Hinet Internet Cepat 4G LTE

Bahaya! Menggunakan Laptop Tanpa Baterai, Bikin Cepat Rusak

Bahaya! Menggunakan Laptop Tanpa Baterai, Bikin Cepat Rusak – Saat ini, melepas baterai saat menggunakan laptop sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Masalahnya banyak orang yang percaya bahwa dengan melepas baterai saat menggunakan laptop, baterai bisa lebih awet. Padahal, anggapan tersebut salah, lho!

Beberapa orang terkadang menggunakan laptop untuk beraktivitas sering melepas baterai. Hal ini biasanya terjadi pada laptop seri lama, karena pada laptop ini kualitas baterainya mulai turun atau bahkan sudah usang

Seperti yang di ketahui, sangat berbahaya melepas baterai laptop saat digunakan! Jika Anda sering melepas baterai saat menggunakannya, tidak hanya baterai saja, tapi juga semua komponen hardware dari laptop ini terancam rusak.

Oleh karena itu, beberapa pengguna laptop lebih suka menggunakan adaptor secara langsung untuk menggunakan arus listrik daripada harus menggunakan baterai laptopnya. Bahkan kebiasaan ini akan merugikan laptop itu sendiri.

Apa aja sih, bahayanya menggunakan laptop tanpa baterai :

Kemungkinannya Terjadi Konsleting Listrik

Mass Image Compressor Compressed this image. https://sourceforge.net/projects/icompress/ with Quality:60

Untuk ini, dapat dikatakan bahwa adalah efek paling berbahaya dari hal pada hal yang lainnya. Seperti yang telah kita ketahui, laptop yang langsung menggunakan sumber listrik akan berdampak buruk pada laptop itu sendiri.

Akibat yang merugikan adalah komponen hardware laptop yang rusak, hal tersebut masih dapat diatasi dengan perbaikan. Namun, jika terjadi korsleting listrik, ini yang paling berbahaya. korselting listrik akan menyebabkan laptop tiba-tiba terbakar, atau yang paling berbahaya adalah laptop akan meledak saat digunakan. Tentu hal ini mengancam keselamatan kita dan orang lain.

Rusaknya Motherboard

Komponen di laptop dan komputer sedikit berbeda. Perbedaan paling mendasar adalah kekuatan yang diperoleh. Pada sebuah komputer, sumber arus tidak langsung diterima oleh komponen komputer, tetapi harus melalui sumber listrik terlebih dahulu. Fungsi power supply pada komputer adalah memberikan kestabilan dari power supply ke komponen-komponen komputer.

Hal yang sama berlaku untuk laptop dengan baterai. Oleh karena itu, fungsi baterai pada laptop tidak hanya untuk menyuplai daya ke laptop saja, tetapi juga untuk menyaring arus daya listrik, sehingga motherboard laptop dapat menerima daya dengan lebih stabil. Jika Anda sering menyalakan laptop tanpa menggunakan baterai, maka akan menerima arus langsung pada motherboard laptop. Akibatnya motherboard akan mendapatkan daya yang terlalu besar dan dapat menyebabkan motherboard cepat rusak.

Baca Juga : Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas

Sebagian Chipset Laptop Rusak

Jika Anda tidak menggunakan baterai untuk menyalakan daya laptop, ini tidak hanya berbahaya pada motherboard, tetapi juga berbahaya pada beberapa chipset laptop. Komponen chipset, seperti prosesor, RAM, VGA, hard drive, dan komponen lainnya, paling terpengaruh. Mungkin efek ini tidak akan segera terasa. Namun jika kebiasaan ini terus berlanjut, komponen tersebut lama kelamaan akan mudah rusak.

Kualitas adaptor juga berpengaruh besar pada komponen laptop. Jika Anda menggunakan adaptor berkualitas buruk, ini dapat menyebabkan kerusakan lebih cepat. Oleh karena itu, jika adaptor yang digunakan sebelumnya rusak, Anda harus membeli adaptor yang asli. Bahkan dari segi harga, adaptor yang asli biasa harganya cukup murah.

Membuat Sistem Inverter Tidak Berfungsi

Jika Anda menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai, sistem inverter pada laptop tidak akan berfungsi dengan baik. Sistem inverter digunakan untuk mengatur tegangan arus listrik yang masuk ke laptop. Harap diperhatikan bahwa sistem inverter ini termasuk dalam baterai laptop. Sistem tersebut memungkinkan untuk menyaring tegangan dari arus listrik yang terhubung pada laptop, sehingga tidak akan merusak komponen laptop.

Jika baterai pada laptop tidak digunakan dan laptop langsung terhubung ke arus listrik, maka tidak akan tersaring dari sistem inverter. Akibatnya, komponen chipset laptop akan menerima tegangan yang tidak stabil. Akibat buruknya bukan hanya komponen yang rusak, tapi juga laptop yang terbakar.

Baca Juga : BAHAYA! Hindari Ini Agar Laptopmu Tidak Cepat Rusak

Rusaknya Laptop Jika Terjadi Mati Listrik

Nah, dampak yang paling terlihat adalah saat mati listrik mendadak. Jika terjadi listrik padam, maka secara otomatis laptop akan mati secara mendadak. Seperti yang kita tahu sendiri bahwa komponen laptop dan komputer jangan sampai mati mendadak karena hal tersebut dapat merusak komponen hardware lebih cepat.

Memang dampaknya sendiri tidak akan terasa pada saat itu juga. Akan tetapi, dalam jangka panjang hardware yang sudah dimakan usia akan lebih mudah rentan terkena kerusakan. Bahkan, Anda harus mengganti hardware lama dengan hardware yang baru. Tentunya akan ada biaya lagi yang harus dikeluarkan. Itu pun belum ditambah dengan data-data yang ada di dalam harddisk yang bisa saja hilang secara permanen.

Itulah bahaya laptop tanpa baterai, dan tidak kalian sadari. Dari yang aku sampaikan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa menggunakan laptop tanpa baterai bisa membawa efek yang sangat berbahaya. Jika baterai di laptop Anda benar-benar sudah rusak, Anda harus membeli baterai laptop baru. Tentunya dengan kualitas original bukan kualitas KW.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.