Hinet Internet Cepat 4G LTE
Layanan Google Play Sering Terhenti, Atasi Dengan Cara Mudah Ini

Layanan Google Play Sering Terhenti, Atasi Dengan Cara Mudah Ini

Layanan Google Play Sering Terhenti, Atasi Dengan Cara Mudah Ini – Pengguna Android pasti sudah kenal dengan salah satu layanan besutan Google yang bernama Google Play. Ya, Google Play otomatis tersematkan di dalam Android. Dengan begitu para pengguna dapat mengunduh aplikasi-aplikasi penunjang kebutuhan mereka, baik itu sosial media, game, chat, tools, atau yang lainnya.

Layanan Google Play Sering Terhenti, Atasi Dengan Cara Mudah Ini

Meskipun dikenal sangat bermanfaat, para pemakai Android terkadang mengalami kendala saat mengakses layanan Google Play. Salah satunya ialah aplikasi yang terhenti secara tiba-tiba. Jika layanan Google Play terhenti secara terus menerus, sudah pasti bermasalah. Lalu apa penyebab layanan Google Play terhenti? Dan bagaimana pula cara mengatasi Google Play terhenti? Semua pertanyaan itu sudah terjawab oleh Hinet dan bisa langsung kamu cek di bawah ini.

1. Hapus Cache dan Data

Cara pertama yang bisa dicoba adalah menghapus Cache dan datanya. Penyebab dari sering erornya aplikasi Google Play bisa jadi karena sampah Cache yang didiamkan dan malas untuk membersihkannya. Maka dari itu, kamu harus rutin memusnahkan Cache dari aplikasi tersebut. Caranya mudah, cukup masuk ke ‘Settings’, lalu buka opsi ‘Apps’ dan buka aplikasi Google Play. Setelah itu, kamu bisa langsung klik ‘Hapus Cache’.

Tidak hanya itu, pengguna Android kadang juga terlalu malas untuk menghapus ‘history data log in’. Tidak perlu khawatir, apabila kamu menghapus data log in, hal ini tidak akan berdampak pada data-data yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Tidak Melulu Berhasil, Inilah Aplikasi Google yang Gagal Menyita Perhatian Publik

2. Reset Ulang Aplikasi

Umumnya, kebanyakan pengguna Android menemukan masalah aplikasi Google Play yang terupdate ke versi terbaru menjadi tidak stabil dan terus terhenti. Hal ini disebabkan karena versi Adnroid yang dimiliki tidak seimbang dengan aplikasi tersebut. Maka jalan keluarnya adalah dengan mengembalikan Google Play ke versi jadulnya. Pertama-tama, kamu buka menu Apps yang ada di Pengaturan. Lalu pilihlah menu Show Systems atau All Apps. Setelah itu, cari dan buka aplikasi Google Play Services. Kemudian pilih opsi Uninstal Updates dan lanjutkan dengan klik OK.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Dari Google Assistant Bikin Ponsel Makin Canggih

3. Cek Pengaturan

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melalui Pengaturan/Settings. Setelah terbuka kamu bisa langsung menuju menu ‘Menjalankan’. Setelah itu pilih aplikasi yang berkaitan dengan Google Play dan klik ‘Berhenti’. Apabila aplikasi yang berhubungan dengan Google lebih dari satu kamu bisa memilih opsi ‘Berhenti’ kesemuanya.

Baca Juga: Kelebihan Google Maps yang Jarang Diketahui Penggunanya

4. Uninstal-Instal

Cara yang satu ini mungkin saja bisa berhasil, tetapi ada baiknya sebelum kamu menghapus aplikasi Google Play persiapkan dahulu Google Play dalam format Apk nya yang bisa didapat dari web. Dengan begitu kamu dapat menginstalnya lagi. Setelah itu, masuk ke Pengaturan dan pilih opsi Apps. Lanjut dengan memilih opsi Unduhan. Setelah itu cari aplikasi Google Play. Jika sudah klik “Copot Pemasangan”.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

5. Konsultasikan Ke Service Center

Bila kesemua cara di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir yang dapat kamu coba adalah dengan membawanya ke service center smartphone. Biarkan yang sudah ahli untuk menanganinya.

Begitulah caranya mengatasi Google Play yang kerap kali terhenti. Silahkan kamu coba ya Hinet Lovers. Satu lagi informasi tambahan, supaya internetan di rumahmu juga makin lancar dan lebih hemat. Kamu bisa mengaktifkan Paket Internet Rumah, Home Sweet Home dan dapatkan kuota hingga 300GB dengan masa aktif 60 hari!

Dapatkan juga paket internet murah lainnya dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.