Hinet Internet Cepat 4G LTE

7 Jenis Hacker di Dunia Teknologi yang Kamu Harus Tahu

7 Jenis Hacker di Dunia Teknologi yang Kamu Harus Tahu – Mendengar kata ‘hackers’ maka sering kali mereka digambarkan sebagai seseorang yang pendiam dan mengunci ruangannya sepanjang hari untuk selalu berada di depan komputer. Hacker atau peretas adalah seseorang yang memiliki ketertarikan secara intens pada dunia teknologi, terutama dalam bidang programming dimana mereka menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Kegiatan meretas ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang bahkan takkan kamu duga sebelumnya, sebagai contoh Kristoffer von Hassel yang berusia 5 tahun dikenal sebagai hacker muda sebab ia berhasil menemukan celah keamanan di sistem password Xbox Live secara tidak sengaja. Jadi, motivasi untuk meretas sebuah sistem keamanan yang dilakukan para hacker adalah berbeda-beda.

Dengan demikian maka terdapat pula jenis-jenis hacker yang berbeda tergantung dari motivasi dan tujuan masing-masing pada diri mereka. Uniknya, pembagian jenis hacker ini menggunakan kata topi dan warna. Yuk, simak lebih lanjut!

1. Black Hat

Hacker jenis ini juga kerap kali disebut sebagai craker dan mereka merupakan jenis hacker yang dikenal oleh masyarakat karena mereka memiliki motif yang jahat untuk meraup keuntungan pribadi. Black Hat merupakan jenis hacker paling berbahaya sebab mereka dapat membuat virus atau malware untuk menyadap sistem keamanan suatu perangkat orang lain.

Motivasi: mendapatkan uang.

Tujuan: untuk mengakses dan mencuri informasi pribadimu seperti rekening bank, uang, atau data rahasia. Mereka biasanya menggunakan hasil curian ini untuk keuntungan mereka sendiri atau untuk dijual ke pasar gelap sehingga mereka bisa memeras uang sang korban sebanyak-banyaknya.

2. White Hat

Kebalikan dari Black Hat, maka White Hat merupakan jenis hacker yang etis dan protagonis sebab mereka menggunakan kemampuan dan keterampilannya untuk membantu perusahaan bahkan instansi pemerintah yang membutuhkan keamanan cyber. White Hat memiliki pengetahuan yang sama dengan Black Hat namun hacker jenis ini justru menjadi penjaga agar Balck Hat tidak dapat membobol sistem keamanan. Makanya, hacker White Hat sering dianggap sebagai pahlawan dalam dunia teknologi.

Motivasi: keinginan untuk membantu bisnis atau pemerintah dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilannya.

Tujuan: untuk menemukan celah dalam menjaga jaringan sebuah sistem sehingga para hacker yang memiliki motif jahat akan sulit untuk mencuri data dan informasi krusial pada sebuah perusahaan dan pemerintahan.

3. Grey Hat

Seperti perpaduan warna hitam dan putih yang menghasilkan warna abu-abu, jenis hacker yang satu ini merupakan kombinasi dari Black Hat dan White Hat. Terkadang, Grey Hat akan menyusup ke suatu jaringan keamanan selayaknya Black Hat. Ia bisa mendapatkan informasi dan data yang penting tersebut namun mereka tak mencuri atau menyebarluaskan, justru sebaliknya Grey Hat akan memberi tahu kepada pemilik perangkat bahwa sistem keamanan mereka memiliki celah yang dapat diretas.

Motivasi: kesenangan pribadi.

Tujuan: Grey Hat memiliki semua pengetahuan dan keterampilan seperti dua jenis hacker sebelumnya. Perbedaannya adalah mereka tidak peduli untuk mencuri data orang lain ataupun menjaga sistem keamanan. Sebaliknya, mereka hanya bermain-main dengan sistem keamanan dan tertantang untuk menemukan celah di dalamnya.

Baca Juga: Inilah Jenis-Jenis Malware Berbahaya dan Cara Pencegahannya

4. Script Kiddies

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa jenis hacker yang satu ini tidak memiliki topi dengan warna khusus seperti yang lainnya. Alasannya ialah Script Kiddie merupakan jenis hacker pemula yang mencoba-coba untuk meretas sebuah sistem keamanan dengan skrip milik hacker lain. Sebagai amatir, Script Kiddies sering kali malah mengacaukan dan menimbulkan masalah karena kurangnya pengetahuan yang mereka miliki. Oleh karena itu, Script Kiddies tidak terlalu berbahaya dibandingkan dengan Black Hat.

Motivasi: mendapatkan perhatian.

Tujuan: keingintahuan untuk belajar meretas secara profesional namun belum mampu untuk mengembangkan cara mereka sendiri. Biasanya, Script Kiddies hanya akan menyerang DoS (Denial of Service) atau DDoS (Distributed Denial of Service), lalu mengacaukan traffic sebuah website saja.

5. Blue Hat

Blue Hat juga merupakan jenis hacker yang masih junior, namun mereka memiliki amarah atau dendam terhadap suatu organisasi. Makanya, serangan yang mereka lakukan merupakan rasa balas dendam mereka. Hacker Blue Hat ini tidak memiliki keinginan untuk menjadi profesional atau mengembangkan ilmu yang mereka miliki sebab mereka hanya menyerang orang-orang yang menantang mereka.

Motivasi: balas dendam.

Tujuan: Blue Hat sering kali mengambil kode malware dan virus yang mereka temukan secara online, lalu memodifikasinya agar memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Blue Hat akan menggunakan kode ini untuk menyerang bisnis atau individu yang mereka rasa telah merugikan dan menyakiti mereka.

6. Green Hat

Hacker yang masih berada dalam level junior lainnya ialah Green Hat. Jenis hacker ini telah memiliki sedikit pengetahuan tentang program peretasan namun mereka tetap termotivasi untuk belajar lebih banyak. Green Hat adalah Hacker junior yang bersemangat untuk menjadi seorang hacker yang profesional di kemudian hari.

Motivasi: belajar agar menjadi peretas yang hebat.

Tujuan: semua peretas Green Hat adalah tentang pembelajaran. Mereka baru mengenal dunia skrip, pengkodean, dan peretasan secara umum, jadi Anda mungkin tidak akan menemukan yang menyerang. Sebaliknya, mereka berkeliaran di papan pesan online mengajukan pertanyaan tentang peretas yang lebih berkembang, mengasah keterampilan mereka.

Baca Juga: Telatih Sejak Dini, Inilah 5 Situs Belajar Coding Gratis Untuk Anak

7. Red Hat

Mereka juga dikenal sebagai hacker bermata elang. Seperti halnya dengan White Hat, hacker Red Hat ini juga bertujuan untuk menghentikan Black Hat namun yang membedakan adalah cara mereka beroperasi. Red Hat akan menjadi kejam saat berhadapan dengan tindakan para Black Hat dan akan terus menyerang secara agresif dengan menghancurkan skema Black Hat.

Motivasi: menegakkan keadilan namun dengan cara main hakim sendiri.

Tujuan: untuk menghentikan para Black Hat dengan cara mereka sendiri. Red Hat akan menggunakan malware, serangan DoS, dan Trojan untuk menghancurkan sistem Black Hat.

Inilah ketujuh jenis hacker yang ada dalam dunia teknologi dimana mereka akan dibedakan menurut motivasi dan tujuannya masing-masing. Jadi, tidak semua hacker merupakan seseorang yang jahat untuk memeras orang lain demi keuntungan mereka sendiri. Semoga artikel ini membantu kamu untuk mengetahui karakter hacker lebih lagi, ya!

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.