Hinet Internet Cepat 4G LTE

Begini Cara Charger HP Dengan Benar Dan Perhitungannya

Begini Cara Charging HP Dengan Benar Dan Perhitungannya – Hai Hinet Lovers !, kamu ketika mau tidur pasti selalu menyempatkan untuk menggunakan smartphone, dimulai dengan ngabarin doi dan mengucapkan selamat tidur, melihat to do list untuk hari esok, mengatur alarm agar kamu bisa bangun tidur tepat waktu bahkan ada yang mendengarkan lagu sampai tertidur.

Sehingga baterai smartphone kamu mulai berkurang, gak jarang juga kamu menggunakan smartphone kamu sebelum tidur hingga baterainya sudah menyisakan 5%, lalu kamu charging dan kamu tinggal tidur.

Melakukan hal itu sungguh tidak baik dan banyak resiko yang membahayakan untuk diri kamu dan juga untuk smartphone kamu. Dalam kurang waktu 1 sampai 2 tahun kedepan, smartphone kamu, jika tidak memperhatikan cara charging yang benar performanya akan melambat (tidak berpengaruh terhadap spek smartphone kamu)

Contohnya ketika kamu menjalankan aplikasi akan berasa lambat, ketika kamu bermain game performa smartphone kamu akan terasa sangat lemot. Pentingnya kita untuk mengetahui cara charging HP dengan benar dan mengetahui perhitungan matematisnya.

Berikut tips dan perhitungan supaya baterai smartphone kamu lebih awet :

Gunakan Charger Original Atau Charger Yang Sudah Bersertifikat Resmi

Charger clone/kw/palsu akan sangat-sangat merusak baterai, karena charger tidak original, tidak memiliki quality-control yang baik, sehingga daya yang dihasilkan dari charger sering sekali tidak stabil. Menyebabkan arus listrik yang masuk tidak sesuai kemampuan smartphone kamu.

Efek yang ditimbulkan bukan hanya baterai yang rusak akan tetapi komponen lain pada smartphone kamu seperti IC, logicboard, kamera dan berbagai sensor terkena arus pendek atau short circuit.

Baca juga : 5 Kebiasaan Yang Bikin HP Cepat Rusak, Sepele Tapi Fatal

Hindari menggunakan charger harga murah yaitu 10ribu hingga 20ribu, dikarenakan charger tersebut sudah pasti tidak original.

Pada dasarnya jika kamu menggunakan charger dengan benar dan kualitas charger tersebut original, smartphone kamu akan bisa digunakan lebih lama dan daya tahan baterainya juga tetap optimal.

Perhitungan Matematis Baterai Smartphone

Setiap baterai smartphone rata – rata meiliki 500 cycle count. Apasih yang dimaksud dengan cycle count pada baterai smartphone itu ?

Cycle Count merupakan istilah yang digunakan untuk menghitung siklus pengisian baterai. Ini memposisikan pada kondisi baterai kosong atau habis (0%) yang kemudian diisi ulang sampai penuh (100%).

Kamu menggunakan baterai dari 100% sampai 0% melalui masa pakai 1 cycle count. Berarti kesehatan baterai berkurang 1 cycle count. 500 cycle count adalah kondisi berkurangnya kesehatan baterai sebanyak 20%. Kesehatan baterai 100% adalah kapasitas maksimal dari baterai.

Apabila kamu memiliki smartphone dengan kapasitas baterai 3000 mAh, dengan kesehatan baterai 80%, maka kapasitas asli dari baterai tersebut adalah 3000 x 80% = 2400 mAh.

Lalu bagaimana cara mengecek kesehatan baterai ? Gunakan aplikasi AccuBattery atau Antutu Benchmark untuk melihat kesehatan baterai ponsel kamu.

  • 500 cycle count = -20% battery health
    1 cycle count = 100% battery usage
    #Cycle count bukan berapa kali kita charging.

Baca juga : Tips Merawat Kabel Charger HP, Supaya Berumur Panjang (Awet)

Dari rumus di atas maka kondisi yang paling bagus untuk charging adalah setiap baterai sisa 30% dengan begitu kita mendapatkan 0,7 cycle count. Begitupun jika kita berhenti di 80%, maka hanya mendapat 0,5 cycle count, sehingga memperpanjang umur baterai.

Charging dari 0-50% bukan kah sama – sama mendapatkan cycle count 0,5 ? Biarpun sama-sama cycle count 0,5, tetapi charging baterai dibawah 10% akan sangat berdampak, karena suhu baterai akan melonjak drastis. Dengan begitu bila kebiasaan tersebut dilakukan terus menerus, sehingga kesehatan baterai mudah berkurang.

Dengan membuat cycle count menjadi 0,5, kita memperpanjang umur baterai menjadi dua kali lipat, dari yang seharusnya terjadi -20% battery health dalam 1 tahun menjadi -10% battery health.

Cek Selalu Suhu Ruangan Dan Smartphone

Baterai memiliki senyawa kimiawi yang rentan terhadap suhu. Jika kamu terbiasa charging smartphone tanpa memperhatikan suhu, baterai akan sangat mudah terpengaruhi suhu panas menyebabkan kapasitas asli dari baterai berkurang karena suhu yang panas.

Ketika kamu charging smartphone, selalu perhatikan dan rasakan suhu sekitarmu, kulitmu akan peka dengan suhu sekitar, jika menurutmu panas, maka tunda keinginan kamu untuk charging. Letakkan smartphone kamu pada saat charging pada permukaan yang sejuk, sehingga suhu panas yang disebabkan aliran daya listrik ke smartphone kamu ternetralkan dengan suhu permukaan yang sejuk.

Perlunya memperhatikan kesehatan baterai pada smartphone kamu Hinet Lovers! Dengan begitu smartphone yang kamu gunakan akan bertahan lebih lama dan lebih awet tentunya.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.