Hinet Internet Cepat 4G LTE
Cara Main Game PSP di Android dan Emulator Terbaik

Cara Main Game PSP di Android dan Memilih Emulator Terbaik

Cara Main Game PSP di Android dan Memilih Emulator Terbaik – Sebelum memasuki eranya game PUBG, Mobile Legends, dan game online lainnya, dulu game konsol Sony paling berjaya. Bagi Hinet Lovers yang dulu pernah memainkan game konsol Sony, sudah pasti masa kecil kalian sangat menyenangkan! Salah satu game konsol Sony yang melegenda adalah PSP atau Playstation Portable. Sejak game konsol ini hadir, PSP menjadi sangat populer di kalangan gamer. Alasannya, karena ukurannya yang kecil sehingga jauh lebih fleksibel, dalam artian bisa dibawa ke mana-mana dan bisa dimainkan kapan pun yang dimau.

Nah, kalau kamu ingin kembali merasakan sensasi serunya bermain game PSP, Hinet Lovers sekarang juga bisa memainkannya di Android, loh! Sehingga kamu tidak perlu membelinya lagi. Bagi Hinet Lovers yang sama sekali belum pernah merasakannya juga, kalian bisa memainkan game PSP di Android. Itung-itung, bermain game PSP juga bisa kalian jadikan sebagai solusi gaming tanpa kuota dan menjadi alternatif lainnya bila diri kalian merasa bosan dengan game online.

Lantas, bagaimana cara memainkan game PSP di Android?

Apabila kamu ingin memainkan game PSP di Android, maka ada poin yang harus Hinet Lovers pahami dan ikuti, mulai dari syarat yang harus dimiliki smartphone sebelum mengunduhnya, memilih emulator PSP Android terbaik, cara mengoperasikan game PSP emulator Android, dan mengunduh gamenya (game PSP download). Semua akan Hinet bahas satu persatu untukmu di bawah sini:

Syarat yang Harus Dimiliki Smartphone

Cara Main Game PSP di Android dan Emulator Terbaik

Sebelum coba memainkan game PSP di Android, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pada smartphonemu, loh. Beberapa diantaranya ialah:

  • Pastikan spek chipset dan GPU sudah paling ‘gahar’. Minimal, smartphone kamu sudah dibekali dengan prosesor kelas elit seperti MediaTek Helio, Snapdragon seri ke-8, ataupun Kirin seri ke-9
  • Mempunyai kapasitas RAM yang luas
  • Baterai tahan lama (kapasitas besar)
  • Media penyimpanan cukup lapang
  • Sudah mengusung resolusi HD

Jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi, maka Hinet Lovers akan merasakan keseruan berkali-kali lipat pada saat bermain game PSP di Android.

Baca Juga: Cara Jitu Memilih Smartphone Terbaik yang Tepat Untuk Gaming!

Selanjutnya, Hinet akan membahas 3 langkah mudah agar bisa memainkan game PSP di smartphone kamu. Yuk kita simak bersama-sama langkah-langkahnya di bawah sini:

Langkah Pertama: Menginstal Game PSP Emulator Android

Hal paling pertama yang harus Hinet Lovers lakukan supaya bisa bermain game PSP ialah dengan mengunduh emulator PSP Android. Di Google Playstore sudah tersedia emulator PSP Android yang bisa kamu unduh secara gratis, maupun yang berbayar.

Tetapi pertanyaannya, “yang mana emulator PSP Android yang terbaik?”

Untuk mempersingkat waktu pencarian, Hinet akan merekomendasikan salah satu emulator PSP Android terbaik yang bisa kamu pilih, yakni PPSSPP – PSP Emulator. Aplikasi ini dirancang khusus untuk kamu yang benar-benar ingin bermain game PSP di Android.

Cara Main Game PSP di Android dan Emulator Terbaik

PPSSPP hadir dengan 2 versi, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Jika Hinet Lovers memilih versi yang gratisnya, maka kamu harus bersiap-siap menghadapi iklan yang bermunculan. Jika kamu ingin menikmati serunya bermain tanpa iklan, maka pilihlah yang PPSSPP Gold (versi berbayar).

Baca Juga: Paket Economy Plus FREE Mifi dan KUOTA 90GB*

Langkah Kedua: Download Game-nya

Sesudah menginstal aplikasi emulator PSP Android, maka selanjutnya kamu harus mengunduh video gamenya. Nah! Hinet Lovers bisa mencari game-game PSP di Google. Kamu hanya perlu googling saja “game PSP download” atau kamu bisa unduh gamenya melalui situs romsmode.com dan downloadroms.io di web.

Cara Main Game PSP di Android dan Emulator Terbaik

Umumnya, file game yang diunduh akan berformat .iso atau .cso, dan pada situs-situs tersebut tersedia ratusan game PSP yang bisa kamu pilih. Perlu kamu ketahui juga, kalau size tiap game PSP sangatlah besar, hingga mencapai 500MB lebih. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengunduh game-game ini bila sudah menemukan WIFI.

Cara Main Game PSP di Android dan Emulator Terbaik

Satu lagi, file yang sudah terunduh akan berbentuk .zip, jadi kamu harus ekstrak file ini agar bisa terbaca oleh emulatornya.

Baca Juga: Main Game Suka Lag? Gunakan Aplikasi Game Booster Android Terbaik Ini!

Langkah Ketiga: Ekstrak File Game-nya

Dikarenakan file yang diunduh masih berupa file .zip, maka kamu harus ekstrak file tersebut agar bisa dimainkan di emulator. Bagi smartphone yang sudah canggih, maka sudah pasti memiliki fitur “Ekstrak File”, sehingga tidak perlu mengunduh lagi aplikasi pihak ke-3. Namun, bagi yang belum ada, kamu dapat mengunduh aplikasi pengekstrak file di Playstore.

Cara Main Game PSP di Android dan Emulator Terbaik

Sebelum mengekstrak file, alangkah baiknya kamu membuat folder khusus untuk game PSP. Dengan begitu, kamu bisa memilih untuk mengekstrak file tersebut di folder itu. Hal ini sangat baik untuk mempermudah pencarian game-nya.

Baca Juga: Cara Download dan Tutorial Memainkan Game PS1 Di Android

Langkah Keempat: Mainkan

Sesudah mengunduh dan mengekstrak game PSP, maka kamu sudah bisa memainkannya dengan PPSSPP. Bukalah aplikasi PPSSPP di Android dan pilih tab Games. Lalu, emulator PPSSPP akan menyajikan seluruh folder yang ada di smartphone kamu dan langsung diarahkan ke folder di mana Hinet Lovers menyimpan file ISO.

Cara Main Game PSP di Android dan Emulator Terbaik

Kemudian, tinggal tap saja game-nya untuk memulai permainan. Nanti, akan ada tombol ‘virtual gamepad’ yang muncul di layar smartphone kamu. Fungsinya untuk mengontrol permainan-permainan layaknya stik Playstation.

Baca Juga: Bukan Mobile Legends, Ini Game yang Paling Banyak Diunduh di Play Store

Bonus: Tips Mengatur Emulator Agar Tidak Lemot Ketika Bermain

Satu hal lagi yang harus kamu lakukan agar bisa bermain game PSP di Android dengan maksimal. Supaya bermain game PSP tidak mengalami lag, berikut beberapa hal yang harus kamu atur sebelum mulai bermain:

  • Pilih Settings pada menu
  • Arahkan ke tab Graphics
  • Di kolom Rendering Mode, aturlah Mode dan rubah menjadi Skip Buffer Effects
  • Apabila dirasa spek smartphone kamu kecil, maka pilihlah mode Buffered Rendering
  • Pada kolom Framerate Control, biarkan Off saja pada bagian Frameskipping
  • Pada kolom Performance, beri centang Lazy Texture Caching dan Disable Slower Effect

Ya, sekianlah informasi bagaimana cara memainkan game PSP di Android. Mudah bukan? Bagi Hinet Lovers yang ingin bermain game PSP, Hinet juga merekomendasikan game-game PSP yang bisa kamu lihat di sini.

Penutup

Sebelum menutup informasi ini, ada yang ingin Hinet tanyakan padamu.

Apakah kamu mau mendapatkan kuota paling murah? Tetapi masih bingung memilih paket kuota murah mana yang terbaik? Tenang, Hinet punya rekomendasi kuota internet bulanan murah nih untukmu!

Ada salah satu paket kuota murah yang ingin Hinet tawarkan padamu. Apabila kamu ingin browsing dengan nyaman dan puas, Hinet ingin merekomendasikanmu paket kuota murah, MIFI SUPER XTREME!

MiFi Super Xtreme

Sesudah membeli MIFI 4G Hinet, kamu bisa langsung mengaktifkan paket kuota internet termurah, MIFI SUPER XTREME dari HINET dengan harga mulai dari IDR 350.000. Kemudian kamu akan mendapatkan kuota utama sebesar 35GB dengan masa aktif 60 hari.

Bagaimana? Kamu ingin mengaktifkan kuota internet termurah/kuota internet bulanan murah dari Hinet ini? Kalau iya, kamu akan mendapatkan promo menariknya nih dari paket kuota murah/kuota internet 4G LTE yang satu ini.

Jika Hinet Lovers Top Up kuota murah MIFI SUPER XTREME, maka kamu akan mendapatkan bonus recharge untuk 3x Top Up di awal paket IDR 150.000 dan IDR 225.000 dapat Kuota Utama Ganda.

MiFi Super Xtreme

Ayo tunggu apalagi? Kalau kamu ingin membeli modem WiFi tercepat dari Hinet dan mendapatkan kuota yang murah, promo ini hanya berlaku di setiap pembelian online melalui Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Kamu juga bisa temukan kuota murah atau penawaran kuota internet murah 4G LTE lainnya dari Hinet di sini >>>

official store hinet

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.