Hinet Internet Cepat 4G LTE
Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan

Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan

Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan – Jujur aja, kalau sudah ketemu dengan WiFi gratis, pasti Hinet Lovers langsung kegirangan dan reflek mengaktifkan fitur WiFi di smartphone kan? Kebanyakan orang pasti senang kalau sudah bertemu WiFi gratis. Alasannya pun cukup beragam, mulai dari cepatnya jaringan internet, hingga dapat menghemat kuota. Layanan WiFi dapat ditemukan di tempat-tempat umum seperti misalnya kafe, perpustakaan, bandara, hotel, dan sebagainya.

Meskipun menggunakan WiFi dirasa menguntungkan, namun di sisi lain terdapat ancaman yang dapat membahayakan. Dikarenakan, tidak semua WiFi bersifat publik itu aman, jadi kamu tidak bisa asal menghubungkannya. Lalu apa saja bahaya WiFi publik yang diakses sembarangan? Berikut akan Hinet jelaskan lebih lanjut resiko menggunakan WiFi publik.

1. Penyusupan Data

Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan - penyusupan data

Umumnya, kebanyakan orang Indonesia kerap memanfaatkan WiFi untuk sekedar mengecek email masuk, mengirim dokumen, hingga mengeksplorasi dunia sosmed. Namun kamu perlu ketahui, kalau Hinet Lovers ingin mengirim dokumen, email, atau mengakses sosial media jangan terlalu sering menggunakan WiFi publik atau gratisan secara sembarangan. Alasannya, bisa saja nantinya para hacker meretas dan mencuri seluruh data atau informasi yang ada di smartphone.

Baca Juga: Negara yang Pengguna Wifi-nya Paling Banyak di Dunia

2. Ladang Iklan Pop Up

Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan - ladang iklan pop up

Ketika sedang menggunakan WiFi publik gratis, pernahkah kamu mendapatkan iklan-iklan pop up yang mengganggu pandangan pada layar smartphone? Tidak hanya sekali, bahkan iklan pop up sering berdatangan pada saat dirimu sedang mengakses internet.

Iklan-iklan pop up ini tentunya membuat Hinet Lovers menjadi tidak nyaman di kala asiknya mengeksplorasi dunia internet. Di sisi lain, iklan pop juga berisi jebakan-jebakan berbahaya. Dikarenakan ada beberapa iklan yang nyatanya berpotensi menyimpan virus malware yang dapat membahayakan smartphone. Maka dari itu, usahakan jangan sampai kamu membuka iklan-iklan tersebut.

Baca Juga: Solusi Mengatasi WiFi Eror yang Sulit Terhubung ke Android

3. Transaksi Online Tidak Aman

Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan - transaksi online tidak aman

Mobile banking atau internet banking menawarkan berbagai kemudahan untuk melakukan transaksi secara online. Baik itu transfer antar rekening atau untuk keperluan bertransaksi lainnya. Namun, keunggulan dari M-Banking inilah yang nyatanya mampu menarik perhatian para peretas. Mereka bisa saja menyusupi informasi kartu kredit atau data pin yang kamu miliki. Bagaimana bisa?

Bisa saja kalau semisal Hinet Lovers mengakses M-Banking dengan memakai WiFi publik gratis. WiFi publik gratisan umumnya tidak dirancang dengan keamanan yang tinggi. Jadi, setinggi-tingginya keamanan M-Banking sekalipun, akan tetap bisa diretas oleh penjahat cyber yang sudah ahli.

Baca Juga: Mulai Hemat Kuotamu Dengan Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Koneksi Internet

4. Menjadi Akses Virus Masuk

Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan - jadi akses virus masuk

Internet merupakan sarangnya dari virus-virus berbahaya, jika kamu terlalu sering menggunakan koneksi WiFi ketika mengakses internet, maka risiko smartphone terjangkit oleh virus berbahaya akan membesar. Mulai dari malware, spyware, atau bahkan virus chameleon.

Baca Juga: Cara Mengganti Password Wifi Hinet

5. Pembajakan Sosial Media

Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan - pembajakan sosial media

Pelaku pembajakan sosial media tidak hanya dari teman-temanmu saja yang suka usil loh. Terkadang, ada juga oknum-oknum tidak dikenal yang usil membajak sosial media. Tidak hanya sekedar untuk usil, para penjahat cyber yang mampu meretas sosial media dengan WiFi publik ini juga dapat memanfaatkan sosial media kamu untuk tindak kejahatan, seperti misalnya penipuan.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited 4G LTE Mulai dari 35.000/Bulan

6. Tersebar Kontak Temanmu

Jangan Dulu Bahagia, Ini Resiko yang Ditimbulkan Jika Menggunakan Wifi Publik Sembarangan - tersebar kontak temanmu

Terakhir, seperti yang sudah kamu pahami, para peretas juga dapat memanfaatkan WiFi publik menyusup ke dalam smartphone. Dengan begitu, oknum jahat tersebut dapat mengakses data dengan bebas, termasuk daftar kontak yang ada di smartphone-mu. Dengan begitu, sang hacker juga dapat memanfaatkan daftar kontak teman-temanmu untuk tindak kejahatan lain.

Begitulah bahayanya jika kamu tidak berhati-hati menggunakan WiFi publik yang gratis. Setidaknya, jangan terlalu gampang tergoda dengan WiFi yang gratisan. Lebih baik, gunakan WiFi yang sudah terjamin keamanannya. Seperti Paket Internet Rumah dari Hinet, HOME SWEET HOME. Internetan di rumah dengan paket ini dijamin aman dan banjir kuota hingga 300GB!

Nikmati kemudahan berinternet dengan paket internet murah Hinet yang bisa kamu dapat di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.