Hinet Internet Cepat 4G LTE

Cara Mengatasi HP Lemot, Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mengatasi HP Lemot, Tanpa Aplikasi Tambahan – Memori internal sangat penting bagi system Android. Karena berperan untuk menyimpan data sementara di smartphone. Bayangkan jika memori internalmu penuh? Kamu tidak akan bisa melakukan apa-apa. Jangankan mau download aplikasi di Google Play Store.

Mengunakan smartphone seperti biasa aja sering macet. Gara-gara sistem android tidak bisa menyimpan data sehingga tidak berjalan secara normal. Apalagi jika memori internal kamu di bawah 16GB, mungkin akan sering mengalami ini.

Menjadi masalah ketika kita hendak menambah aplikasi, foto, video, dan file lainnya. Serta memperlambat kinerja ponsel. Beberapa orang menyiasati hal ini dengan memasang memori tambahan dalam bentuk MicroSD. Sedangkan beberapa orang lainnya menghapus file atau aplikasi yang tidak penting satu persatu.

Namun tahukah kamu bahwa untuk membersihkan baik memori atau MicroSD agar ponsel Android tidak lambat ada beberapa cara lain, di antaranya:

Hapus Aplikasi Yang Jarang Kamu Gunakan

Untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menggunakan ruang, kamu buka Pengaturan dan pergi ke Penyimpanan lalu touch Aplikasi. Pada bagian itu akan terlihat daftar aplikasi yang diurutkan berdasarkan ukuran. Aplikasi terbesar akan berada di bagian atas daftar.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan, kamu bisa mulai ketuk aplikasi dan lalu ketuk ikon titik tiga di sebelah nama aplikasi. Ketuk uninstall untuk menyingkirkan aplikasi.

Namun, untuk beberapa aplikasi bawaan (bloatware), sulit dihilangkan dengan cara biasa. Pilihan untuk menghapus aplikasi tidak akan tersedia dari fitur Setting atau Pengaturan. Jadi biarkan saja aplikasi bawaan pada HPmu, atau kamu bisa menonaktifkannya.

Cara menonaktifkan aplikasi bawaan, bisa kamu ketuk aplikasi (Google Music) lalu pilih button “Nonaktif”

Baca juga : 5 Kebiasaan Yang Bikin HP Cepat Rusak, Sepele Tapi Fatal

Mengganti Tempat Penyimpanan Aplikasi Ke Micro SD (Kartu Memori Eksternal)

Beberapa ponsel Android memungkinkan kita untuk menambahkan kartu microSD untuk penyimpanan data ekstra. Dengan MicroSD juga menambah kapasitas memori untuk menyimpan data menjadi lebih besar.

Selain itu, sejumlah aplikasi di Android dapat mendukung perubahan penyimpanan dari memori internal ke MicroSD. Ini menjadi hal yang perlu dimanfaatkan agar memori internal tidak penuh.

Untuk melakukan itu, kamu buka Pengaturan, buka menu Aplikasi, ketuk Manajer aplikasi dan ketuk aplikasi yang ingin pindahkan. Jika aplikasi dapat dipindahkan, akan muncul tombol bertuliskan Pindahkan ke kartu SD, lalu ketuk tombol tersebut untuk memindahkan aplikasi ke kartu microSD.

Menghapus File Yang Telah Diunduh/download

Setiap ponsel Android memiliki folder unduhan yakni tempat semua yang diunduh, seperti foto, video, dokumen, hingga file lainnya disimpan. Terkadang sebagian besar file di folder unduhan bukan file yang secara khusus ingin dilihat dan membuat memori menjadi penuh secara tidak sadar.

Banyaknya unduhan yang tidak diperlukan menjadi salah satu faktor ruang penyimpanan menjadi penuh. Sehingga, hapus file unduhan adalah cara untuk membebaskan ruang penyimpanan. Mungkin kamu sedikit tidak sadar, unduhan di HP yang kamu gunakan saat ini beragam ukuran besarannya. Mulai dari per kilobyte, megabyte hingga gigabyte.

Cara menghapus file unggahan adalah dengan membuka folde unggahan yang disebut My File di ruang aplikasi anda. Setelah itu, ketuk dan tahan untuk memilih lalu ketuk ikon sampah. Setelah itu pillih ketuk tombol hapus atau singkirkan.

Baca juga : Begini Cara Charger HP Dengan Benar Dan Perhitungannya

Hapus Cache

Cache yaitu data yang disimpan di memori internal. Cache sangat penting karena bisa berguna untuk mempercepat kinerja system Android dan mencatat semua kegiatan yang telah kita lakukan.

Namun, cache akan terus menumpuk seiring dengan jumlah aplikasi yang kamu miliki. Maka dari itu kapasitas memori pada aplikasi juga akan semakin tinggi karena data cache yang ikut tersimpan.

Untuk menghapus data yang di-cache dari satu aplikasi, kamu ketuk Pengaturan, selanjutnya ketuk Aplikasi, ketuk Manajer Aplikasi dan ketuk aplikasi yang ingin dihapus. Pada aplikasi, ketuk menu Aplikasi, ketuk Penyimpanan, lalu ketuk Hapus Chace untuk menghapus cache aplikasi.

Pentignya merawat untuk HP yang kamu gunakan, selain bisa memperpanjang umur HP kamu dan tidak menghambat ketika kamu gunakan HPmu untuk aktifitas yang memakan memori cukup banyak selain itu siapa tau HPmu bisa dijual lagi jika kamu butuh uang. hehehe

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.