Hinet Internet Cepat 4G LTE
Alasan Pelajaran Fisika Dianggap Susah, Kamu Tidak Sendirian Guys

Alasan Pelajaran Fisika Dianggap Susah, Kamu Tidak Sendirian Guys

Alasan Pelajaran Fisika Dianggap Susah, Kamu Tidak Sendirian Guys – Mata pelajaran fisika memang sudah tidak asing lagi buat para siswa. Kenyataannya, kebanyakan siswa menghindari belajar fisika karena dianggap sulit. Kamu enggak akan sendirian kok, jika menilai pelajaran fisika itu memang susah. Berikut ini adalah alasan mengapa pelajaran fisika dianggap sulit.

1. Kemiripan Lambang Rumus

Alasan Pelajaran Fisika Dianggap Susah, Kamu Tidak Sendirian Guys

Mempelajari fisika artinya kamu harus siap “bersahabat” dengan rumus-rumusnya. Rumus menjadi salah satu alasan belajar fisika menjadi sulit. Terkadang siswa masih sulit membedakan lambang besaran dan lambang satuan. Sebagai contoh, “m” adalah lambang untuk besaran massa, tetapi “m” juga dapat diartikan menjadi lambang satuan meter. Apalagi ada lambang besaran dan lambang satuan yang memiliki kesamaan. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah jika siswanya tidak bisa membedakan.

Baca Juga: Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Meningkatkan Kecerdasan Otak

2. Membutuhkan Analisis Tinggi

Belajar fisika bukan hanya harus pintar berhitung saja, tetapi kamu harus memiliki naluri analisis yang tinggi. Cobalah melihat bab Vektor, Kinematika Gerak, Dinamika Gerak, Torsi, Inersia, Katrol, hingga Hukum Newton. Kamu tidak bisa bermalas-malasan belajar fisika. Jika kamu tidak serius, kamu akan ketinggalan banyak pelajaran dan mengalami kesulitan memahami bab berikutnya.

Baca Juga: Setelah Baca Manfaat Ini Kamu akan Suka Menulis dengan Tangan

3. Terbentur Batasan Ujian Nasional

Sebuah ganjalan lain yang menjadi alasan mengapa belajar fisika sulit adalah adanya Ujian Nasional (UN) fisika sebagai standar kelulusan. Dengan adanya batasan soal yang distandardisasi, baik guru ataupun murid menjadi terbelenggu dan membatasi pelajaran apa yang diperkirakan akan keluar pada UN. Hal ini menyebabkan indahnya kebebasan ilmu dalam penerapan fisika secara merata akan tertutup oleh rasa takut menyelesaikan soal UN dengan benar.

Baca Juga: Langkah Mudah Isi Ulang Paket Data Hinet

4. Guru sebagai Ujung Tombak

Meskipun belajar fisika dinilai sulit, tetapi tidak demikian jika guru dapat menerangkan dengan bersahabat dan menyenangkan. Gaya mengajar guru disinyalir dapat memberikan pengaruh terhadap kecintaan siswanya terhadap pelajaran fisika. Oleh karena itu, menjadi guru fisika tidaklah mudah. Sabar dan bersahabat kepada siswa adalah sifat yang harus dimiliki para guru yang ingin siswanya paham pelajaran fisika.

Tidak jarang guru yang kini menggunakan media digital untuk mendukung proses mengajar. Video yang menarik dapat memudahkan siswa memahami rumus fisika secara menyenangkan. Tentunya dengan dukungan penjelasan dari guru. Tetap gunakan Home Router dari Hinet untuk streaming video rumus fisika yang ingin kamu pahami. Untuk menikmati kemudahan streaming video bebas hambatan dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.