Hinet Internet Cepat 4G LTE
Alasan Mudah Mengantuk Setelah Selesai Makan, Benarkah Merupakan Tanda Penyakit?

Alasan Mudah Mengantuk Setelah Selesai Makan, Benarkah Merupakan Tanda Penyakit?

Alasan Mudah Mengantuk Setelah Selesai Makan, Benarkah Merupakan Tanda Penyakit? – Bagi sebagian orang, pasti ada yang merasa ngantuk setelah selesai menyantap makanan. Beberapa orang berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh adanya penyakit. Terlepas dari itu, sebenarnya ada faktor lain yang menjadi penyebab mudah mengantuk. Mau tahu lebih lanjut bagaimana datangnya rasa ngantuk setelah makan? Berikut Hinet akan share ke kamu apa yang menyebabkan cepat ngantuk setelah makan. Lengkap dengan tips menghilangkan kantuk serta beberapa cara agar tidak mudah mengantuk lagi sehabis makan.

1. Pengaruh Hormon Pada Otak

Alasan Mudah Mengantuk Setelah Selesai Makan, Benarkah Merupakan Tanda Penyakit? - Pengaruh Hormon Pada Otak

Setelah selesai menyantap makanan, normalnya tubuh akan melepaskan hormon-hormon guna meningkatkan kadar gula darah dan menimbulkan rasa kenyang. Hormon yang dilepas itu ialah kolesistokinin, glukagon, dan amilin. Di waktu yang sama, otak melepaskan juga hormon serotonin. Nah, hormon inilah yang dapat memunculkan rasa kantuk. Selain hormon serotonin, ada hormon lainnya juga yang dapat memberikan efek yang sama, yaitu hormon melatonin.

Baca Juga: Jenis Makanan Ini Bikin Kita Cepat Lapar. Apa Saja?

2. Terlalu Banyak Makan

Alasan Mudah Mengantuk Setelah Selesai Makan, Benarkah Merupakan Tanda Penyakit? - Terlalu Banyak Makan

Fakta lainnya juga membuktikan bahwa terlalu banyak makan dengan tingkat karbohidrat yang tinggi dan kaya akan lemak dapat menimbulkan rasa kantuk. Karena makanan yang indeks glikemiknya tinggi pada karbohidrat dapat meningkatkan hormon insulin. Hormon ini berfungsi untuk membantu proses masuknya asam amino bernama tripofan ke dalam otak. Lalu, asam amino ini akan disulap menjadi zat kimia lain di dalam otak, yaitu hormon serotonin.

Baca Juga: Bahaya Makan Makanan Ini Saat Perut Kosong. Ada yang Bikin Sakit Jantung!

3. Pengaruh Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Alasan Mudah Mengantuk Setelah Selesai Makan, Benarkah Merupakan Tanda Penyakit? - Pengaruh Jenis Makanan Yanag Dikonsumsi

Memang benar segala makanan yang masuk akan dicerna di dalam tubuh, akan tetapi tidak semua makanan memberikan pengaruh yang sama. Seperti halnya makanan yang mengandung asam amino triptofan. Asam amino ini yang memiliki tanggung jawab untuk membantu produksi serotonin yang ada dalam tubuh, yakni hormon yang memunculkan rasa kantuk. Makanan-makanan ini juga mengandung protein yang tinggi, seperti ayam, daging, ikan, telur, keju, tahu, bayam, dan kedelai.

Baca Juga: Lebih Puas Internetan Pake Hinet Unlimited

4. Bisa Jadi Karena Penyakit

Alasan Mudah Mengantuk Setelah Selesai Makan, Benarkah Merupakan Tanda Penyakit? - Bisa Jadi Karena Penyakit

Apabila kamu suka mengantuk setelah makan, bisa jadi itu karena penyakit yang sedang kamu derita, misalnya diabetes. Datangnya penyakit disebabkan oleh produksi hormon insulin yang bermasalah, sehingga berpengaruh pada proses pemecahan gula di pencernaan yang berasal dari makanan. Selain diabetes yang dapat menimbulkan reaksi kantuk, adapula penyakit lainnya yang juga bisa memberikan efek yang sama, yaitu obesitas dan anemia. Selain itu, faktor lainnya yang dapat menyebabkan kantuk setelah makan yaitu kurangnya zat gizi tertentu. Kurangnya gizi dapat mengakibatkan sulitnya proses pencernaan makanan dalam tubuh dan tidak mendapatkan energi untuk mendukung segala aktivitas kamu.

Jadi begitulah Hinet Lovers, alasan dari datangnya rasa kantuk setelah makan. Agar selalu sehat, menjaga pola makan sangatlah penting. Maka dari itu kamu wajib untuk makan tepat waktu dan selalu sedia makanan yang menyehatkan. Jika kamu ingin internetan dengan mudah dan lancar, kamu bisa menggunakan Home Router dari Hinet yang bisa diakses Up To 32 User. Nikmati juga kemudahan internetan mudah dan cepat di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.