Hinet Internet Cepat 4G LTE
Biar Irit, Simak Cara Hemat Kuota Berikut Ini

Biar Irit, Simak Cara Hemat Kuota Berikut Ini

Biar Irit, Simak Cara Hemat Kuota Berikut Ini – Kuota sudah bagaikan nyawa bagi sebuah smartphone. Bila tidak ada kuota, maka smartphone terasa kurang hidup. Kenapa bisa begitu? Karena hampir seluruh aktivitas Hinet Lovers di smartphone membutuhkan data seluler. Mulai dari chattingan, bermain game online, streaming video dan lagu, serta berselancar di internet.

Memang, semakin majunya sebuah teknologi akan sangat membantu Hinet Lovers dalam hal mengakses internet. Sehingga untuk update di sosial media, berselancar di dunia maya, menemukan berita dan informasi terbaru sudah bukan menjadi hal yang sulit. Namun, semakin banyaknya layanan berbasis online yang kamu akses melalui smartphone, maka semakin banyak pula stok kuota yang harus kamu siapkan.

Seperti yang sudah Hinet Lovers sadari, di smartphone kamu sudah pasti terdapat banyak aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses internet, sebut saja Instagram, Youtube, WhatsApp, Skype, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, agar menjadi pengguna smartphone yang lebih bijak, kamu harus paham betul bagaimana cara agar kuota hemat dan apa saja penyebab kuota boros.

Nah! Cara hemat kuota internet cukup beragam. Kalau kamu mau tahu lebih lanjut cara agar hemat kuota Instagram, WhatsApp, atau pada saat menggunakan aplikasi lainnya, Hinet sudah merangkumnya untukmu di bawah sini.

1. Batasi Pengguna Data Seluler

Biar Irit, Simak Cara Hemat Kuota Berikut Ini

Membatasi penggunaan kuota merupakan langkah awal yang bisa Hinet Lovers terapkan. Bagaimana cara membatasinya? Pertama-tama, carilah aplikasi yang kemungkinan besar akan menyedot kuota lebih banyak. Ingat, tidak semua aplikasi berbasis online mampu memakan banyak slot kuota internet. Nah, kamu bisa mengidentifikasinya melalui Settings > Apps.

Apabila kamu menemui aplikasi yang berpotensi menyedot banyak kuota, maka Hinet Lovers bisa langsung menguninstall-nya. Jikalau memang dirasa aplikasi tersebut sangat penting untuk kamu miliki, pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur ‘Use Less Data’ (bila memang disediakan di dalam aplikasi).

Alternatif lainnya, kamu juga bisa mengganti aplikasi-aplikasi tersebut ke versi ‘Lite’ (bila memang ada). Cara-cara ini sangat efektif untuk menghemat penggunaan kuota internet.

2. Gunakan Browser yang Bersahabat

Biar Irit, Simak Cara Hemat Kuota Berikut Ini

Setiap pengguna smartphone pasti tidak pernah absen dari aktivitas browsing. Maka dari itu pilihlah aplikasi browser yang paling efisien khususnya dalam penggunaan kuota internet.

Sebagai misal Opera Mini, aplikasi browser ini menyediakan fitur hemat data (data-saving) yang ampuh mengurangi penggunaan kuota internet secara berlebihan.

Bahkan, ada pula fitur “Video Boost” yang mampu mengurangi proses ‘buffering’ sehingga video akan berjalan lebih mulus dan kualitas gambar tetap optimal tanpa harus memakan data seluler yang besar.

Baca Juga: 7 Aplikasi Penghemat Kuota Paling Top Untuk Android

3. Salah Memilih Paket Data

Biar Irit, Simak Cara Hemat Kuota Berikut Ini

Memilih paket data juga bisa menjadi faktor penyebab borosnya kuota, loh. Bila kamu termasuk tipe yang gemar internetan, maka sebaiknya pilih paket data yang kemungkinan besar banyak bonus kuotanya, seperti Hinet.

4. Manfaatkan Wifi

Biar Irit, Simak Cara Hemat Kuota Berikut Ini

Setiap pengguna Android pasti akan diminta untuk mengupdate aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Sudah sewajibnya Hinet Lovers memperbaharui aplikasi bila ada update terbaru.

Tetapi, bila kamu update aplikasi dengan menggunakan kuota internet akan sangat disayangkan. Apalagi jika aplikasi yang harus di-update lebih dari 10, bisa jadi paket data internet akan semakin terkuras.

Agar paket data seluler lebih hemat, manfaatkanlah Wi-Fi. Cari lokasi yang menyediakan fasilitas Wi-Fi. Bila sudah terkoneksi dengan Wi-Fi, barulah kamu update seluruh aplikasi tersebut. Hal ini juga berlaku ketika dirimu ingin mengunduh file, lagu, video, atau film.

Baca Juga: Blokir Iklan Bisa Membuat Hemat Kuota Loh, Berikut Caranya

5. Kenali Aplikasi yang Boros Kuota

Biar Irit, Simak Cara Hemat Kuota Berikut Ini

Sebagai pengguna Android, kamu juga harus mengenali aplikasi-aplikasi yang sekiranya memakan banyak data seluler dan kemudian menggunakannya secara lebih bijak. Sebagai misal, Facebook. Aplikasi ini bisa dikatakan sangat boros kuota.

Agar kuota menjadi lebih hemat, kamu harus lebih bijak menggunakannya. Dalam artian jangan terlalu sering mengaksesnya. Alternatif lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Facebook Lite yang jauh lebih ringan.

Tidak hanya Facebook, kamu juga bisa mengunduh aplikasi-aplikasi lainnya versi ringan (Lite) lainnya seperti LINE Lite, Twitter Lite, dan masih banyak lagi.

Begitulah caranya agar penggunaan kuota menjadi lebih hemat. Sebagai pengguna Android, kamu harus bisa irit-irit ya dengan kuota internetmu. Kalau bisa sampai benar-benar habis masa aktifnya.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.