Hinet Internet Cepat 4G LTE
7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game – Bermain game sudah menjadi obat yang tepat untuk melepas rasa penat yang mengganggu di pikiran. Terlebih lagi, saat ini main game bisa dilakukan di banyak platform. Tidak hanya menghilangkan rasa penat, dengan bermain game kita juga bisa merasa senang dan meminimalisir tingkat stres.

Namun, main game secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Apabila terlalu sering bermain game, bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius, bahkan bisa juga menyebabkan gangguan jiwa.

Pada kesempatan kali ini, Jaka akan membagikan informasi seputar penyakit yang muncul akibat terlalu sering main game.

Penyakit – Penyakit Bahaya yang Datang Akibat Keseringan Bermain Game

Untuk menghibur diri dengan bermain game memang diperbolehkan. Akan tetapi, kita juga harus tahu batasannya. Jangan karena penasaran ingin menyelesaikan atau menamatkan game, memperoleh skor tertinggi dan memecahkan rekor dalam game, kita menjadi lupa waktu. Bahkan sampai lupa makan dan istirahat pun menjadi berkurang.

Di bawah sini, sudah terdapat beberapa penyakit yang bisa timbul bila kita ‘kecanduan’ bermain game, baik itu game konsol atau game berbasis virtual di smartphone dan PC.

1. Migrain

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game, Bisa Gangguan Jiwa Juga?

Penyakit yang satu ini sudah menjadi langganan para remaja ataupun orang dewasa, tepatnya mereka yang hidup di kota metropolitan. Migrain atau sakit kepala sebelah biasanya mengincar orang – orang yang ‘super’ sibuk dan sulit mengatur pola makan dan minum.

Namun, migrain juga bisa disebabkan karena terlalu lama memantau monitor komputer dan memandang layar smartphone. Seseorang yang memakan waktu lama bermain game akan rentan terkena migrain, karena tingkat konsentrasi yang begitu tinggi.

Untuk kasus terparahnya, orang yang terkena migrain bisa saja merasa mual hingga ingin muntah, dikarenakan rasa nyeri berlebih. Selain itu, mata juga menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan tegang.

Baca Juga: 5 Game Sepak Bola Online dan Offline Android yang Seru Abis!

2. Carpal Tunnel Syndrome

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game, Bisa Gangguan Jiwa Juga?

Selain menggunakan smartphone atau game konsol, para pemain game kebanyakan juga memakai PC. Nah, sindrom ini cenderung lebih sering ditemui pada pengguna komputer yang melewati batas wajar penggunaan.

Apabila melewati batas, maka tangan kita akan terkena dampaknya. Carpal Tunnel Syndrome disebabkan karena terlalu lama menggunakan mouse komputer, bisa menyebabkan iritasi serta pembengkakan karena saraf utama pada bagian pergelangan tangan dan lengan bawah tertekan.

Baca Juga: Game Offline Android Terbaru dan Seru, Bikin Hemat Kuota!

3. Rasa Cemas yang Berlebihan

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game, Bisa Gangguan Jiwa Juga?

Terlalu adiktif bermain game juga dapat menimbulkan rasa cemas. Sebagai contoh, kamu adalah pemain game PUBG, saat sudah terjun ke dunia game dan bermain dengan tim yang menyenangkan, maka kamu akan ketagihan dan ingin bermain terus.

Setelah berhenti bermain, rasa cemas perlahan mulai muncul. Hal ini dapat terjadi karena dirimu sudah keasyikkan bermain dan mengalahkan musuh bersama-sama. Pada saat kembali ke dunia nyata, kamu pun mulai merasa kesepian.

Baca Juga: 7 Laptop Gaming Murah dan Terbaik, Cocok Buat Gamers!

4. Insomnia

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game, Bisa Gangguan Jiwa Juga?

Tidak sedikit juga para gamers yang rela menyita waktu tidurnya hanya untuk bermain game. Padahal, menatap layar gadget sebelum tidur sangat tidak baik untuk kesehatan. Efeknya, kualitas tidur menjadi tidak bagus.

Faktanya, menatap layar smartphone sebelum tidur bisa menyebabkan kelenjar melatonin menjadi tertekan dan stimulasi berlebihan pada otak.

Baca Juga: Cara Main Game PSP di Android dan Memilih Emulator Terbaik

5. Punggung Nyeri

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game, Bisa Gangguan Jiwa Juga?

Selain tiduran, aktivitas gaming juga biasa dilakukan sembari duduk di kursi. Terlalu lama duduk dengan posisi yang sama, maka bisa menyebabkan nyeri pada punggang. Tidak hanya posisi sama, tetapi juga posisi duduk yang salah, kurangnya melakukan penggerakan tubuh dan pemilihan kursi yang salah juga bisa dijadikan faktor pemicu timbulnya rasa nyeri dan kaku pada bagian punggung.

Baca Juga: Cara Download dan Tutorial Memainkan Game PS1 Di Android

6. Obesitas

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game, Bisa Gangguan Jiwa Juga?

Adakah yang hobi bermain game sambil ngemil? Berhati – hatilah, karena hal tersebut dapat memicu obesitas. Pada saat bermain game, aktifitas fisik pada manusia menjadi berkurang. Orang – orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game pastinya akan merasa malas melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Apabila aktivitas fisik semakin minim dan makan tetap berlanjut, siap – siap saja menghadapi timbangan berat badan yang naik ataupun mengalami obesitas.

Baca Juga: Game Offline Android Terbaru dan Seru, Bikin Hemat Kuota!

7. Gaming Disorder

7 Penyakit yang Muncul Bila Kecanduan Main Game, Bisa Gangguan Jiwa Juga?

Satu lagi yang harus kalian ketahui, kalau kecanduan bermain game sudah termasuk ke dalam golongan kelainan mental. WHO memasukkan “Gaming Disorder” ke dalam Panduan Klasifikasi Penyakit Internasional. Orang – orang yang masuk ke dalam klasifikasi penyakit mental ini ialah orang yang sudah menganggap game sebagai aktivitas rutinnya.

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang lah tidak baik. Game memang diciptakan khusus untuk menghibur pemainnya. Namun kalau main game melebihi batas waktu dan berlebihan, bukannya rasa senang yang akan didapat, melainkan penderitaan berupa masalah kesehatan.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, ada yang ingin Hinet tanyakan padamu. Apakah sampai saat ini kamu masih mencari paket internet unlimited murah? Tapi masih bingung memilih paket internet unlimited murah mana yang tepat?

Kalau masih bingung, Hinet punya rekomendasi paket internet unlimited murah untukmu, yaitu paket Paket Internet Unlimited HINET! Kenapa Paket Internet Unlimited HINET disebut sebagai paket yang paling murah? Karena Hinet Lovers bisa mendapatkan paket internet unlimited HINET ini dengan harga mulai dari 45 ribuan rupiah loh!

Murah kan Hinet Lovers? Ayo buruan beli paket internet unlimited HINET dan dapatkan kuota internet unlimited nya. Bingung cara isi ulang paket internet Hinet? Yuk baca panduannya dibawah ini

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Selain paket internet unlimited, kamu bisa menemukan paket-paket menarik lainnya di sini >>>

Leave a Reply

* Your email address will not be published.