Hinet Internet Cepat 4G LTE
Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android – Aplikasi bawaan Android merupakan aplikasi yang sudah tertanam dan memiliki peranan khusus. Maka dari itu, pengguna Android tidak boleh asal sembarang menguninstalnya, karena ada juga aplikasi bawaan Android yang tidak boleh dihapus.

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Umumnya di setiap merk smartphone menyematkan aplikasi bawaan yang berbeda-beda. Sebut saja aplikasi berita, game, dan sebagainya. Tentu hal ini akan sangat mengganggu, lebih tepatnya dalam hal ruang penyimpanan (memori). Selain itu, dengan semakin banyaknya aplikasi bawaan yang tidak diinginkan juga akan berdampak pada ruang RAM-nya yang akan semakin menyempit. Aplikasi-aplikasi seperti itulah yang boleh dihapus.

Baca Juga: Rekomendasi Anti Virus Terbaik Untuk Pengguna Android

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Sebetulnya aplikasi bawaan Android tidak bisa dihapus begitu saja secara mudah. Pengguna Android hanya dapat menonaktifkannya saja. Kendati demikian, nyatanya ada 2 cara menghapus aplikasi bawaan Android yang dapat Hinet Lovers lakukan. Berikut akan Hinet Lovers berikan informasi lengkap cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root:

  1. Buka menu Settings/Pengaturan
  2. Pilih menu Apps/Applicatons/Aplikasi, kemudian kamu akan dihadapkan dengan jajaran aplikasi yang terpasang pada smartphone
  3. Klik aplikasi yang ingin dinonaktifkan atau hapus. Dengan catatan tambahan, umumnya aplikasi bawaan Android hanya akan terdapat 2 pilihan saja, yakni antara “Disable” dan “Force Stop”
  4. Klik yang “Disable” untuk menghapus aplikasi itu. Akan tetapi, jika aplikasi tersebut tidak terhapus, maka cobalah untuk klik yang “Force Stop” terlebih dahulu. Dikarenakan kemungkinan besar aplikasi itu masih beroperasi di background smartphone
  5. Jika sudah klik “Force Stop”, kemudian klik lagi “Disable” dan lanjutkan dengan klik “OK”

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

Catatan Tambahan:

Terkadang aplikasi yang terhapus akan kembali muncul ketika smartphone-mu terhubung dengan Wi-Fi. Hal ini dikarenakan ada fitur update otomatis yang memungkinkan aplikasi yang telah dihapus tersebut beroperasi lagi seperti semula. Maka dari itu sangat disarankan juga untuk “mematikan fitur update otomatis aplikasi pada Google Play Store”.

Begitulah cara menghapus aplikasi bawaan Android yang bisa kamu coba. Apakah kamu juga memiliki cara lainnya? Silahkan berbagi di kolom komentar ya!

Sebelum menutup informasi ini tidak lupa juga Hinet menawarkan paket internet spesial untukmu, yaitu Paket Internet Unlimited yang bisa kamu dapat mulai dengan harga Rp 35.000! Kapan lagi kan bisa internetan sepuasnya dengan harga pas didompet? Buruan aktifkan Hinet sekarang juga!

Dapatkan paket internet murah lainnya dari Hinet di sini >>> Kuota Internet Murah 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.