Hinet Internet Cepat 4G LTE
Busana Tertua di dunia Jatuh Pada Baju Bodo Makassar, Beda Warna Beda Makna

Busana Tertua di dunia Jatuh Pada Baju Bodo Makassar, Beda Warna Beda Makna

Busana Tertua di dunia Jatuh Pada Baju Bodo Makassar, Beda Warna Beda Makna – Jika berbicara pakaian adat tradisional yang paling tua di Indonesia, maka jawabannya ialah baju Bodo. Busana tertua di dunia ini asalnya dari Makassar. Dinamakan baju “Bodo” yang berarti bodo, pakaian tradisional khusus perempuan ini berdesain segi empat, berlengan pendek dan dilengkapi dengan sarung sutera sebagai bawahannya. Awal mulanya, baju bodo dibuat dari bahan kain muslin (kain kasa). Kain yang memiliki ciri khas berongga dan benang berjarak ini pertama kali didagangkan pada abad ke-19 di kota Dhaka.

Busana Tertua di dunia Jatuh Pada Baju Bodo Makassar, Beda Warna Beda Makna

Seiring berjalannya waktu, baju bodo mengalami banyak perubahan. Dulu, baju tradisional Makassar ini dipakai tanpa memakai pakaian dalam. Namun, karena telah melanggar syariat islam karena aurat yang diperlihatkan, baju ini kini terlihat lebih tertutup.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel RedDoorz Low Budget Di Makassar dan Cara Mendapatkan Diskonnya

Makna Warna Pada Baju Bodo

Busana Tertua di dunia Jatuh Pada Baju Bodo Makassar, Beda Warna Beda Makna

Ternyata, warna-warna yang diaplikasikan pada baju bodo memiliki makna yang berbeda-beda loh. Berikut ini rangkumannya:

Kuning gading (digunakan oleh anak dibawah 10 tahun): Sebagai penggambaran terhadap dunia anak yang perlu keriangan. Warna ini juga memiliki analogi supaya si anak cepat matang untuk menghadapi kehidupan yang penuh tantangan.

Jingga/Merah Muda (digunakan oleh anak umur 10-14 tahun): Warna ini memiliki makna “setengah matang”, sesuai dari representasi kata Bakkaa. Lalu ketika sudah berusia 14-17 tahun, warna dibuat berlapis yang disusun 2. Hal ini menandakan bahwa sang wanita sudah akil baliq. Bisa digunakan juga untuk wanita yang sudah menikah namun belum memiliki anak.

Merah darah (digunakan oleh wanita umur 17-25 tahun): Warna merah darah yang bersusun dan berlapis menandakan bahwa sang wanita sudah menikah dan memiliki anak.

Hitam (digunakan oleh wanita umur 25-40 tahun)

Selain itu, makna sebuah warna yang diaplikasikan pada baju bodo ini juga dapat menggambarkan perbedaan strata kebangsawanan.

Putih: Dikenakan oleh para pengasuh raja, dukun, maupun bissu yang memiliki titisan darah berwarna putih.

Hijau: Hanya boleh digunakan oleh para bangsawan derta keturunannya (berdarang bangsawan) atau para putri raja.

Ungu: Digunakan oleh para janda.

Kini, baju bodo modern dengan beragam warna umumnya dipakai dipakai oleh mempelai pengantin wanita, ibu pengantin, pengiring (Passappi) dan deretan penerima tamu atau pagar ayu dalam suatu acara perkawinan.

Demikianlah informasi mengenai busana tertua di dunia, baju bodo. Sebagai penutup, tak lupa Hinet mengingatkanmu untuk terus berlangganan MiFi Economy Plus dan dapatkan kuota 90GB dengan masa aktif 60 hari. Nikmati juga kemudahan Internet Cepat dan Hemat di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.