Hinet Internet Cepat 4G LTE
Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu – Selain membeli smartphone melalui vendor resmi, masih ada saja masyarakat yang lebih memilih membeli smartphone di tempat yang lain. Sehingga resiko mendapatkan barang yang palsu atau KW sangatlah besar. Alternatif lainnya mereka juga memesan melalui online yang juga belum tentu orisinil barang yang ditawarkannya. Seperti smartphone Samsung misalnya. Seperti yang sudah Hinet Lovers ketahui, Samsung merupakan salah satu vendor smartphone terbesar yang produk-produknya selalu diincar oleh netizen.

Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan juga akan ada oknum-oknum usil yang menjual smartphone Samsung versi bajakannya. Lalu bagaimana cara cek Samsung asli atau palsu? Kalau kamu ingin tahu cara mengecek Samsung asli atau palsu, langsung saja kamu intip di bawah sini ya. Hinet sudah merangkum cara membedakan Samsung asli dan palsu untukmu.

1. Periksa Nomor IMEI

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu - Periksa Nomor IMEI

Hal pertama yang bisa kamu perhatikan adalah kardus atau box Samsung. Pada bagian box selalu tertera IMEI-nya. IMEI merupkan kode nomor seri ponsel. Jika kode tersebut sudah sama dengan ponsel di dalamnya, dipastikan bahwa bahwa smartphone tersebut benar-benar asli. Cara mengecek nomor IMEI di smartphone ialah dengan membuka “Settings”, lalu pilih opsi “About Phone” dan kemudian klik “Status”.

Kamu juga bisa mengecek nomor IMEI dengan cara lain seperti dial *#06# lalu tekan OK/Call. Setelah itu akan muncul informasi mengenai nomor IMEI dari smartphone tersebut.

Baca Juga: 5 Aplikasi Bakal Bantu Backup Data Paling Aman di Android

2. Cek Kode Khusus

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu - Cek Kode Khusus

Selain nomor IMEI, kamu juga bisa cek kode khusus yang hanya bisa berlaku pada Samsung yang asli. Ada 2 kode yang harus kamu cek. Pertama kode *#0*# yang berfungsi untuk pengecekkan kondisi smartphone Samsung secara umum, mulai fitur lampu LED, kamera, getaran, layar, speaker suara, dan berbagai fungsi lainnya. Kedua adalah kode *#1234# yang berfungsi untuk melakukan identifikasi seri smartphone, AP, CP, dan CSC. Apabila smartphone Samsung tidak bisa masuk ke dalam menu pengecekan melalui kode tersebut, sudah dipastikan palsu.

Baca Juga: Aplikasi Android yang Bisa Membantu Kamu Menghemat Kuota

3. Lihat Kualitas Kamera

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu - Lihat Kualitas Kamera

Hinet Lovers pastinya sudah tahu kalau kamera yang dibenamkan ke dalam smartphone Samsung sudah canggih, bahkan dapat menghasilkan gambar yang jernih. Jika smartphone Samsung palsu, maka tidak mungkin akan mendapatkan hasil gambar yang tajam.

Baca Juga: Cara Mudah Backup & Restore Data Kontak Android Lewat Google

4. Perhatikan Kardus atau Box Samsung

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu

Ketika sedang membeli, kamu bisa mengecek bagian isi dari box Samsung tersebut. Jika barang yang kamu beli asli, maka sudah pasti akan ada perlengkapan smartphone yang lengkap. Mulai dari headset, kabel USB, kepala charger, konektor USB, sim ejector, bahkan buku panduan serta kartu garansi. Jika beberapa diantaranya tidak kamu temukan, sudah pasti smartphone yang kamu beli adalah yang palsu.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

5. Curigai Harga Murah

Teliti Sebelum Membeli, Begini Cara Membedakan Samsung Asli dan Palsu

Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah. Apalagi barang yang ditawarkan sangan miring sekali dari yang aslinya. Sebagai contoh, harga Samsung yang asli seharga 8 juta, sedangkan kamu temui di tempat lain smartphone yang serupa dibanderol dengan harga 4 jutaan. Nah, jika sudah begini, kamu patut curiga. Bisa jadi ada beberapa komponen penting yang dihilangkan atau malah itu barang bajakannya.

Maka dari itu barang murah tidak ada yang awet. Tidak ada salahnya bukan jika kamu merogoh kocek agak dalam supaya terhindar dari hal seperti itu.

Itulah dia tips membedakan Samsung asli dan palsu. Berhati-hatilah ketika ingin membeli HP ya. Jangan sampai kamu yang menjadi rugi. Kalau sudah membeli HP baru, tetaplah berlangganan paket internet murah dari HINET ya, salah satu Internet Provider Terbaik di Indonesia dengan kuota mulai dari 35.000/Bulan.

Dapatkan Paket Internet Paling Murah 4G LTE dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.