Hinet Internet Cepat 4G LTE
Berbagai Macam Kontroversi Media Sosial. Benarkah Mereka Membuat Kita Semakin Depresi?

Berbagai Macam Kontroversi Media Sosial. Benarkah Mereka Membuat Kita Semakin Depresi?

Berbagai Macam Kontroversi Media Sosial. Benarkah Mereka Membuat Kita Semakin Depresi? – Sosial media sudah menjadi tren yang tidak pernah sepi penggunanya. Seiring majunya teknologi, maka semakin bertumbuh juga para pemakai sosial media karena aksesnya yang sudah semakin mudah. Akan tetapi, kemudahan itu bisa saja menjadi bumerang buat kamu. Tidak ada yang tidak aman di dunia ini, termasuk di media sosial. Tentunya mungkin kamu sudah mengetahui dampak negatif sosial media. Namun, ada pula kontroversi media sosial yang harus kamu tahu. Hal ini mengacu pada bahaya media sosial yang sering kamu akses itu. Ya, langsung saja kamu baca informasi di bawah ini yang sudah Hinet rangkum untuk kamu.

1. Membuat Seseorang yang Depresi Menjadi Lebih Depresi

Berbagai Macam Kontroversi Media Sosial. Benarkah Mereka Membuat Kita Semakin Depresi? - Membuat Seseorang Yang Depresi Menjadi Lebih Depresi

Sosial media sekarang ini sudah menjadi sebuah tempat untuk menyalurkan segala keluh kesah akan kegalauan dan depresi yang dirasakan. Sebagian dari pengguna pasti sering posting status atau mengupload konten yang dapat mencerminkan situasi hati yang dirasakan, entah itu lagu maupun kutipan dan gambar yang mengarah ke kegalauan atau depresi. Akan tetapi, bagaimana jika “mereka” mengetahui segala kedepresian dan kegalauan yang sedang kamu rasa? Ya, “mereka” tahu Hinet Lovers. Mereka akan memberikan konten-konten yang malah bikin kamu menjadi tambah sedih dan bikin makin down. Maka dari itu tidak sedikit kasus bunuh diri karena media sosial. Meskipun begitu, kontroversi ini diselidiki kebenarannya oleh publik.

Baca Juga: Tips Ampuh Supaya Tidak Kecanduan Media Sosial

2. Mereka Bisa Menjual Datamu

Berbagai Macam Kontroversi Media Sosial. Benarkah Mereka Membuat Kita Semakin Depresi? - Mereka Bisa Menjual Datamu

Pernah terbesitkah dipikiranmu bahwa data yang kamu miliki bisa saja diakses secara bebas oleh setiap orang? Ya, hal itu benar adanya. Perusahaan “Mastercard” telah membeli data Facebook guna menemukan informasi mengenai kegiatan para pengguna pada saat online. Hal ini memungkinkan juga untuk mendapatkan wawasan perilaku yang bisa dijual ke bank.

Nah, tujuan dari bergabungnya perusahaan ini ialah untuk menggabungkan data Facebook dengan data milik mereka  agar mampu menaikkan penjualan online. Akan tetapi, bagaimana jika Facebook menjual data ini kepada pihak yang tidak jelas? Yang ada nanti datamu akan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Penyakit yang Mengintai Pecandu Media Sosial

3. Bahaya AI Pengenal Wajah

Berbagai Macam Kontroversi Media Sosial. Benarkah Mereka Membuat Kita Semakin Depresi? - Bahaya AI Pengenal Wajah

Face recognition merupakan fitur tercanggih yang memungkinkan untuk mendeteksi wajah kamu. Lalu, data mengenai dirimu akan muncul dan teridentifikasi dengan jelas. Apakah temanmu pernah memberi “tag” di sebuah fotonya? Biasanya fitur ini dapat kamu temui di media sosial. Setelah dirimu di tag dalam sebuah foto, segala informasi mengenai dirimu otomatis masuk ke dalam kumpulan data media sosial itu sendiri karena keakuratannya dalam mencocokkan wajah sangatlah tinggi. Akan tetapi, apakah kamu benar-benar percaya bahwa media sosial akan menjaga kerahasiaan datamu dan tidak menjualnya pada pihak lain?

Baca Juga: Paket Economy Plus FREE Mifi dan KUOTA 90GB*

4. Tahu Persis Lokasi Keberadaanmu

Berbagai Macam Kontroversi Media Sosial. Benarkah Mereka Membuat Kita Semakin Depresi? - Tahu Persis Lokasi Keberadaanmu

Jika media sosial mengetahui lokasi keberadaanmu mungkin bukan suatu hal yang buruk buat kamu. Namun, bagaimana jika orang lain yang mengetahuinya, ini akan menjadi perkara yang besar buat kamu. Yang namanya kejahatan pasti tidak ada habisnya. Kita tidak pernah tahu, bagaimana jika ada seseorang yang menguntit dan melacak keberadaan kamu?

Sebuah penemuan menarik ditemukan oleh seorang programmer. Ia menciptakan “plug in” sederhana di Chrome yang disebut “Peta Perampok”. Yang mana peta ini mampu untuk memberi tahu titik koordinasi yang tepat dari teman yang memakai media sosial. Akan sangat menakutkan bila ada seseorang yang ingin berbuat jahat setelah mengetahui lokasi kita ya.

Itu dia sisi kontroversialnya dari media sosial. Sebagai seorang pengguna, kamu wajib berhati-hati dan waspada dalam menggunakannya. Jangan sampai kamu menjadi korban dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, Hinet merekomendasikan untuk memakai Home Router Hinet guna mempermudah akses internet dan anti lama. Dapatkan juga paket internet cepat dan hemat di sini >>> Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.