Hinet Internet Cepat 4G LTE
Bisa Buat Sendiri, Begini Cara Membuat Filter AR Instagram

Bisa Buat Sendiri, Begini Cara Membuat Filter AR Instagram

Bisa Buat Sendiri, Begini Cara Membuat Filter AR Instagram – Belakangan ini, semakin banyak saja filter-filter AR Instagram yang lucu-lucu dan unik. Pastinya Hinet Lovers juga sempat berpikir, bagaimana ya caranya membuat filter-filter AR Instagram sendiri? Nah! Kamu harus tahu, kalau Facebook kini memungkinkan penggunanya untuk menciptakan filter AR khusus Instagram.

Yap! Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang platform digital tersebut kini telah meluncurkan sebuah tools khusus bernama Spark AR Studio. Dikarenakan Instagram berada di bawah naungan, Facebook merilis software ini secara khusus untuk membuat filter wajah Instagram dengan mudah.

Menariknya, kamu dapat mengunduhnya secara gratis melalui laman resminya (https://sparkar.facebook.com/ar-studio/download/) dan kemudian bisa kamu gunakan aplikasi tersebut di PC/Laptop yang kompatibel. Lalu, bagaimana cara memakainya?

Perlu kamu ketahui juga, kalau sebenarnya tutorial cara membuat filter wajah AR Instagram bisa kamu pelajari secara langsung dari halaman dokumentasi yang sudah disuguhkan oleh pihak Facebook di laman resmi Spark AR Studio.

Tetapi, kalau Hinet Lovers ingin tahu cara simpelnya sekarang juga, maka kamu bisa langsung simak langkah-langkahnya di bawah sini:

1. Pertama-tama, log-in ke Sparks AR Studio dengan menggunakan akun Facebook yang sudah terhubung dengan akun Instagram di smartphone kamu.

2. Siapkan obyek berupa gambar corak tanpa latar (seperti stiker) dalam format PNG.

3. Setelah itu, bukalah aplikasi Spark AR Studio yang sudah diinstal di komputer. Jika sudah, pilih opsi Create Project.

4. Ketika proyek baru dibuat, kamu akan menemui bagian Scene yang terletak di sebelah kiri. Pilih opsi Add Object. Kemudian lanjutkan dengan memilih fitur Face Tracker.

Bisa Buat Sendiri, Begini Cara Membuat Filter AR Instagram

Baca Juga: Cara Paling Mudah Mencari dan Menyimpan Filter AR Instagram!

 

5. Klik Insert, maka dirimu akan menemui obyek baru bernama FaceTracker0 di bagian Scene. Klik kanan pada obyek tersebut, lalu pilih opsi Add dan lanjutkan dengan pilih Face Mesh untuk menambah model 3D yang akan merespon wajah, kemudian dilacak oleh Face Tracker.

Bisa Buat Sendiri, Begini Cara Membuat Filter AR Instagram

6. Selanjutnya kamu dapat menambahkan material berupa gambar PNG yang sudah disiapkan ke dalam Face Mesh. Klik bagian bawah FaceMesh0 yang muncul di bagian Scene. Kemudian bergeser ke bagian Inspector (menu bar yang ada di sebelah kanan).

7. Di bagian tersebut, carilah menu Material, kemudian klik ikon Plus (+) yang ada di sebelahnya. Otomatis, akan muncul Material0 di bagian Assets (yang berada di bagian bawah scene).

Baca Juga: Paket Economy Plus FREE Mifi dan KUOTA 90GB*

 

8. Klik aset tersebut, lalu ganti Shader Type pada bagian Inspector-nya menjadi Face Paint dengan cara klik menu dropdown yang ada di sebelahnya. Lalu, klik tombol Choose File yang ada di bagian samping menu Texture, dan pilihlah gambar yang telah disiapkan.

Bisa Buat Sendiri, Begini Cara Membuat Filter AR Instagram

9. Terakhir, simpan proyek yang sudah dibuat dan berikan nama yang kamu inginkan. Untuk mencobanya, kamu bisa klik tombol Send (anak panah yang menunjuk ke sebuah kotak), lalu pilih Send to App.

10. Setelah itu, klik tombol Send pada bagian kamera Instagram dan tunggu sampai prosesnya selesai. Apabila berhasil, maka kamu akan mendapatkan notifikasi dari akun Instagram.

Bisa Buat Sendiri, Begini Cara Membuat Filter AR Instagram

11. Kamu dapat mengunggahnya juga ke Spark AR Hub untuk merilisnya di Instagram. Apabila efek AR baru memenuhi syarat, maka semua pengguna Instagram dapat mencobanya.

Yap! Demikianlah tutorial atau cara membuat filter wajah Instagram. Apakah kamu sudah paham? Kalau sudah, langsung kamu coba saja dan ikuti langkah-langkahnya di atas ya!

Penutup

Sebelum menutupi artikel ini, Hinet juga ingin menawarkanmu Paket Kuota Internet Bulanan 4G LTE yang Murah, yaitu Paket Top Up Reguler Hinet.

Ada pilihan paket 43GB, 73GB dan 91GB dengan harga mulai dari IDR 100K. Kelebihan jika kamu membeli paket kuote internet termurah dari Hinet yang satu ini, Kuota utama dan Kuota malam paket dapat di carry forward apabila pelanggan melakukan pembelian paket sebelum masa aktif kuota utama atau kuota malam sebelumnya berakhir.

Bingung cara isi ulang paket internet Hinet? Yuk baca panduannya dibawah ini

– Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
– Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
– Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.