Hinet Internet Cepat 4G LTE
Barongko, Kue Pisang Terkenal Asal Makassar

Barongko, Kue Pisang Terkenal Asal Makassar

Barongko, Kue Pisang Terkenal Asal Makassar – Kita sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Makassar seperti Cotto, Pallubasa, atau Konro. Namun tahukah kamu mengenai jajanan penutup yang manis? Kue Barongko khas Makassar? Hinet Lovers wajib banget coba rasa manisnya yang bikin kangen di lidah. Yuk kenalan lebih lanjut dengan kue yang satu ini:

1.  Dulunya Hanya Untuk Kalangan Bangsawan

Barongko, Kue Pisang Terkenal Asal Makassar - dulunya hanya untuk kalangan bangsawan

Kue Barongko adalah jajanan manis khas Makassar yang terkenal enak dan memiliki sejarah yang unik. Pada awalnya kue Barongko terkenal sebagai makanan penutup dari para bangsawan–bangsawan Bugis zaman dahulu. Kue Barongko juga mempunyai filosofi yang sangat tinggi. Dilihat dari bahan utamanya terbuat dari pisang dan kemudian bungkusnya yang juga terbuat dari daun pisang. Kedua bahan tersebut memiliki makna bahwa kepribadian seseorang haruslah seimbang dengan apa yang dilihat secara fisik maupun hatinya. Dilihat dari segi sejarahnya, kue Barongko ini merupakan kue penutup yang manis dan enak, kue Barongko pun biasa dihidangkan di pesta–pesta adat, pernikahan, khitanan, aqiqah, syukuran, mabbarasanji,mappanre temme, massunna, naik rumah baru, pesta panen, atau acara–acara asli Makassar  dan sebagainya.

Baca Juga: Coba Makanan Khas Makassar Ini Untuk Oleh-Oleh

2. Cocok untuk Dessert

Barongko, Kue Pisang Terkenal Asal Makassar - cocok untu dessert

Kue Barongko biasa dijadikan sebagai kue atau makanan penutup karena bahannya yang terbuat dari pisang kepok atau pisang raja yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan–bahan lainnya seperti telur, gula, santan kelapa, juga susu. Lalu dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian dikukus dan disimpan di lemari es.

Kue Barongko yang memiliki bentuk yang unik seperti tas inipun sekarang sudah menjadi makanan penutup yang terkenal dan mudah ditemui di sudut-sudut kota Makassar. Kue Barongko juga telah menjadi tren sekarang ini. Apalagi setiap bulan ramadan tiba karena itupula rasa kue Barongko pun kini mulai di variasikan. Mulai dari durian, daging kelapa muda, dan nangka banyak dijadikan sebagai bahan dasar pelengkapnya. Kue Barongko ini sangat nikmat jika disantap saat dingin. Namun tak sedikit pula banyak orang yang menyantapnya selagi hangat karena kenikmatannya pun tidak berbeda sama sekali hanya sensasinya saja.

Baca Juga: Panduan Isi Ulang Paket Internet Hinet Menggunakan Aplikasi Hinetku

3. Kenikmatan Pisang Kepok

Barongko, Kue Pisang Terkenal Asal Makassar - kenikmatan pisang kepok

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas, bahan utama dari Kue Barongko ini adalah pisang kepok. Pisang kepok memang terkenal dengan kelegitannya. Namun jika tidak ada pisang kepok maka pisang nya bisa diganti dengan pisang raja saja tapi sudah pasti rasanya akan jauh berbeda.

Kue Barongko yang dulu terkenal sebagai kue penutup bagi para bangsawan-bangsawan Bugis saja kinipun menjadi makanan penutup yang dapat dinikmati para pribumi atau semua orang.  Jika anda ke Makassar ada baiknya mencoba langsung Kue Barongko yang manis dan enak ini karena kue ini dapat dengan mudah ditemui di sudut–sudut kota Makassar dengan harga yang terjangkau.

Yuk, intip berbagai macam makanan khas Makassar dengan menggunakan Mifi 4G Hinet yang bisa digunakan Up To 12 pengguna. Jika kamu ingin mendapatkan kemudahan internetan murah dan anti lelet, kamu bisa mulainnya di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.