Hinet Internet Cepat 4G LTE
Cara Mengetahui Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya

Cara Mengetahui Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya

Cara Mengetahui Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya – Layaknya manusia, smartphone juga bisa terjangkit virus berbahaya. Virus-virus Android yang sudah pasti kalian kenali diantaranya spyware, adware, dan malware. Dari ketiganya, sama-sama merugikan dan dapat memperburuk kondisi Android. Apalagi malware, virus ini memang dirancang untuk merusak berbagai sistem yang ada di dalam Android. Jika Android sudah dimasuki oleh virus malware, maka kamu harus segera memusnahkannya.

Akan tetapi, bagaimana cara mendeteksi virus Android? Tenang Hinet Lovers, kali ini Hinet akan membagikan cara mengetahui virus Android. Dengan begitu, kamu bisa mengenal ciri-ciri kondisi smartphone bila sedang terjangkit virus malware.

1. Baterai Drop

Cara Mengetahui Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya - Baterai Drop

Umumnya, baterai Android akan terkuras apabila si pengguna terlalu lama menggunakan Android. Mulai dari bermain sosmed, internetan, atau bermain game. Namun, jika kondisi baterai lebih cepat habis padahal si pengguna hanya gunakan untuk sebatas chating saja, maka sudah pasti ada virus malware yang bersarang di dalam Android.

Baca Juga: Kenali Jenis Virus Paling Mengerikan Pada Smartphone dan Bahayanya

2. Muncul Iklan Pop-Up

Cara Mengetahui Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya - Iklan Pop Up

Wajarnya, iklan pop akan muncul apabila kamu sedang mengakses internet saja. Tetapi, jika iklan pop up terus muncul tetapi kamu sedang tidak mengakses internet, maka sudah pasti itu ulah virus yang dinamakan adware.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Kenali Tanda Smartphone Kamu Terkena Virus

3. Smartphone Menjadi Lemot

Cara Mengetahui Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya - Smartphone menjadi lemot

Salah satu tanda Android terkena virus yaitu bisa juga kamu perhatikan dari segi performanya. Mungkin, jika kondisi smartphone menjadi lemot karena sedang mengakses banyak aplikasi, atau menjalankan aplikasi yang memang berat itu sah-sah saja. Namun ketika dirimu sedang tidak membuka aplikasi apapun, hanya sebatas membuka homescreen tetapi sudah lemot, itu bisa jadi karena ulah virus.

Baca Juga: Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Pengguna Android

4. Booting Menjadi Agak Lama

Cara Mengetahui Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya - Bootloop

Ketika smartphone di-reboot sudah pasti tidak memerlukan waktu yang lama. Sebagai pengguna, kamu pasti sudah paham berapa lama durasi ketika Androidmu sedang di reboot. Apabila waktu reboot Android agak lebih lama dari biasanya, maka itu salah satu tanda Android terkena virus.

Baca Juga: Paket Internet Rumah, Home Sweet Home

5. Menggunakan Aplikasi Antivirus

Cara Mengetahui Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya - anti virus

Cara mendeteksi virus Android yaitu dengan mengunduh aplikasi Antivirus. Dengan memiliki aplikasi Antivirus, sudah pasti smartphone menjadi lebih aman. Kamu bisa melakukan scanning secara rutin untuk mendeteksi, apakah pada smartphone yang kamu miliki terdapat virus atau tidak. Apabila kamu menemui virus, bisa langsung di hapuskan dengan melalui aplikasi Antivirus tersebut.

Ya, begitulah caranya mengetahui atau mendeteksi virus berbahaya di dalam Android. Jadi kamu sudah paham ya, Hinet Lovers. Satu lagi, jika kamu masih mencari-cari paket internet murah yang aman, pilih saja HINET. Di Hinet kamu bisa mendapatkan paket internet murah 4G LTE dengan harga 35.000/Bulan loh!

Temukan kuota internet lokal 4G LTE dan paket internet murah dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.