Hinet Internet Cepat 4G LTE
Alasan Semut Saling Menyapa Sesamanya

Alasan Semut Saling Menyapa Sesamanya

Alasan Semut Saling Menyapa Sesamanya – Hewan kecil yang berwarna hitam atau merah ini pasti sering kamu temui di mana-mana. Ketika melihat satu semut bertemu dengan semut lain, mereka terlihat seakan-akan sedang “bersalaman” satu sama lain. Menurut beberapa peneliti, ada beberapa alasan mengapa semut seperti bersalaman ketika bertemu. Berikut penjelasan ilmiahnya.

1. Informasi Sumber Makanan

Jika kamu memperhatikan secara detail bentuk semut, ada dua antena yang terpasang di kepalanya. Apabila satu semut berjalan dan bertemu dengan semut lain, mereka akan saling menempelkan antenanya satu sama lain. Hal ini adalah cara berinteraksi dari semut untuk memberitahukan informasi sumber makanan. Di sepanjang jalan, semut akan mengeluarkan semacam zat yang disebut feromon. Nah, zat ini yang kemudian menjadi pelacak bagi semut lain agar tidak tersesat mencari sumber makanan.

Baca Juga: Binatang Cerdas yang Suka Dimakan Manusia

2. Peringatan Ada Musuh

Alasan semut menyapa sesamanya bukan hanya memberi tahu sumber makanan saja tetapi juga sebagai peringatan adanya musuh. Mereka akan mendekatkan kepala mereka satu sama lain untuk memastikan mereka berasal dari rumpun yang sama atau berbeda. Jika mereka berasal dari rumpun yang berbeda maka keduanya akan segera mundur dan segera menyelamatkan diri. Selain itu indra penciumannya yang tajam bisa mendeteksi penyusup dari zat feronom yang biasa semut keluarkan.

Baca Juga: Fakta Tentang Google dan Binatang, Apa Hubungannya?

3. Ajakan Pertemuan Sosial

Salah satu cara semut berorganisasi dalam kelompok semut adalah mengajak mereka masuk ke sarangnya. Misalnya satu semut diajak masuk sarang untuk menghadiri perkumpulan kelompok semut. Kemudian mereka akan menempelkan antenanya ke semut yang dituju. Semut yang diajak akan menanggapi yang sama untuk merespons undangan tersebut.

Baca Juga: Isi Ulang Paket Reguler Hinet

4. Saling Memberi Petunjuk Arah

Meskipun bentuknya sangat kecil, tetapi semut juga memiliki beberapa keistimewaan pada telinga dan hidungnya. Semut selalu mengikuti aroma paling kuat dan meninggalkan zat feromon untuk membentuk rute terpendek sebagai petunjuk arah kepada semut lain. Dengan begini bisa menjadi salah satu cara semut tidak tersesat dari kelompoknya. Akan sangat berbahaya jika semut tersesat dan terpisah dari kelompok.

Sama seperti manusia, semut mempunyai cara tersendiri untuk berkomunikasi dengan sesama semut. Jangan lupa isi ulang Paket Internet Unlimited dari Hinet agar komunikasimu lancar via internet dan bebas hambatan. Kalau kamu ingin menikmati kemudahan internet unlimited dengan banyak akses dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.