Hinet Internet Cepat 4G LTE
Alasan Dilarang Berfoto di Tempat Umum Ini

Alasan Dilarang Berfoto di Tempat Umum Ini

Alasan Dilarang Berfoto di Tempat Umum Ini  – Meskipun zaman sekarang orang dapat dengan bebas berfoto di manapun, namun ternyata ada beberapa tempat umum yang melarang penggunaan kamera untuk berfoto. Hal ini berkaitan dengan berbagai alasan, di antaranya alasan etika, privasi seseorang, ataupun alasan keamanan. Di Indonesia juga sudah menerapkan larangan foto di beberapa tempat umum. Daftar tempat umum yang mengatur larangan berfoto karena beberapa alasan, yaitu sebagai berikut.

1. Mal

Alasan Dilarang Berfoto Di Beberapa Tempat Umum Ini - mall

Pernahkah Hinet Lovers mengunjungi mal dan melihat ada tanda kamera dicoret yang berada di pintu masuk mal? Mungkin Hinet Lovers bertanya-tanya mengapa mal melarang pengunjungnya untuk mengambil foto padahal mal adalah salah satu tempat favorit masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan. Bukan tanpa sebab alasan ini dibuat. Itu karena setiap interior mal memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Setiap interior yang digunakan di dalam mal dirancang dengan ketelitian oleh perancangnya sehingga memiliki hak cipta. Nah, hak cipta ini yang menjadi alasan mengapa pengunjung tidak diizinkan mengambil foto di mal. Namun demikian, tetap saja pengunjung dapat berfoto selfie pada wilayah-wilayah tertentu yang diperbolehkan. Yang dikhawatirkan adalah jika ada pengunjung mal yang memotret untuk digunakan hal-hal yang tidak baik atau bahkan merugikan sang perancang interior. Jadi Hinet Lovers perlu perhatian terlebih dulu yah, di sudut mana saja di dalam mal yang tidak boleh mengambil foto.

Baca Juga: Suka Fotografi Jalanan? Perhatikan Dulu Hal Ini

2. Rumah Sakit

Alasan Dilarang Berfoto Di Beberapa Tempat Umum Ini - rumah sakit

Tempat umum yang memiliki aturan dilarang berfoto lainnya adalah di rumah sakit. Mungkin sebagian dari Hinet Lovers merasa aneh mengapa ada larangan foto di rumah sakit, karena telah banyak orang yang melakukannya. Perlu kamu ketahui bahwa larangan berfoto di rumah sakit telah diatur dalam undang-undang. Peraturan tersebut ditetapkan sesuai dengan UU No. 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi, UU No. 28 Tahun 2014 tentang hak cipta, dan UU No. 19 tentang ITE. Alasan mengapa kamu tidak boleh mengambil gambar di rumah sakit karena dapat mengancam privasi pasien ataupun dokter. Selain itu, pada ruangan tertentu di rumah sakit terdapat radiasi yang cukup tinggi. Jika radiasi tersebut bertemu dengan radiasi kamera akan menyebabkan sesuatu yang fatal seperti kebakaran. Jadi kalau kalian ingin berfoto di rumah sakit, sebaiknya meminta izin kepada pasien atau petugas di sana terlebih dahulu, ya.

Baca Juga: Lima Aplikasi Khusus Android Ini Bikin Kualitas Foto Meningkat

3. SPBU

Alasan Dilarang Berfoto Di Beberapa Tempat Umum Ini - spbu

Hinet Lovers pasti sudah nggak asing lagi dengan peraturan dilarang mengambil gambar pada area SPBU. Bukan hanya mengambil foto, tetapi juga dilarang menggunakan barang elektronik termasuk HP. Tetapi pernahkah Hinet Lovers mengetahui mengapa alasan itu dibuat? Alat-alat elektronik seperti kamera atau handphone adalah benda yang bersifat non-EX/IS equipment atau alat yang bisa menghasilkan percikan api. Percikan api tersebut yang dikhawatirkan akan menyebabkan ledakan api yang cukup besar apabila sudah bereaksi dengan bensin. Meminimalisasi kemungkinan adanya api merupakan hal yang sangat penting dilakukan ketika berada di SPBU.

Nah itu tadi daftar tempat umum yang memiliki aturan dilarang berfoto. Sebagai anggota masyarakat yang baik, tidak ada salahnya Hinet Lovers mematuhi peraturan tersebut. Jangan lupa bawa Mifi 4G dari Hinet ya, agar kamu bisa hemat internetan di manapun dan kapanpun.

Baca Juga: Empat Alasan Kenapa Mifi Memiliki Banyak Penggemar

Comments (3)

  1. by : Gel October 30, 2018 at 8:54 pm

    Gunung Athos di Yunani adalah tempat pertapaan bagi dua ribu biksu dan bagian dari 20 biara Ortodoks Timur. Awalnya, tempat ini dikhususkan untuk para biksu saja. Namun, kunjungan dari luar masih diperbolehkan selama ada izinnya dan bukan perempuan.

    Reply
    1. by : cesita pr October 31, 2018 at 10:05 am

      Wah, informasi tambahan nih. Apakah masih ada lagi tempat lainnya yang dilarang memotret?

      Reply
      1. by : Rez June 17, 2019 at 7:52 pm

        Saran nih, harusnya gedung kampus juga ada larangan fotografi (dengan tanda kamera coret di entrance juga). Hal ini sama seperti mal, karena kita tahu beberapa kampus juga memiliki interior yang kadang butuh perancang dan seniman untuk mendesainnya. Namun yang terutama adalah hak cipta lainnya seperti barang2 pendukung proyek skripsi/thesis.

        Reply

Leave a Reply

* Your email address will not be published.