Hinet Internet Cepat 4G LTE
6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah

6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah?

6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah? – Hinet Lovers, apakah kamu pernah menonton film yang berjudul Contagion? Atau The Flu? Kedua film tersebut sama-sama menggambarkan kacaunya situasi akibat virus mematikan yang tersebar. Sayangnya, di dunia nyata hal seperti itu masih sangat mungkin terjadi.

Sekarang, wabah virus mematikan kembali menghantui kita. Mungkin kamu sudah tahu kalau virus yang tengah viral saat ini ialah Virus Corona. Walaupun virus ini dicap berbahaya, ternyata angka kematian yang disebabkan oleh Virus Corona belum begitu tinggi.

Bila dibandingkan dengan 6 virus mematikan yang akan Hinet kasih tahu ke kamu ini, Virus Corona masih bisa dibilang “belum parah”. Berikut ini, Hinet akan membahas 6 virus berbahaya dan mematikan sepanjang sejarah!

1. Virus Marburg

6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah?

Virus Marburg pertama kali mewabah pada tahun 1967 di Jerman. Virus ini dinamai berdasarkan kota kecil nan indah di Jerman dan karena juga di kota tersebutlah virus ini pertama kali muncul. Virus Marburg dapat menyebabkan kejang-kejang serta pendarahan pada selaput lendir, organ-organ, dan kulit. Virus Marburg bisa disebut juga sebagai virus demam berdarah. Tingkat kematian yang disebabkan oleh virus ini mencapai 90%. Diduga keras, Virus Marburg bersumber dari monyet yang diimpor dari Uganda dan monyet tersebut sudah terinfeksi.

2. Virus Ebola

6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah?

Di tahun 1976, Virus Ebola pertama kali ditemukan. Bahkan, ada 5 jenis Virus Ebola yang dinamakan berdasarkan negara dan wilayah di Afrika, mulai dari Reston, Sudan, Bundibugyo, Zaire, dan Hutan Tai. Dari kelimanya, Virus Zaire Ebola lah yang dianggap paling mematikan, karena tingkat kematian yang dikarenakan Virus Zaire mencapai 90%.

Gejala yang muncul pada korban di antaranya sakit kepala, demam, diare, hingga muntah darah. Para ahli mengatakan bahwa Virus Zaire berasal dari rubah terbang.

Baca Juga: BAHAYA! Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Virus CORONA

3. Flu Burung (H5N1)

6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah?

Flu Burung adalah salah satu virus yang paling terkenal di Asia. Sesuai dengan namanya, Flu Burung akan menyerang siapa pun yang melakukan kontak secara langsung dengan unggas. Sehingga, risiko tertular virus Flu Burung sangat kecil. Dirimu tidak akan terinfeksi H5N1 jika tidak dekat-dekat dengan unggas. Meskipun begitu, angka kematian yang disebabkan oleh virus H5N1 lumayan tinggi, yaitu sebesar 70%.

4. HIV

6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah?

HIV merupakan virus yang sampai detik ini masih sangat menakutkan, karena masih banyak orang yang meninggal karena HIV. Kira-kira, sekitar 30 juta lebih nyawa yang melayang akibat infeksi HIV. Pertama kali virus ini ditemukan pada 1980-an. Bahkan penyanyi legenda band Queen, Freddy Mercury meninggal dunia karenanya. Virus HIV akan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga memudahkan akses masuknya penyakit lain ke dalam tubuh.

Baca Juga: Yuk Kenali, Cegah, dan Pahami Cara Mengobati Penyakit ISPA

5. Rabies

6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah?

Bila Flu Burung disebabkan oleh unggas, lain halnya dengan Rabies. Virus Rabies ditularkan melalui gigitan atau liur binatang yang telah terinfeksi, paling sering pada hewan peliharaan seperti anjing. Rabies masih tergolong mematikan, karena virus tersebut akan menyerang sistem saraf dan dapat merusak otak.

Ternyata, Rabies memakan banyak korban dan angka kematiannya mencapai 100%. Untuk meminimalisir risiko terkenanya Rabies, teruntuk kamu yang sedang memelihara hewan, ada baiknya kamu lakukan vaksinasi pada hewan yang dipelihara.

6. Hantavirus

6 Virus Mematikan yang Gegerkan Dunia, Corona Paling Parah?

Di USA, Hantavirus menjadi sorotan besar di tahun 1993. Virus yang ditularkan melalui kontak langsung pada kotoran dan kencing tikus ini sudah menularkan sekitar 600 orang. Terhitung sudah 36% presentase kematian yang disebabkan oleh Hantavirus. Gejalanya adalah penyakit paru-paru, gagal ginjal, dan demam.

Itulah dia 6 virus mematikan yang ternyata lebih parah dari Virus Corona. Hinet Lovers, mari kita berdoa bersama agar wabah Virus Corona tidak menyebar dan semakin parah seperti yang sudah Hinet bagikan di atas.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.