Hinet Internet Cepat 4G LTE
Bahaya Artificial Intelligence Menurut Jenius Stephen Hawking dan Elon Musk

Bahaya Artificial Intelligence Menurut Jenius Stephen Hawking dan Elon Musk

Bahaya Artificial Intelligence Menurut Jenius Stephen Hawking dan Elon Musk – Kecerdasan buatan atau yang lebih dikenal dengan Artificial Intelligence (AI) mulai hadir di kehidupan masyarakat. AI dipercaya dapat memberikan kontribusi secara signifikan dalam kehidupan manusia. Namun, menurut dua pakar teknologi, jika tidak diawasi dan dikelola dengan baik, AI dapat memunculkan bahaya. Dua sosok jenius di dunia teknologi, Stephen Hawking dan Elon Musk menilai kemajuan teknologi ini dapat membantu dan berpotensi membunuh manusia itu sendiri. Berikut adalah penjelasan bahaya Artificial Intelligence menurut tokoh jenius dunia.

Baca Juga: 5 Contoh Artificial Intelligence Memerankan Tugas Manusia

1. Stephen Hawking

Bahaya Artificial Intelligence Menurut Jenius Stephen Hawking dan Elon Musk - stephen hawking

Stephen Hawking sempat mengkhawatirkan teknologi buatan atau AI yang mulai masuk ke ranah lingkungan masyarakat. Hawking mengingatkan agar manusia jangan terlalu bergantung kepada AI. Lebih parahnya lagi menurut ilmuan jenius ini manusia mengalami kemunduruan akibat digantikan oleh AI. Dalam wawancaranya dengan Tech Times pada 9 November 2017, dia berkata bahwa “Yang saya takutkan adalah AI akan menggantikan manusia seluruhnya. Jika mereka merancang sebuah virus komputer, orang lain akan merancangnya lebih baik lagi bahkan bisa mereplikasi dirinya sendiri. Ini akan menjadi bentuk baru kehidupan mengungguli manusia”. Prediksinya ini tentu perlu menjadi perhatian khusus bagi kalangan yang giat mengembangkan kemampuan Artificial Intelligence.

Baca Juga: Apa Itu Machine Learning dan Contohnya

2. Elon Musk

Bahaya Artificial Intelligence Menurut Jenius Stephen Hawking dan Elon Musk - elon musk

Bahaya Artificial Intelligence bagi kehidupan manusia dikemukakan oleh sosok jenius lainnya, Elon Musk. Sebagai salah satu pemimpin perusahaan teknologi yang besar, dia sadar betul kehadiran AI sangat berbahaya dalam kehidupan manusia. Bahkan ia mengungkapkan kekhawatirannya manusia akan kembali ke “Zaman Gelap” dalam wawancara di acara South by Southwest (SXSW), sebuah festival film dan musik tahunan. Lebih parahnya lagi, ia mengaku bahwa bukan nuklir yang Musk takuti, melainkan kehadiran AI lebih menakutkan apabila tidak ada regulasi yang membatasi.

Baca Juga: Makin Puas Dengan Paket Terusan Hinet Hingga 880GB

3. Menurut Para Ahli

Beberapa ahli teknologi yang berasal dari Universitas Oxford, Yale, dan Cambridge menyampaikan kekhawatirannya mengenai bahaya Artificial Intelligence bagi kehidupan manusia. Tercatat sebuah laporan yang berjudul The Malicious Use of Artificial Intelligence: Forecasting, Prevention, and Mitigation membahas dengan detail mengenai perkiraan, prevensi, dan mitigasi mengenai teknologi buatan. Tidak hanya sampai disitu, laporan ini juga mencatat dengan luas mengenai ancaman-ancaman yang sudah ada, memperkenalkan ancaman baru dan masih banyak lagi. Kejahatan hacking, manipulasi informasi, berita palsu, hingga terorisme, merupakan ancaman yang dapat disebabkan dari penyalahgunaan Artificial Intelligence.

Sebenarnya jika AI dikelola dengan baik tidak ada yang perlu ditakutkan. Namun, hingga saat ini belum ada peraturan yang jelas membatasi ruang pengembangan Artificial Intelligence. Oleh karena itu, setiap individu diminta untuk bersiap-siap menghadapi perkembangan AI. Ada satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan Hinet Lovers yakni kehabisan kuota, karena ada Paket Terusan Hinet Hingga 880GB yang bikin internetan makin puas. Untuk merasakan serunya internetan super cepat anti boros, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.