Hinet Internet Cepat 4G LTE
Ini Alasan Dan Hal yang Akan Terjadi Jika Mengaktifkan Smartphone di Dalam Pesawat

Ini Alasan Dan Hal yang Akan Terjadi Jika Mengaktifkan Smartphone di Dalam Pesawat

Ini Alasan Dan Hal yang Akan Terjadi Jika Mengaktifkan Smartphone di Dalam Pesawat – Sebagian besar penumpang masih belum terlalu memahami betul mengapa dilarang menggunakan smartphone saat terbang menggunakan pesawat udara. Padahal pemahaman ini harus ditanamkan serta diaplikasikan dengan betul agar penerbangan menjadi lebih aman dan tidak membahayakan nyawa penumpang lainnya. Sebenarnya larangan penggunaan ponsel di pesawat sudah diinstruksikan oleh Direktur Keselamatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara pada suratnya No. AU/4357/DKP.0975/2003 yang berisi tentang larangan penggunaan ponsel di dalam pesawat udara.

Ini Alasan Dan Hal yang Akan Terjadi Jika Mengaktifkan Smartphone di Dalam Pesawat

“Lalu, apa alasan tidak boleh menggunakan HP di dalam pesawat?”

Pasti pertanyaan ini masih membelenggu bukan di pikiranmu? Kenapa kita sebagai penumpang tidak boleh mengaktifkan HP ketika sudah lepas landas. Untuk itu, Hinet punya kok jawabannya. Berikut akan Hinet jelaskan sejelas-jelasnya alasan tidak boleh menggunakan HP di dalam pesawat.

Baca Juga: Solusi Aman Aplikasi Pesan Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan

Alasan Tidak Boleh Mengaktifkan Smartphone Di Dalam Pesawat

Sebuah ponsel ketika sedang berada dalam kondisi ON, ternyata mampu memancarkan sinyal secara periodik. Tidak hanya itu, bahkan ponsel dapat mengirimkan atau menerima frekuensi radio. Dengan begitu, pancaran sinyal oleh ponsel ini dapat menggapai BTS terdekat dan membuat kontak.

Ini Alasan Dan Hal yang Akan Terjadi Jika Mengaktifkan Smartphone di Dalam Pesawat

Hal ini tentunya dapat menjadi pemicu utama dari gangguan peralatan komunikasi dan navigasi pesawat udara. Sebab ponsel memang dirakit untuk menerima dan mengirim sinyal. Meskipun jarak antara pesawat dengan BTS di darat sudah menjauh, HP akan tetap memperbesar jangkauan transmisinya hingga mencapai batas maksimum.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

Hal yang Akan Terjadi Jika Mengaktifkan Smartphone Di Dalam Pesawat

Setelah mengetahui fakta bahwa smartphone mampu memancarkan sinyal, kini kamu harus tahu hal apa yang akan terjadi jika kondisi HP tetap ON atau tidak dialihkan ke mode pesawat (Airplane Mode).

Mungkin kamu pernah mendengar suara seperti “ngiingg…nginggg…” ketika meletakkan ponsel di dekat radio, TV, atau speaker bukan? Nah! Suara tidak menyenangkan itu nyatanya akan muncul juga dan terdengar oleh petugas yang ada di menara bandara ATC (Air Traffic Controllers) jika kondisi smartphone aktif.

Ini Alasan Dan Hal yang Akan Terjadi Jika Mengaktifkan Smartphone di Dalam Pesawat

Jika gangguan tersebut datang secara berulang-ulang, bisa jadi akan menyebabkan pilot melewatkan panggilan radio penting dari ATC. Apabila sistem komunikasi antar pilot dengan kokpit dari menara bandara ATC terganggu atau tidak jelas akibat pancaran sinyal HP, maka tidak menutup kemungkinan juga kalau pilot akan menjadi salah membaca panel instrumennya. Itulah mengapa jika kondisi HP tetap ON ketika lepas landas, mendarat, maupun mengudara sangat berbahaya dan beresiko.

Bagaimana Hinet Lovers? Jadi kamu sudah tahu betul ya apa dampaknya jika HP tetap dibiarkan menyala. Maka dari itu, jika kamu hendak ingin menaikki pesawat, kabarilah dulu keluargamu dan sebelum lepas landas pastikan kondisi smartphone sudah OFF atau diubah ke mode pesawat.

Ya, sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin menawarkan satu paket internet murah menarik untukmu, yaitu MiFi Super Xtreme! Dengan membeli paket ini kamu akan mendapatkan bonus recharge dan kuota melimpah ruah! Dijamin internetan puas dengan Hinet!

Dapatkan juga paket internet murah lainnya dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.