Apa itu NFC ? Fitur Modern Dalam Smartphonemu

Apa itu NFC ? Yuk Coba Fitur Canggih Bawaan Pada Smartphonemu – Akhir-akhir ini kamu mungkin sering melihat bahwa produk smartphone sering kali dipasangkan dengan fitur bernama NFC. NFC sendiri merupakan singkatan dari Near Field Communication, sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone kamu berinteraksi dengan perangkat elektronik lain di sekitarnya.

Tidak terkoneksi dengan WiFi, LTE atau sinyal lainnya, jadi jika tidak ada sinyal tidak perlu bingung dan juga teknologi yang memungkinkan komunikasi jarak dekat antara dua buah perangkat yang kompatibel. Untuk melakukan ini, diperlukan setidaknya satu perangkat untuk mengirim sinyal dan perangkat lain untuk menerima sinyal. Rangkaian perangkat yang mendukung NFC berbeda-beda dan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu pasif atau aktif.

Perangkat NFC pasif biasanya berukuran kecil dan dilengkapi dengan pemancar yang dapat mengirimkan informasi ke perangkat NFC lain tanpa memerlukan sumber daya terpisah. Perangkat tidak dapat memproses informasi apa pun yang dikirim oleh perangkat lain, tidak dapat dihubungkan ke komponen pasif lainnya.

Contoh terdekat dan paling umum adalah kartu uang elektronik, atau Transjakarta dan sistem pembayaran angkutan KRL yang biasa digunakan pada kartu uang elektronik.

Sebaliknya, perangkat NFC aktif memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima data, dan dapat berkomunikasi satu sama lain serta perangkat pasif. Smartphone adalah salah satu perangkat berkemampuan NFC yang paling umum digunakan oleh publik. Contoh umum lainnya dari penggunaan teknologi ini adalah penerima pembayaran uang elektronik di pintu tol atau sejenisnya.

Baca juga : Bikin dan Editing CV Bisa di Handphone Dengan 5 Aplikasi Ini

Bagaimana Cara Kerja NFC Pada Smartphone ?

Mirip dengan Bluetooth, WiFi dan perangkat lain yang menggunakan sinyal tanpa kabel, NFC memiliki prinsip kinerja yang sama, yaitu mengirimkan informasi melalui gelombang radio. NFC juga bisa dikatakan sebagai istilah konversi data nirkabel.

Dengan kata lain, perangkat harus memenuhi spesifikasi standar agar dapat menggunakan fungsi ini untuk komunikasi. Teknologi yang digunakan dalam NFC didasarkan pada ide lama RFID (Radio Frequency Identification), yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

NFC memiliki banyak kegunaan. Yang paling terkenal di Indonesia adalah NFC dapat digunakan untuk menyimpan data kartu pembayaran elektronik. Biasa digunakan saat menggunakan fasilitas KRL, dll. Namun NFC sendiri sebenarnya memiliki lebih banyak kegunaan. Berikut adalah kegunaan lain dari fungsi NFC :

Memudahkan Cek Saldo E-Money

Kartu uang elektronik memang membawa banyak manfaat karena bisa digunakan dimanapun di sekitar kamu. Tidak hanya untuk membayar tol, tapi juga untuk membayar TransJakarta, commuter line dan berbagai merchant lainnya. Tidak perlu ke ATM atau toko kecil terdekat, kini ada cara untuk mengecek sisa pulsa elektronik di ponsel Android yang dilengkapi NFC.

Sebelum menggunakan kartu uang elektronik untuk bertransaksi di jalan tol atau merchant lain, ada baiknya memeriksa saldo kartu uang elektronik yang ada di dalamnya. Cara termudah adalah dengan menggunakan ponsel Android. Beberapa smartphone Android dilengkapi dengan Near Field Communication atau disebut juga NFC, yang dapat digunakan untuk mengirim file atau mengecek uang elektronik.

Baca juga : Dari Mulai Smarphone Sampai TV Lipat, Ini Dia Daftar Teknologi Tercanggih 2019

Keuntungan menggunakan fungsi NFC ini adalah dapat memudahkan kamu tentunya, dan juga sebenarnya dapat mengecek sisa saldo pulsa elektronik sebelum menggunakannya. Di sini, kamu tidak perlu menggunakan ATM, masuk ke rekening menggunakan aplikasi mobile banking atau kunjungi toko swalayan untuk memeriksa saldo tol elektronik.

Cara menggunakan fitur NFC pada smartphone untuk melihat saldo uang elektronik, kamu bisa mengaktifkan fiturnya pada menubar smartphone kamu terlebih dahulu, lalu kamu download aplikasinya pada playstore untuk pengguna android, setelah itu kamu buka aplikasi NFC, deketkan kartu uang elektronik yang kamu punya pada bagian belakang smartphone. Tadaaa saldo kamu berhasil terlihat pada smartphone yang kamu pegang.

Selain untuk melihat saldo uang elektronik, fitur NFC juga bisa digunakan untuk memudahkan terkoneksi dengan wifi, memindahkan data smartphone ke laptop, melakukan pembayaran, mengirim nomer telepon, mengirimkan data ke sesama smartphone yang menggunakan NFC bahkan bisa membuka pintu rumah jika sudah support.

NFC menganggap tidak ada keamanan tambahan dan masih belum diketahui. Misalkan smartphone Anda dicuri dan orang tersebut menemukan bahwa rumah Anda menggunakan kuncinya yaitu kartu elektronik, maka orang tersebut dapat memasuki tempat tinggal Anda.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.