Hinet Internet Cepat 4G LTE
Bambu dan Keuntungannya untuk Bangunan, Teknologi Canggih yang Tersembunyi

Bambu dan Keuntungannya untuk Bangunan, Teknologi Canggih yang Tersembunyi

Bambu dan Keuntungannya untuk Bangunan, Teknologi Canggih yang Tersembunyi – Menggunakan bambu sebagai bahan baku untuk membuat rumah sering kali disepelekan oleh kebanyakan orang. Padahal perlu Hinet Lovers ketahui, ada beberapa keuntungan tersembunyi jika kita memanfaatkan bambu untuk bahan bangunan rumah. Berikut ini manfaat bambu untuk bahan bangunan yang menyimpan teknologi canggih.

1. Tahan Gempa

Secara umum bambu mempunyai sifat kosmopolit, yang berarti dapat hidup dalam kondisi apa saja seperti panas, dingin, lembap, tebing tinggi, hingga rawa-rawa. Oleh karena itu, kita sering menjumpai bambu di manapun. Menurut beberapa ahli, bambu memiliki keuntungan dalam bahan pembuatan rumah seperti tahan gempa. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih bambu sebagai bahan baku rumah anti gempa, di antaranya bambu harus berusia tua, kering, sudah diawetkan, serta memiliki serat-serat yang kuat.

Baca Juga: Cara Canggih Jepang Menghadapi Gempa dan Tsunami, Bikin Takjub

2. Anti Banjir dan Tanah Longsor

Bambu dan Keuntungannya untuk Bangunan, Teknologi Canggih yang Tersembunyi - anti banjir dan tanah longsor

Keuntungan bambu selain membuat rumah anti gempa, ternyata juga bisa sebagai pondasi anti banjir. Bambu memiki serat yang kuat yang dapat menahan erosi air sungai yang meluap. Selain mencegah banjir, bambu juga memiliki keuntungan untuk menanggulangi tanah longsor. Bambu yang memiliki akar kuat dan batang yang keras mampu menahan tanah dari ketinggian. Bahkan, masyarakat di Desa Citenjo, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memanfaatkan bambu untuk mencegah tanah longsor.

Baca Juga: Teknologi Canggih Mobil Terkini, Ada yang Belum Kamu Ketahui

3. Anti Rayap

Tahukah Hinet Lovers, bambu tidak hanya memiliki manfaat untuk bangunan rumah saja tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga. Bambu menjadi salah satu alternatif pengganti kayu. Biasanya sering dibuat menjadi kursi, meja, hordeng, dan lain-lain. Bambu memiliki beberapa keuntungan dibandingkan kayu, seperti anti rayap apabila diberi obat pengawet bambu yang banyak dijual di pasaran. Selain itu, penanamannya juga mudah dan akan berkembang biak dengan cepat.

Baca Juga: Cara Isi Ulang Dengan Indomaret

4. AC Alami

Meskipun bambu memiliki serat yang sangat kuat untuk mencegah banjir, akan tetapi bambu berbentuk tabung dengan rongga di dalamnya untuk meredam panas matahari. Keunggulan rumah bambu, ketika pada malam hari bambu menyimpan udara dingin tersebut dan melepaskannya ketika siang hari. Kemudian di satu sisi, bambu menyimpan udara malam dan dilepaskan ketika siang hari. Dengan begitu, udara siang hari akan terasa dingin. Tak perlu menggunakan AC bukan? Hanya cukup menggunakan bambu sebagai AC alami.

Itu dia berbagai manfaat bambu untuk bangunan. Ternyata tanaman yang sering disepelekan ini memiliki banyak manfaat yang tersembunyi. Tetap gunakan Home Router dari Hinet agar internet lancar terus dan anti boros. Kalau ingin menikmati serunya internet unlimited bebas hambatan dari Hinet, kamu bisa mulai di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.