Hinet Internet Cepat 4G LTE
Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini

Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini

Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini – Sebagai penduduk asli Tanah Air, kamu tentunya harus paham kalau Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh gunung berapi. Maka dari itu, wajar saja kalau negara kesayangan kita kerap ditimpa bencana alam, seperti gempa bumi. Supaya Hinet Lovers menjadi lebih waspada, alangkah baiknya jika kamu memiliki aplikasi pendeteksi gempa atau aplikasi informasi gempa di smartphone.

Aplikasi deteksi gempa akan menjadi sangat bermanfaat untukmu. Dengan aplikasi gempa, kamu bisa mendapatkan update terkini seputar gempa, sehingga kamu pun menjadi jauh lebih waspada dan tidak akan ketinggalan informasi bencana gempa. Mengingat, gempa bumi dengan guncangan yang besar, juga bisa memicu datangnya tsunami.

Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini

Di Playstore, ada beberapa aplikasi pendeteksi gempa bumi yang dapat kamu unduh secara gratis. Selain menyediakan informasi seputar bencana gempa, ada pula aplikasi informasi gempa yang menyajikan fitur lokasi gempa tersebut. Sehingga, warganet yang memakai aplikasi ini bisa langsung tahu lokasi gempa yang akurat sekaligus update tambahan apakah berpotensi tsunami atau tidak.

Aplikasi Pendeteksi Gempa

Jika Hinet Lovers masih bingung memilih aplikasi deteksi gempa atau aplikasi informasi gempa yang wajib diinstal, berikut ini akan Hinet berikan 8 aplikasi pendeteksi gempa paling recommended dan akurat untukmu.

1. Info BMKG

Pada 6 Mei 2012 lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) resmi merilis aplikasi mobile khusus untuk Hinet Lovers yang ingin mengetahui informasi cuaca, iklim, hingga informasi bencana gempa bumi. Jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot mengakses dan mencari-cari situs BMKG di internet. Cukup buka aplikasinya saja, kamu sudah bisa mendapatkan beragam informasi terkini dari BMKG.

Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini - info bmkg

Adapun fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Info BMKG sebagai berikut:

  • Informasi perkiraan cuaca dalam kurun waktu 3 hari di seluruh kota
  • Informasi cuaca di lokasi kamu
  • Informasi gempa bumi
  • Informasi beberapa peta iklim di wilayah Indonesia
  • Informasi kualitas udara di sebagian kota Indonesia, khusus di Kalimantan dan Sumatera
  • Informasi ketinggian gelombang laut di wilayah Perairan Indonesia
  • Informasi cuaca kota yang akan dilewati untuk jalur mudik, plus lalu lintas yang hanya dimunculkan pada saat momen mudik saja
  • Menyajikan siaran pers resmi yang dirilis oleh BMKG langsung
  • Adanya notifikasi untuk peringatan cuaca, gempa bumi, dan siaran pers BMKG

Baca Juga: Kepekaan Binatang Dinilai Dapat Memprediksi Gempa, Ada yang Banyak di Sekitar Kita

2. MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia merupakan aplikasi pendeteksi gempa yang dirilis oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada 4 Juli 2017 lalu. Dengan mengunduh aplikasi ini, Hinet Lovers bisa mendapatkan informasi bencana secara real-time, khususnya bencana tsunami, gunung meletus, pergerakan tanah, hingga gempa bumi. MAGMA Indonesia dirancang sebagai penyedia layanan informasi kebencanaan geologi. Menariknya, aplikasi ini sudah menyabet penghargaan Kementrian ESDM Innovation Award #1 Best Application (2016) dan Kemenpan RB Top 99 Inovasi Pelayanan Publik (2017).

Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini - magma indonesia

Adapun fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi MAGMA Indonesia sebagai berikut:

  • Informasi Aktivitas Gunung Api, berupa laporan rutin tim pengamat yang diolah menjadi informasi berbentuk data pengamatan visual, peta lokasi, dan status tingkat aktivitas
  • Informasi dan tanggapan Gempa Bumi dan Tsunami
  • Informasi dan tanggapan kejadian Tanah Longsor
  • Menyajikan siaran pers yang dirilis langsung oleh lembaga resmi
  • Dapat mencari nama lokasi bencana
  • Mengunduh peta kawasan rawan bencana alam dan peta zona kerentanan, serta peta potensi pergerakan tanah/longsor
  • Notifikasi bencana geologi di sekitar

Baca Juga: Cara Canggih Jepang Menghadapi Gempa dan Tsunami, Bikin Takjub

3. Vibration Meter

Aplikasi pendeteksi gempa selanjutnya yang wajib kamu punya adalah Vibration Meter. Sesuai dengan namanya, aplikasi deteksi gempa ini akan bekerja dengan memakai sensor yang dapat mengukur getaran gempa. Tentunya dengan memanfaatkan bantuan sensor yang terdapat di Android kamu.

Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini - vibration meter

Aplikasi ini nantinya akan menjabarkan informasi seberapa besar getaran atau gempa. Tidak hanya itu saja, selain memberikan info getaran, aplikasi ini juga akan menambahkan info berupa dampak apa yang akan muncul dari gempa tersebut. Di dalamnya juga tersedia fitur alarm yang bisa kamu atur sesuai keperluan.

Baca Juga: Keunggulan Modem WiFi Untuk Internetan dan Rekomendasi Terbaiknya 

4. Info Gempa Indonesia

Aplikasi Info Gempa Indonesia yang rilis pada 6 April 2017 ini dirancang khusus oleh developer RedcircleApps untuk mempermudah Hinet Lovers untuk memantau update gempa bumi yang terjadi di Indonesia yang bersumber dari data BMKG Indonesia. Seluruh data yang disajikan di aplikasi ini sama saja dengan yang ditampilkan oleh BMKG. Hanya saja, tampilan aplikasi ini dikemas jauh lebih simpel dan interface yang ramah.

Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini - info gempa indonesia

Adapun fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Info Gempa Indonesia sebagai berikut:

  • Informasi gempa bumi terkini/real time
  • Menampilkan daftar bencana gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia
  • Tersedia peta lokasi gempa yang didukung oleh Google Maps
  • Peta bisa di “zoom in” ataupun “zoom out”

Baca Juga: Petunjuk Praktis Memilih Paket Internet Unlimited Murah 2019

5. inaRISK Personal

Satu lagi aplikasi informasi gempa yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu inaRISK Personal. Aplikasi ini yang bermanfaat untuk masyarakat ini merupakan hasil kerjasama dari Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) dengan BMKG, Kementerian Pekerjaan Umum, serta Perumahan Rakyat dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Deteksi Bencana Gempa Dengan 5 Aplikasi Ini - inarisk

Hinet Lovers dapat memanfaatkan aplikasi yang rilis Oktober 2017 lalu ini untuk mengetahui risiko dari bencana gempa, gunung meletus, tanah longsor, hingga banjir bandang yang terjadi di lokasimu berada. Kamu hanya perlu menuliskan nama daerah tempatmu tinggal, kemudian aplikasi ini akan bekerja dan memberikan informasi terkait risiko bencana-bencana tersebut.

Itulah aplikasi-aplikasi pendeteksi dan informasi gempa yang wajib kamu punya. Lebih baik kamu miliki salah satunya, agar Hinet Lovers jauh lebih waspada dan memiliki persiapan yang matang.

Penutup

Untuk menggunakan aplikasi pendeteksi gempa yang sudah Hinet share di atas, Hinet Lovers tentu memerlukan jaringan internet yang kuat. Maka dari itu, Hinet merekomendasikanmu untuk menggunakan modem WiFi tercepat sekaligus modem WiFi terbaik, yaitu MIFI 4G LTE Hinet.

Bagi yang belum tahu apa itu MIFI, MIFI merupakan perangkat keras yang serupa dengan WiFi router. Namun, ukurannya jauh lebih kecil dan bisa dibawa-bawa kemanapun. Fungsinya pun bahkan sama dengan modem WiFi portable, kamu hanya perlu mengkoneksikan smartphone atau PC dan laptop dengan jaringan internet.

Selain Paket Internet Rumah murah, Paket Internet Unlimited murah, Hinet juga memiliki paket internet murah 2019 lainnya yang spesial untukmu khusus pengguna modem WiFi 4G LTE Hinet, yaitu MIFI SUPER XTREME!

MiFi Super Xtreme

Apabila Hinet Lovers merupakan warganet yang aktif, maka solusi yang tepat sebagai penunjang aktivitas internetanmu ialah dengan membeli MIFI SUPER XTREME dari Hinet. Jadi, Hinet Lovers dapat membeli Modem WiFi murah, yaitu MIFI dengan harga IDR 350.000 dan nantinya kamu akan mendapatkan kuota utama sebesar 35GB dengan masa aktif 60 hari. Menariknya lagi dari MIFI SUPER XTREME, kamu akan mendapatkan bonus recharge untuk 3x Top Up di awal paket IDR 150.000 dan IDR 225.000 dapat Kuota Utama Ganda.

Bagaimana? Tertarik untuk membeli MIFI dan Top Up paket SUPER XTREME dari Hinet. Kalau iya, promo ini hanya berlaku di setiap pembelian online melalui Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Mau internetan dengan lancar dan mendapatkan kuota melimpah? Buruan beli HINET sekarang juga! Kamu bisa temukan juga paket internet paling murah dan promo menarik Hinet lainnya di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.