Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018 - Sebagai warga Indonesia yang menyukai pertandingan olahraga sepertinya tahun 2018 menjadi tahun yang ditunggu-tunggu. Bagai mana tidak, terdapat dua perlombaan besar internasional yang dipertandingkan pada pertengahan tahun. Pertama adalah Piala Dunia 2018, namun sayang Indonesia masih belum bisa membawa nama Negara dalam perhelatan akbar pertandingan bola. Dan yang kudua adalah Asian Games 2018 yang kebetulan Indonesia menjadi tuan rumah dalam pertandingan besar Asia.

Asian Games yang akan diselengarakan di dua kota, Jakarta dan Palembang, akan berlangsung pada 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018. Total cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Asian Games sebanyak 40 cabang olahraga, 10 diantaranya adalah cabang olahraga baru. Berikut ini adalah 10 pertandingan baru yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018.

1. Skateboard
Skateboarding adalah olahraga yang menuntut ketangkasan, kelincahan, keseimbangan, dan kecepatan skater untuk melakukan banyak trik menggunakan papan skate. Olahraga ini sangat populer di kalangan anak muda perkotaan dan baru diperkenalkan di Asian Games. Skateboarding direncanakan akan ditampilkan di Olimpiade Tokyo tahun 2020.

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018 skateboard

2. Bridge
Bridge adalah permainan kartu yang dimainkan 4 orang. Selain ketelitian dan ketengan, diperlukan juga perhitungan cepat dalam permainan ini.

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018 - bridge

3. Basket 3x3
Olahraga ini dasarnya sama seperti olahraga basket pada dasarnya. Kalau basket menggunakan pemain lima orang, dalam olahraga ini satu tim hanya memiliki tiga pemain. Selain itu waktu dan perhitungannya juga berbeda dengan basket biasa.



4. Jet Ski
Di Asian Beach Games, olahraga ini menampilkan 6 jenis kompetisi: runabout open, runabout 1000, runabout endurance, runabout stock, open ski, dan sport GP.



5. Pencak Silat
Pencak silat merupakan seni beladiri tradisional Indonesia, yang tersebar merata di seluruh tanah air termasuk hingga Malaysia. Pencak silat dinilai dari pukulan, tendangan, sapuan, dan bantingan. Sasaran yang harus dikenai adalah pelidung tubuh masing-masing atlet.

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018 - pencak silat

6. Jiu Jitsu
u-Jitsu Ne-Waza (teknik lantai) adalah salah satu dasar utama Ju Jitsu (dan Judo). Pertarungan dimulai dengan kedua atlet berdiri, namun tidak diperbolehkan meninju dan menendang, sehingga sebagian besar waktu dihabiskan dengan bergulat di lantai. Setelah dimulai, wasit hanya menginterupsi di saat-saat kritis. Pemenang ditentukan dari lawan yang menyerah karena kuncian di sendi atau cekikan. Selama 5 menit, para atlet dapat mengumpulkan nilai dari bantingan, menjatuhkan, posisi dominan, dan jurus yang menambah keunggulan dalam pertandingan. Karena sangat mengandalkan taktik dan strategi, Ju-Jitsu Ne-Waza terkadang disebut sebagai permainan caturnya seni bela diri.

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018 - jiu jitsu

7. Sambo
Sambo merupakan seni beladiri asli Rusia. Olahraga ini menggabungkan gulat, judo, jujitsu, tinju, savate dan seni beladiri lain.



8. Kurash
Kurash merupakan seni beladiri tradisional Uzbekistan yang menyerupai gulat. Terdapat 3 sistem penilaian di kurash, yaitu Halal, Yambosh, dan Chala. Halal adalah saat atlet kurash bisa memukul punggung lawan. Yambosh adalah Halal yang tidak sempurna, 2 Yambosh bernilai sama dengan 1 Halal. Sedangkan Chala adalah bentuk Yambosh yang tidak sempurna.

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018 - kurash

9. Paralayang
Paralayang merupakan olahraga rekreasi yang menitikberatkan pada kemampuan mengendalikan parasut untuk terbang. Atlet harus mulai di ketinggian yang memungkinkan untuk terbang dengan parasut. Terdapat 3 jenis perlombaan di paralayang: cross country, aerobatik, dan bivouac (fly ultra). Namun, di Asian Games hanya cross-country dan aerobatik yang dilombakan.

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018 - Paralayang

10. Panjat Tebing
Panjat tebing memadukan kekuatan, ketahanan, dan kelenturan. Para atlet membutuhkan perhitungan yang sangat akurat untuk menentukan langkah di panjat tebing. Satu kesalahan saja bisa menyebabkan atlet jatuh dan kehilangan kesempatan mengulang. Tinggi dinding dibagi menjadi 2 kategori: speed climbing dan bouldering.

Cabang Olahraga Pendatang Baru di Asian Games 2018 - panjat tebing
Kamu sudah tahu kan 10 cabang olahraga baru yang akan dipertandingkan pada Asian Games 2018. Yuk siap-siap untuk dukung atlet yang berjuang dalam pertandingan nanti. Kamu bisa berikan dukunganmu melalui sosial media yang kamu punya. Selain itu tetap siapkan internet pada gadget-mu supaya kamu tidak ketinggalan informasi lainnya mengenai Asian Games 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *