Hinet Internet Cepat 4G LTE

Alasan Kenapa Laptop Jaman Sekarang Tidak Memakai DVD Drive

Alasan Kenapa Laptop Jaman Sekarang Tidak Memakai DVD Drive – Apa yang Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop? Biasanya, kebanyakan orang fokus pada fungsi seperti ukuran hard disk, RAM, ukuran layar, fungsi layar sentuh, dll.

Namun, tahukah Anda bahwa laptop terbaru biasanya tidak dilengkapi dengan DVD drive? Lantas, apa alasan produsen laptop menghapus fungsi DVD drive? Untuk apa drive DVD ini digunakan? Mari kita temukan jawabannya di sini!

Pertama Apa Sih DVD Drive itu ?

Apa itu drive DVD? Drive DVD adalah drive yang menggunakan laser untuk membaca informasi dari CD, DVD, dan disk Blu-ray. Setelah disk dimasukkan ke dalam drive, disk akan berputar dengan cepat, dan sinar laser akan membaca informasi dari disk.

Drive DVD tidak hanya tertanam di laptop, tetapi juga tertanam di TV, pemutar DVD di mobil, dll. Untuk referensi Anda, teknologi perekam optik ditemukan oleh David Paul Gregg dan James Russell pada tahun 1963 dan dipatenkan pada tahun 1968. Kemudian, teknologi tersebut pertama kali dipasarkan pada Desember 1978. Selain itu, VCD ditemukan pada tahun 1987, dan menjadi sangat populer setelahnya.

Baca juga : Jangan Sia-Siakan Kuota Malammu, Ini 5 Tips Untuk Menghabiskannya

Fungsi Yang Berbeda Beda

Tahukah Anda bahwa drive cakram optik menggunakan laser untuk membaca dan menulis data? Jenis disk yang berbeda memiliki panjang gelombang yang berbeda. Dijelaskan di halaman Study.com bahwa drive optik yang bekerja dengan berbagai jenis cakram optik mengandung banyak laser.

Untuk CD (Compact Disc), digunakan panjang gelombang 780 nanometer (nm). Panjangnya dalam kisaran inframerah. Kemudian untuk DVD (Digital Video Disc) digunakan panjang gelombang 650 nanometer. Pada saat yang sama, untuk Blu-ray, panjang gelombang 405 nm digunakan, dijelaskan di halaman Study.com.

Tidak Perlu Memutar Musik & Video, Bisa Memutar Dengan Internet

Jadi, mengapa drive DVD menggantikan laptop? Tidak lain adalah kebiasaan dan perkembangan teknologi kita sendiri. Dulu, untuk mendengarkan musik, kami perlu memasukkan DVD ke dalam drive. Mirip dengan menonton film atau video, di zaman kuno, kami membutuhkan DVD untuk menontonnya.

Sekarang kita hanya membutuhkan gadget untuk mendengarkan musik atau menonton film. Ya, kita bisa langsung streaming media tanpa repot memasukkan DVD ke drive laptop. Akibatnya, drive DVD jarang digunakan. Inilah sebabnya mengapa produsen laptop mempertimbangkan untuk menghilangkan drive DVD.

Baca juga : Tips Kebiasaan Sehat Yang Bikin Kamu Awet Muda

Pada Zaman Sekarang Sudah Jarang Menyimpan File Di DVD

Di zaman kuno, kami menyimpan DVD sebanyak mungkin untuk menyimpan file. Dengan kemajuan teknologi, kami lebih suka menyimpan file di hard drive eksternal atau mengunggahnya ke sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Akibatnya, DVD jarang digunakan untuk menyimpan file.

Dibandingkan menyimpan file di DVD, opsi penyimpanan ini dinilai lebih mudah, praktis, dan murah. Selain itu, jika DVD tergores, kotor, kotor dan basah, dapat menyebabkan kerusakan file pada DVD. Jika kita tidak ingin merusak file di kemudian hari, kita harus ekstra hati-hati saat menyimpan DVD.

Meringankan Bobot Laptop Yang Tidak Menggunakan DVD

Drive DVD memakan banyak ruang di laptop. Dengan drive DVD, laptop akan menjadi lebih tebal dan berat. Menempatkan laptop yang berat di tas punggung bisa menyebabkan ketegangan otot di leher, punggung dan bahu. Jika kita terus membawa barang berat di dalam tas, ini akan merusak postur tubuh kita!

Selain itu, desain komputer notebook yang tipis dan ringan lebih digemari karena lebih menarik secara tampilan. Tidak hanya itu, rata-rata harga notebook tipis dan ringan juga lebih murah, namun performanya tetap yang terbaik. Dengan menghilangkan DVD drive, komputer notebook akan menjadi lebih tipis dan ringan.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.