Hinet Internet Cepat 4G LTE
Belum Dapat SMS Ponsel Legal Begini Cara Cek IMEI HP Manual

Belum Dapat SMS Ponsel Legal? Begini Cara Cek IMEI HP Manual

Belum Dapat SMS Ponsel Legal? Begini Cara Cek IMEI HP Manual – Sudah tahu kah kamu? Kalau pemerintah akan melakukan pemblokiran Handphone non-resmi yang bisa juga kita sebut BM. Setelah peraturan ini berjalan, maka handphone-handphone “black market” tidak akan bisa mendapatkan jaringan telekomunikasi dari provider selular di Indonesia, Hinet Lovers.

Nah, sekarang pemerintah pun sudah mulai mengirim notifikasi dalam format SMS kepada seluruh pengguna handphone, yang termasuk dalam kategori “legal”. Notifikasi tersebut menandakan bahwa handphone yang kamu miliki masih bisa menggunakan layanan telekomunikasi. Pertanyaannya, apakah kamu sudah menerimanya?

Belum Dapat SMS Ponsel Legal? Begini Cara Cek IMEI HP Manual

Kalau belum dapat dan masih penasaran apakah handphone kamu legal atau tidaknya, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) telah menyiapkan laman resmi untuk mengeceknya, yakni (https://imei.kemenperin.go.id/).

Sebelumnya, Hinet mau bertanya, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara cek IMEI ponselmu sendiri? Karena sebelum menuju ke situs Kemenperin, kamu harus mencari tahu nomor IMEI HP-mu. Baik itu untuk pengguna Samsung, iPhone, Xiaomi, Lenovo, OPPO, dan VIVO.

Sebelum masuk ke cara cek IMEI handphone di Kemenperin, berikut ada 3 cek nomor IMEI untuk semua merek HP (Samsung, iPhone, Lenovo, Xiaomi, OPPO, dan VIVO).

1. Cek IMEI Melalui Bodi Handphone atau Kotaknya

Pertama-tama, kamu bisa mengecek nomor IMEI yang umumnya tertera di bodi HP maupun di kotaknya. Biasanya, nomor IMEI tertera di kebanyakan HP yang bertipe non-removable baterai dan berbentuk stiker yang ditempelkan.

Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?

Apabila HP bertipe removeable battery (baterai yang bisa dilepas), maka kamu bisa melihat kode IMEI pada saat melepaskan baterainya. Selain di bodi HP, kode IMEI biasanya juga tertera di bagian pinggir kotak HP.

Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?

2. Cek IMEI Melalui Menu Setting HP

Cara kedua untuk mengecek nomor IMEI handphone kamu ialah melalui menu setting. Di setiap HP pasti tampilan menu settingnya berbeda-beda. Namun, cara untuk mengecek kode IMEI di menu setting bisa dibilang hampir sama.

Untuk cek IMEI HP Samsung dan VIVO melalui setting, kamu hanya perlu mencari opsi About Phone/Tentang Ponsel. Kemudian kamu bisa langsung melihat informasi seputar HP-mu dan nomor IMEI-nya.

Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?

Sementara cek IMEI HP Xiaomi dan OPPO, setelah memilih opsi About Phone/Tentang Ponsel, pilihlah opsi Status untuk melihat kode IMEI.

Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?

Terakhir, untuk cek kode IMEI pada iPhone, kamu hanya perlu memilih opsi About. Kemudian kamu akan diarahkan ke informasi seputar ponsel iPhone dan di sana tertera nomor IMEI-nya.

Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?

3. Cek IMEI Melalui Kode Dial USSD

Cara terakhir, kamu bisa mengecek IMEI HP dengan kode USSD melalui dial. Bisa dibilang, cara ini serupa seperti saat kamu mengecek pulsa. Kamu hanya tinggal ketik kode USSD *#06# dan secara otomatis akan muncul pop up yang berisi nomor IMEI ponsel kamu.

Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?

Baca Juga: Cara Mudah Membedakan Iphone Asli dan Palsu

Cara Cek IMEI HP di Situs Kemenparin

Nah! Jadi sudah tahu kan cara mengecek nomor IMEI untuk semua merek HP (Samsung, iPhone, Xiaomi, OPPO, Lenovo, dan VIVO). Kalau sudah, langkah selanjutnya ialah memastikan bahwa handphone kamu sudah terdaftar atau tidak di database Kemenperin. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah Pertama

Salin nomor IMEI HP kamu melalui beberapa cara yang sudah Hinet beri tahu ke kamu di atas. Baik itu melalui About Phone atau Dial *#06#.

Langkah Kedua

Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?

Bukalah browser dan kunjungi situs IMEI Kemenperin (https://imei.kemenperin.go.id/). Setelah itu, masukkan nomor IMEI di kolom yang sudah disediakan. Kemudian klik button Enter/Search yang ada di sebelah kolom.

Langkah Ketiga

Handphone BM Bakal Diblokir! Sudah Cek IMEI Handphonemu?

Apabila HP kamu sudah resmi dan terdaftar di database Kemenperin makan akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” di bagian bawah kolom.

Namun, bila yang muncul tampilannya “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin” maka bisa jadi ponsel kamu berasal dari BM (Black Market) dan ilegal. Dengan begitu, ponsel juga akan terkena blokir.

Itulah dia cara cek IMEI HP untuk berbagai merek (Lenovo, Samsung, Xiaomi, VIVO, OPPO, dan iPhone) dan mengecek status resmi atau non-resmi HP melalui situs Kemenperin. Jadi, apakah HP kamu sudah resmi atau belum? Yuk langsung dicek saja dari sekarang!

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Selain paket internet Reguler, kamu bisa menemukan paket-paket menarik lainnya di sini >>>

Leave a Reply

* Your email address will not be published.