Hinet Internet Cepat 4G LTE
Begini Penjelasan Mengapa Plastik Sulit Diurai

Begini Penjelasan Mengapa Plastik Sulit Diurai

Begini Penjelasan Mengapa Plastik Sulit Diurai – Kondisi bumi saat ini bisa dikatakan cukup memprihatinkan. Kenapa bisa begitu? Karena ada banyaknya limbah plastik yang bertebaran. Bahkan, situasi mengenaskan ini dapat kamu perhatikan salah satunya di laut. Kamu tentu sudah mendengar berita tentang biota laut yang terancam akibat limbah plastik. Bahkan di perut seekor paus yang mati banyak ditemukan limbah plastik berupa sampah kantong plastik, plastik kresek, hingga plastik pembungkus makanan.

Begini Penjelasan Mengapa Plastik Sulit Diurai

Itu di laut, bagaimana kalau di daratan? Plastik memang memiliki banyak keunggulan. Dibalik biaya pembuatannya yang terbilang sangat murah dan memiliki fungsi yang beragam, kenyataannya sampah plastik memiliki kekurangan yang berdampak buruk untuk bumi kita. Bagi yang belum tahu, sampah plastik membutuhkan waktu sekitar 500 hingga 1.000 tahun untuk terurai secara alami.

Baca Juga: Aksi Nyata Mengurangi Pemakaian Plastik, Sedotan Rumput liar Bisa Menyelamatkan Bumi

Alasan Mengapa Sampah Plastik Mengalami Proses Penguraian yang Sangat Lama

Umumnya, hampir seluruh plastik di dunia ini berbahan dasar minyak bumi. Jika kamu tahu bensin dan solar, nah bahan ini kerap digunakan untuk membuat hal tersebut. Plastik adalah senyawa organik yang terbuat dari atom karbon yang tersusun panjang layaknya rantai. Rantai yang panjang ini disebut dengan polimer dan monomer (unit terkecil dari polimer).

Begini Penjelasan Mengapa Plastik Sulit Diurai

Rantai karbon yang panjang inilah yang menyebabkan sulitnya mikroorganisme mengurai sampah plastik. Dengan memanfaatkan enzim, bakteri dapat menjadikannya sebagai alat pemotong dan menguraikan sesuatu. Namun, beda lagi kasusnya bila bakteri ini bertemu dengan plastik. Pasalnya, tidak ada satupun bakteri yang memiliki enzim pemotong yang sanggup memotong polimernya.

Baca Juga: Paket Internet Rumah, Home Sweet Home

Lalu Bagaimana Cara Sampah Plastik Dapat Terurai?

Proses penguraian limbah plastik secara alami, nyatanya melalui panas, kelembaban, tekanan, hingga radiasi sinar matahari. Namun, proses penguraian ini membutuhkan waktu yang sangat lama.

Kalau Hinet Lovers sudah tahu alasan mengapa sampah plastik sangat sulit diurai, maka dari itu mulai dari sekarang batasilah penggunaan plastik. Bisa itu plastik kresek atau kantong plastik. Supaya bumi kita dapat selamat dari ancaman limbah yang bisa membunuh kesehatan kita secara perlahan.

Sebagai penutup, Hinet mau menawarkan Paket Internet Paling Murah dengan kuota 90GB/bulan. Nikmati kemudahan internet lain yang dapat kamu dapatkan di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.