Hinet Internet Cepat 4G LTE
Aksi Nyata Mengurangi Pemakaian Plastik, Sedotan Rumput liar Bisa Menyelamatkan Bumi

Aksi Nyata Mengurangi Pemakaian Plastik, Sedotan Rumput liar Bisa Menyelamatkan Bumi

Aksi Nyata Mengurangi Pemakaian Plastik, Sedotan Rumput liar Bisa Menyelamatkan Bumi – Apakah Hinet Lovers perhatikan, belakangan ini sampah plastik jumlahnya tidak sedikit. Bahkan, ditemukan banyak sekali sampah-sampah plastik di laut yang membahayakan kehidupan biota laut dan merusak ekosistem. Selain itu, plastik adalah benda yang susah sekali terurai, maka dari itu sampah plastik akan terus ada hingga puluhan tahun kedepan. Sampah plastik bisa itu plastik kemasan makanan, jenis-jenis kemasan plastik hingga produk plastik. Makanya, dikit demi sedikit, untuk mengurangi presentase sampah plastik yang bertebaran di muka bumi ini dibuatlah inovasi baru, salah satunya yaitu sedotan rumput liar. Ya, selanjutnya fakta menarik inovasi sedotan rumput liar akan Hinet kupas lebih rinci.

Aksi Nyata Mengurangi Pemakaian Plastik, Sedotan Rumput liar Bisa Menyelamatkan Bumi - Sedotan Rumput Liar

Berawal dari sebuah unggahan video di Facebook, seorang pria asal Vietnam bernama Tran Minh Tien memperlihatkan bagaimana prosesnya membuat sedotan rumput liar. Setelah itu, banyak respon positif yang diberikan oleh warganet terkait inovasinya ini. Bahkan video yang dipostingnya pun menjadi viral dan dibagikan sebanyak 27.000 kali serta ditonton hingga 1.5 juta kali.

Baca Juga: Mengubah Kulit Pisang Menjadi Bahan Kebutuhan Sehari-hari, Menuju Hidup Ramah Lingkungan

Aksi Nyata Mengurangi Pemakaian Plastik, Sedotan Rumput liar Bisa Menyelamatkan Bumi - Sedotan Rumput Liar

Sedotan rumput liar yang ia ciptakannya dapat dikatakan sangat ramah lingkungan. Mengapa bisa demikian? Karena kelebihannya yang bisa didaur ulang. Rumput liar yang dijadikan alat minum pengganti plastik ini bukanlah rumput biasa yang dipilihnya. Rumput yang digunakan ialah jenis Lepironia Articulata. Rumput berbentuk panjang ini tumbuh dan banyak ditemukan di daerah lapangan Mekong Delta Vietnam.

Baca Juga: Fakta yang Dirasakan Mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan

Cara Pembuatan Sedotan Rumput Liar

Aksi Nyata Mengurangi Pemakaian Plastik, Sedotan Rumput liar Bisa Menyelamatkan Bumi - Cara Membuat Sedotan Rumput Liar

Pertama-tama, cucilah terlebih dahulu rumput yang sudah terkumpul. Jika sudah, potonglah rumput menjadi ukuran 20cm dan cuci kembali rumput itu, termasuk bagian lubang rumput. Kemudian kemaslah atau bundelkan rumput itu dengan lembaran daun pisang dengan rapih.

Baca Juga: Kuota Makin Tambah Melimpah Dengan Mifi Super Xtreme. Masa Aktif Makin Lama, Kuota Makin Banyak

Keunggulan Dari Sedotan Rumput Liar

Aksi Nyata Mengurangi Pemakaian Plastik, Sedotan Rumput liar Bisa Menyelamatkan Bumi - Keunggulan dari Sedotan Rumput Liar

Sedotan rumput liar dapat dibuat menjadi 2 versi, yakni yang fresh dan yang kering. Keunggulan dari sedotan yang fresh yaitu dapat disimpan kedalam pendingin hingga 2 Minggu. Sedangkan yang kering daya simpannya jauh lebih lama, bahkan dapat bertahan selama 6 bulan bila diletakkan di kulkas, namun sebelumnya harus dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur. Selain itu, aroma yang dikeluarkan sangatlah harum dan natural. Dikarenakan tidak adanya bahan pengawet atau kimia apapun yang digunakan.

Demikianlah informasi yang disampaikan. Pembuatan atau inovasi pada rumput liar ini nyatanya ampuh untuk mengatasi bertambahnya jumlah sampah plastik yang tersebar. Namun sayangnya pemakaian sedotan rumput liar ini baru diterapkan di negara Thailand saja. Semoga inovasi ini dapat digunakan hingga ke seluruh dunia, agar bumi dapat terselamatkan dari bahayanya sampah plastik.

Sebagai penutup, tidak lupa Hinet mengingatkan untuk menggunakan dan berlangganan Home Router dari Hinet. Home router 4G terbaik yang bisa dipakai hingga 32 user. Dapatkan juga paket internet cepat dan hemat di sini >>> Paket Internet Termurah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.