sulit Terhubung ke Android

2. Jangan Membuka File yang Bersifat Penting

6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum

Kemudian, jangan sesekali membuka file yang sifatnya sangat penting, sebut saja file yang berisi data-data perusahaan. Hal ini sangat baik untuk meminimalisir risiko terkenanya virus pada file tersebut.

Baca Juga: Penyebab Koneksi WIFI Lambat dan Cara Mengatasinya

3. Jangan Membuka Email Pribadi dan Perusahaan

6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum

Selain file-file penting perusahaan, alangkah baiknya jika kamu tidak juga membuka email bisnismu saat terhubung dengan WIFI gratisan. Tidak hanya yang bersifat bisnis saja, tetapi juga email yang bersifat pribadi.  Alasannya, akun Gmail milikmu itu pasti sudah kamu daftarkan ke beberapa akun dan sosial media.

Kalau sampai hacker berhasil mengetahui email serta passwordnya, tidak menutup kemungkinan juga mereka akan meretas akunmu dan digunakan untuk hal berbahaya lainnya.

Baca Juga: Bikin Iri! Ini 7 Negara Dengan Akses Wifi Terbanyak

4. Jangan Belanja Online

6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum

Hinet Lovers pastinya ada juga yang gemar berbelanja online melalui gadget bukan? Nyatanya, sangat tidak disarankan untuk berbelanja online dengan memanfaatkan WIFI publik. Alasannya, pada saat kamu sudah check out, situs tersebut masih tetap menampilkan beberapa informasi yang bersifat rahasia, seperti alamat, nomor telepon, nama lengkap, sampai nomor rekening bank.

Bayangkan kalau peretas berhasil mensusupi data tersebut, maka risiko pembobolan akun dan tabungan di bank akan semakin tinggi.

Baca Juga: 5 Benda Ini Ternyata Bikin Sinyal WIFI di Rumah Jadi Lemot

5. Jangan Membuka Situs Dengan URL Awal “http”

6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum

Kamu pastinya jarang memperhatikan hal ini saat menggunakan perangkat elektronik bukan? Ketika berseluncur di dunia internet, kamu harus perhatikan, apakah URL nya bertuliskan “http” atau “https”. Apabila kamu menemui URL yang dimulai dengan “http” maka sudah pasti situs tersebut TIDAK terjamin keamanannya. Kalau kamu menemui alamat URL awalnya “https” maka situs tersebut aman untuk dikunjungi.

Baca Juga: Kuota Melimpah dengan Mifi StartUp Xtreme. Dapat Bonus Recharge Kuota Utama di 3X Recharge Pertama

6. Jangan Membuka Akun Bank, M-banking, dan Sejenisnya

6 Hal yang ‘Dilarang’ Saat Pakai WIFI Gratis Di Tempat Umum

Tahukah kamu, kalau ternyata hacker dapat memonitor gerak gerik mangsanya di saat beraktivitas menggunakan WIFI publik? Yap, hal ini juga berlaku pada saat dirimu mengakses M-Banking ataupun membuka akun finansial kamu. Jika kamu membukanya dengan WIFI publik, jangan harap uangmu akan aman.

Itulah larangan-larangan yang harus kamu pahami ketika ingin mengakses WIFI gratisan di tempat umum. Jadi Hinet Lovers sudah paham ya.

Nah, kamu mau internetan dengan aman dan tidak khawatir kuota internet cepat habis juga? Hinet tahu solusinya, kamu bisa membeli Paket Internet Unlimited murah dari Hinet.

Ada 3 paket internet unlimited murah yang bisa kalian pilih, ada JOSSWOW, dan NTAPS dengan harga mulai dari IDR 40K.

(Paket Ntaps hanya bisa diisi di Aplikasi Hinetku, Tokopedia dan Hinet center)

Murah kan? yuk segera isi ulang paket internetmu dengan paket internet Unlimited Hinet. Kamu bisa isi ulang paket internetmu melalui aplikasi, tokopedia, hinet center dan channel-channel lainnya. Bingung cara isi ulang paket internet Hinet? Yuk baca panduannya dibawah ini

– Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
– Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
– Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.