Hinet Internet Cepat 4G LTE
Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger – Smartphone memang dilahirkan di dunia ini dengan tujuan untuk mengusir beban yang menghantui orang-orang. Berkomunikasi jarak jauh sudah bisa dilakukan dengan smartphone, mengakses internet juga bisa, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tidak hanya manusia saja yang dapat menua. Smartphone pun juga demikian. Ketika pertama kali Hinet Lovers membelinya, tentu saja smartphone masih gagah untuk digunakan ini-itu sesuka hati. Coba kalau sudah di atas 2 tahun, pasti performanya menurun dan tidak sejaya dulu, seperti pada baterai misalnya.

Semakin tua umur HP, pasti kamu pernah menemui masalah seperti HP tidak bisa dicas. Sehingga kamu pun mencari-cari cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas dan apa saja penyebab HP tidak bisa di cas.

Sebetulnya, ada beberapa alasan yang menjadi penyebab HP tidak bisa di cas. Kamu sebagai pengguna tentu DIHARUSKAN untuk memahaminya. Lantas, apa saja penyebab dan bagaimana cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas? Yuk kita simak saja informasi lengkapnya di bawah sini!

Penyebab HP Tidak Bisa di Cas + Cara Memperbaikinya

Hinet Lovers pasti sekarang sedang mengalami masalah seperti ini bukan? Hayo ngaku! Nah, di saat baterai tiba-tiba tidak bisa di-charger, sudah pasti kamu merasa kesal. Apalagi kondisi baterai sedang “low-battery” dan lagi asik balesin chat gebetan atau main game PUBG. Ketika disambungkan malah tidak berdampak apa-apa, bahkan ikon sedang mengisi daya tidak muncul.

Kalau kita ulik lebih dalam lagi, ternyata ada beberapa alasannya kenapa bisa seperti itu. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ulasan sekaligus tipsnya:

1. Komponen Kabel Charger Tidak Sesuai

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa kabel chargernya. Alasannya, sumber masalah seperti ini juga bisa datang secara eksternal. Cek secara mendetail, siapa tahu kamu menemui komponen-komponen yang tidak sesuai, seperti konslet ataupun putus.

Faktor lainnya, bisa juga karena kabel charger yang kamu dapat tidaklah orisinil, dalam artian bukan buatan dari pabrikan smartphone yang kamu pilih.

Untuk mengatasinya, coba Hinet Lovers ganti kabel chargernya. Kamu bisa mencoba charger temanmu dengan merk yang sama. Jika dengan kabel charger temanmu daya smartphone bisa terisi, maka kabel charger milikmu memang bermasalah dan harus diganti. Usahakan untuk membeli yang ORI! Karena kabel yang bukan ori atau tidak sesuai dengan pabrikan akan mendatangkan masalah lebih besar pada bateraimu kelak.

Baca Juga: Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu

2. Adapter Longgar

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Apabila kabel charger tidak ditemui letak permasalahannya, maka kamu bisa coba periksakan bagian adapternya. Apabila smartphone sudah menua, maka adapter pun juga demikian. Semakin sering digunakan, adapter bisa saja menjadi longgar.

Sebelum menggantinya dengan yang baru, coba kamu tes terlebih dahulu. Kamu bisa menghubungkan kabel ke adapter lainnya, kemudian mulailah di-charge. Kalau ternyata dengan adapter lain berhasil, maka itu tanda-tandanya adapter milikmu yang bermasalah dan sudah tidak cocok denganmu. Silahkan diganti dengan yang lainnya, dan harus ORI.

Baca Juga: Rekomendasi Hape Fast Charging Terbaik yang Hemat Baterai Banget

3. Port USB Smartphone Kotor

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Masih dari faktor eksternal, selain pada charger letak permasalahan juga bisa bersumber dari smartphone-nya. Ya, untuk pengisian daya baterai, kabel charger harus dihubungkan ke smartphone melalui port USB-nya.

Apakah kamu termasuk tipe yang  JARANG membersihkan HP? Nah, kalau smartphone jarang dirawat atau dibersihkan, maka akan ada debu-debu yang berdatangan. Termasuk bagian port USB-nya. Apabila kamu membiarkan debu-debu ini bersarang di dalam port USB smartphone, maka hal ini bisa menjadi penghalang proses pengisian daya baterai.

Hinet Lovers bisa membersihkan debu-debu ini dengan tisu yang harus, kapas, ataupun dengan meniupinya. Lakukanlah kesemua hal tersebut secara halus. Agar tidak merusak komponen-komponen lainnya.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

4. Adanya BUG

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Penyebab selanjutnya HP tidak bisa di-charging bisa muncul dari faktor internal, yaitu pada smartphone-nya. Biang keladi dari sulitnya mengisi daya pada smartphone umumnya datang dari “BUG” pada software.

Coba kamu periksakan dengan aplikasi pengecek kondisi baterai, seperti Battery Life, Ampere, dan Repair Battery Life PRO. Aplikasi yang memungkinkan untuk menganalisis yang menjadi sumber masalah proses charging. Apabila memang betul adanya bug yang bersarang di dalam smartphone, maka kamu bisa sembuhkan dengan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Percaya Atau Tidak, Mitos Android Ini Ternyata Terbukti Hoaks

5. Sistem Operasi Belum Diupdate

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Teruntuk pengguna smartphone, update OS ke versi terbaru adalah suatu kewajiban yang harus dijalankan. Pasalnya, di update-an OS versi terbaru pasti sudah ada beberapa sistem yang diperbaharui.

Biasanya, smartphone secara otomatis mengirimkan permintaan update. Jangan kamu abaikan ya, karena hal ini bisa berdampak tidak baik pada proses kinerja pengisian dayanya (charging). Kalau memang permintaan update pada smartphone kamu tidak muncul, coba saja cek secara manual melalui Settings dan periksa di menu About Phone / System Updates.

Baca Juga: Cara Ngecharge HP Dengan Benar, Dijamin Jadi Berumur Panjang

6. Sumber Daya Tidak Memumpuni

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Selain dari HP dan perangkat pengisi dayanya, permasalahan juga datang dari sumber daya listriknya. Mungkin hal ini terdengar sedikit aneh bagi Hinet Lovers, tapi terkadang ada juga loh sumber daya listrik yang digunakan kurang mencukupi untuk smartphone kamu.

Apabila angka pada sumber dayamu jauh lebih rendah daripada angka yang tertera pada adapter, maka kemungkinan besar smartphone kamu tidak bakal terisi dengan maksimal. Apalagi kalau sudah keseringan terhubung dengan power bank atau dari laptop (yang sumber dayanya minim). Hal ini juga tidak bagus untuk kesehatan bateraimu.

Baca Juga: Tindakan Ini Menjadi Alasan Ponsel Gampang Meledak

7. RAM Kepenuhan

Alasan dan Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Di Charger

Cara memperbaiki HP yang tidak bisa di cas juga bisa dengan melakukan restart / reboot. Dengan melakukan ini, seluruh cache yang bersarang di RAM akan dibersihkan. Menumpuknya cache akan menyebabkan kondisi HP menjadi sempit dan tidak leluasa merespon hal lainnya. Termasuk proses pengisian daya baterai.

Itulah ketujuh penyebab HP tidak bisa di cas dan tips menyembuhkannya. Jadi bila suatu saat smartphone kamu menemui masalah seperti ini, maka sudah pasti salah satu penyebabnya seperti yang sudah Hinet jelaskan di atas.

Penutup

Hinet juga ingin merekomendasikan Paket kuota paling murah yang bisa kamu pilih, yaitu Paket Isi Ulang REGULER! Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.