Hinet Internet Cepat 4G LTE
Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya – Untuk menyimpan beragam data dari komputer maupun laptop, kebanyakan Hinet Lovers pasti memanfaatkan flashdisk sebagai media penyimpanannya. Selain untuk menyimpan, flashdisk juga berguna sebagai media pendukung untuk memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Benda kecil tersebut sudah menjadi sangat berharga bagi sebagian orang, karena kalau sampai hilang, bisa-bisa memunculkan rasa panik yang luar biasa. Apalagi kalau isinya berupa file penting.

Untuk ukuran penyimpanan flashdisk pun cukup beragam, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, hingga 128GB. Tetapi, tahukah kamu kalau ada media penyimpanan yang memiliki ukuran ruang yang lapang dan bisa melebihi 1000GB? Ya, media penyimpanan ini dinamakan “hardisk external”.

Hardisk eksternal juga menjadi salah satu perangkat penyimpanan yang paling dicari-cari oleh beberapa orang. Dikarenakan cakupan ruang penyimpanannya yang sangat lega, yaitu 1000GB atau 1TB. Akan tetapi, pasti masih ada sebagian Hinet Lovers yang belum paham betul pengertian dan fungsi hardisk, perbedaan hardisk eksternal dengan hardisk laptop, maupun kelebihan hardisk. Maka dari itu, kali ini Hinet akan menjelaskan semuanya untukmu, plus cara memilih eksternal terbaik.

Pengertian dan Fungsi Hardisk

Hardisk merupakan media penyimpanan yang dirancang untuk menyimpan data dengan kapasitas yang besar. Nah, kamu juga perlu tahu kalau ada 2 macam hardisk, yakni hardisk internal dan hardisk eksternal. Lalu apa perbedaannya?

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Hardisk internal merupakan perangkat yang dibenamkan di dalam komputer atau laptop yang berfungsi sebagai wadah penyimpanan data. Hardisk laptop/PC ini memiliki tugas untuk menyimpan data secara permanen. Sedangkan hardisk eksternal adalah perangkat penyimpanan pendukung atau tambahan yang bersifat portabel dan menggunakan kabel USB sebagai penghubung.

Perbandingan Hardisk Internal dengan Hardisk Eksternal

Seperti yang Hinet Lovers sudah ketahui, terdapat 2 macam hardisk yang berbeda. Akan tetapi, ada juga plus-minus dan perbandingannya dari kedua perangkat penyimpanan ini. Mari kita mulai bahas dari hardisk internal, perangkat yang sudah tertanam di dalam komputer/laptop ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Harga yang lebih murah
  • Tidak mudah rusak
  • Transfer data lebih cepat
  • Kebal terhadap virus

Selain adanya kelebihan-kelebihan, nyatanya pada hardisk internal juga masih memiliki beberapa kelemahan yang juga wajib kamu ketahui, seperti:

  • Tidak fleksibel, dalam artian tidak bisa dibawa kemana-mana karena sudah tertanam di dalam PC/laptop
  • Kapasitas lebih sempit

Setelah membahas hardisk internal, selanjutnya mari kita kupas kekurangan dan kelebihan hardisk eksternal. Hinet Lovers tentu sudah paham bukan kalau hardisk eksternal merupakan perangkat penyimpanan tambahan yang bersifat portabel. Maka dari itu, dapat disimpulkan kelebihan hardisk eksternal yaitu sangatlah fleksibel. Dikarenakan hardisk eksternal dapat dipasang maupun copot dengan mudah dan bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, ruang penyimpanan pada hardisk eksternal sangat lapang bila dibandingkan dengan internal. Kelebihan hardisk eksternal selain dapat digunakan kapanpun, yaitu si pengguna dapat menghubungkan perangkat ini dengan kabel USB.

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Apabila sudah tahu apa saja keuntungan dari hardisk eksternal, rasanya akan kurang jika belum tahu juga kelemahannya. Berikut beberapa kelemahan hardisk eksternal:

  • Harga relatif mahal
  • Rentan terhadap virus
  • Rentan panas dan cepat rusak

Alasan Mengapa Memilih Hardisk Eksternal

Setiap komputer sudah pasti ditanamkan dengan hardisk internal. Jika tidak ada perangkat tersebut, PC/laptop tidak akan berfungsi secara seutuhnya. Dikarenakan perangkat keras ini memiliki peranan yang sangat penting, yakni sebagai ruang penyimpanan data. Meskipun begitu, jika PC/laptop kelebihan muatan pada ruang penyimpanan internal, maka bisa jadi hal tersebut akan mempengaruhi performa PC/laptop dan menjadi lebih lambat.

Selain itu, hardisk internal tidak hanya dijadikan sebagai wadah untuk dokumen saja, melainkan gambar, video, musik, program komputer, sistem operasi, hingga preferensi situs favorit juga akan masuk ke dalamnya. Apabila hardisk rusak, maka secara otomatis seluruh datamu akan menghilang dan tak tersisa.

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Alangkah baiknya jika Hinet Lovers memiliki penyimpanan cadangan atau tambahan untuk membackup beberapa data penting. Salah satu alternatifnya ialah dengan menyalin file-file tersebut ke dalam hardisk eksternal.

Tidak ada salahnya bukan merogoh kocek agak dalam lagi supaya file berharga di dalam laptop dapat dicadangkan? Jika kamu tidak ingin hardisk eksternal terkena virus, jangan sembarangan menghubungkannya ke PC/laptop lain. Pastikan kondisi perangkat tersebut terbebas dari virus, barulah kamu boleh menghubungkannya.

Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik:

Setelah sudah mengetahui pengertian dan fungsi hardisk eksternal, berikut ini Hinet akan menyuguhkan rekomendasi hardisk eksternal terbaik yang bisa kamu pilih.

9. Samsung T5 Portable

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 2,1 juta

Sebagai salah satu brand terkemuka di dunia, Samsung tidak hanya dikenal sebagai developer smartphone saja. Ada beragam produk berkualitas yang diciptakannya, dan salah satunya ialah hardisk Samsung T5 Portable. Dengan harga segitu, kamu sudah tidak perlu mempertanyakan lagi spesifikasinya. Ditambah dengan desain yang minimalis, Samsung T5 Portable terkesan jauh lebih berkelas.

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Data Flashdisk yang Terhapus

8. LaCie Rugged Raid

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 1,5 Juta

LaCie Rugged Raid dalah hardisk portabel dengan luas 1TB yang tahan banting. Dikarenakan LaCie Rugged Raid tahan terhadap air, debu, bahkan tahan jatuh apabila dari ketinggian 5 kaki. Sehingga hardisk portabel yang satu ini sangat cocok untuk Hinet Lovers yang hobi berjalan-jalan. Selain itu, LaCie Rugged Raid juga disokong oleh Thunderbolt Cable dan USB3.0.

Baca Juga: 5 Aplikasi Bakal Bantu Backup Data Paling Aman di Android

7. Hard Drive DELL Portable Backup USB 3.0 1TB

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 1,3 juta

Hardisk Portabel Dell hadir dengan cakupan ruang seluas 1TB dan dengan port USB 3.0. Dengan begitu, Hinet Lovers dapat mentransfer data jauh lebih cepat dan hemat waktu.

Baca Juga: 4 Cara Mudah menghilangkan Virus Shortcut Pada Laptop

6. Transcend StoreJet 25C3S

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 1,3 juta

Hardisk besutan Transcend ini mempunyai fitur interface USB 3.1 Gen 1 serta port USB yang sudah mengusung Type-C loh. Transcend StoreJet 25C3S ini dikemas begitu ramping dan dibalut dengan alumunium yang kokoh. Untuk ruang penyimpanannya, hardisk portabel yang satu ini menyediakan ruang sebesar 2TB.

Baca Juga: Sekilas Terlihat Sama, Kenali Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook

5. Silicon Power Armor

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 1,2 juta

Hardisk berbasis Taipei ini didesain dengan apik sehingga terlihat lebih solid. Hardisk Silicon Power sangat cocok untuk Hinet Lovers yang menginginkan hardisk yang fungsional namun berdesain kece.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Laptop RAM 8 GB Terbaik Dengan Harga di Bawah 7 Juta

4. Western Digital My Passport Ultra 2TB

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 1,2 juta

Jika kamu menginginkan hardisk dengan ruang penyimpanan 2TB maka Western Digital My Passport bisa menjadi alternatif pilihanmu. Menariknya, hardisk portabel ini memiliki penyimpanan melalui Cloud.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

3. Hitachi Touro Mobile 1TB

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 900 ribu

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, Hitachi Touro Mobile bisa disebut sebagai kecil-kecil cabe rawit, dikarenakan kecepatannya dalam hal mentransfer data. Terlebih lagi, hardisk beruang 1TB ini disematkan juga fitur “Two Levels of Data Protection”, sehingga keamanan data semakin terjamin.

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Paket Internet yang Murah 4G LTE

2. Toshiba Canvio Basic 1TB

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 700 ribu

Apabila Hinet Lovers menginginkan hardisk dengan harga terjangkau namun kualitas prima, maka TOSHIBA bisa menjadi alternatif pilihanmu. Selain berbekal kapasitas ruang 1TB dan USB3.0, Toshiba Canvio Basic juga didukung oleh fitur “Plug and Play”, yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan hardisk ke PC/laptop tanpa melakukan instalasi driver manual ataupun konfigurasi ulang.

Baca Juga: Paket Internet Rumah, Home Sweet Home

1. WD Elements Portable 1 TB

Cara Memilih Hardisk Eksternal Berserta Rekomendasinya

Harga: Rp 700 ribu

Hardisk di urutan pertama merupakan hardisk yang paling laris di Indonesia, yaitu Western Digital. Ya, meskipun harganya yang dibanderol dengan sangat murah, WD tidak sembarangan dalam hal memberikan desain. Dibalut dengan polikarbonat solid hitam, WD Elements Portabel terkesan lebih modern dan elegan sehingga enak untuk dipandang. Ditambah lagi, hardisk portabel besutan WD ini sudah berbekal USB 3.0 dan berkapasitas 1TB.

Itulah dia informasi seputar hardisk eksternal yang dapat Hinet sampaikan untukmu. Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin menawarkan salah satu paket internet murah dan spesial untukmu, yaitu MIFI SUPER XTREME!

Mau tahu promo menarik lainnya dari Hinet? Silahkan cek di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.