Hinet Internet Cepat 4G LTE
Apa itu ATCS, yang Baru Dipasang di Dua Jalan Utama di Pekanbaru

Apa itu ATCS, yang Baru Dipasang di Dua Jalan Utama di Pekanbaru

Apa itu ATCS, yang Baru Dipasang di Dua Jalan Utama di Pekanbaru – Baru-baru ini Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mulai menjalankan alat teknologi terbaru di pusat kota Pekanbaru. Alat tersebut adalah ATCS (Area Traffic Control System) di dua jalan persimpangan di pusat kota Pekanbaru. Kedua tempat itu adalah persimpangan Jalan Gajah Mada dan Jalan Diponegoro, tepatnya di depan Rumah Dinas Gubernur Riau. Serta di persimpangan Jalan Jenderal Sudirman dan Gajah Mada tepatnya di kantor Gubernur Riau bagian depan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, Hinet Lovers sudah mengetahui belum apa itu ATCS? ATCS adalah sebuah sistem untuk mengontrol arus lalu lintas di lokasi yang diyakini sebagai lokasi padat. Cara kerja ATCS biasanya digunakan melalui kontrol dengan bantuan kamera CCTV.

Apa itu ATCS, yang Baru Dipasang di Dua Jalan Utama di Pekanbaru

ATCS sangat bermanfaat ketika salah satu arus terpantau padat, sementara di sisi jalan lain masih kosong. ATCS berperan penting untuk mengurangi kemacetan dan memperlancar arus jalan. Meskipun masih dalam tahap percobaan, akan tetapi fungsinya sudah dinilai baik dan sangat membantu.

Bagaimana cara kerja ATCS? Sebagai contoh, jika semua lampu lalu lintas di-setting dengan menggunakan waktu yang sama yaitu 45 detik. Pada saat-saat tertentu, seperti pada jam sibuk, terpantau bahwa di satu sisi jalan terjadi kepadatan kendaraan. Di sinilah peran ATCS berjalan. Dengan bantuan ATCS ini, salah satu jalan yang sepi akan lebih dilamakan lampu merahnya. Sementara di sisi lainnya, lampu hijau dibiarkan menyala lebih lama untuk segera mengurai kepadatan kendaraan. Dengan begitu, kehadiran ATCS diharapkan dapat mengurangi kemacetan di kota Pekanbaru.

Pemantauan ATCS membutuhkan jaringan internet atau intranet supaya monitor di ruang kendali pemantauan dapat menampilkan video streaming laporan gambar langsung dari lokasi CCTV berada. Meskipun baru dipasang pada dua titik persimpangan Pekanbaru, pemerintah daerah Pekanbaru berharap akan menambah fungsi ATCS diwilayah lainnya di kota Pekanbaru.

Wah, dari cara kerja ATCS ini kita dapat melihat manfaat dari internet yang telah memudahkan petugas lalu lintas mengatur arus kendaraan. Nah, kalau Hinet Lovers ingin mengakses internet yang bebas hambatan, kamu bisa mengguanakan wifi router terbaik dari Hinet yang selalu memberikan internet cepat dan murah.

Leave a Reply

* Your email address will not be published.