Hinet Internet Cepat 4G LTE

Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Aplikasi!

Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Aplikasi! – Smartphone pada masa kini berlomba-lomba untuk memberikan kapasitas baterai paling banyak dan awet digunakan seharian penuh sehingga para penggunanya cukup mengisi daya baterai satu kali saja dalam sehari. Smartphone yang memiliki kapasitas baterai banyak tersebut dibanderol dengan harga yang beragam, mulai dari terjangkau hingga super mahal.

Selain dikerenakan kapasitas baterai yang tidak terlalu besar, salah satu penyebab baterai smartphonemu menjadi super boros dapat diakibatkan juga dari aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan setiap saat.

Baca Juga: Ternyata Lima Aplikasi Ini Yang Bikin Baterai Androidmu Boros

Buat kamu yang ingin menghemat baterai smartphone tanpa aplikasi, sebaiknya lakukan 5 cara dibawah ini agar baterai smartphonemu tetap awet seharian.

1. Gunakan Dark Theme

Bukan rahasia lagi bahwa layar smartphone nyatanya mengonsumsi paling banyak daya baterai, terutama jika kamu mengatur tingkat kecerahannya cukup tinggi. Apalagi aplikasi-aplikasi yang terinstall di smartphonemu memiliki desain dengan warna primer, yang juga akan menguras daya baterai. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan dark theme untuk menghemat baterai smartphonemu, terutama jika layar smartphonemu AMOLED. Dark theme akan mengkonsumsi lebih sedikit baterai dan meningkatkan masa pakai smartphonemu. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan dark theme.

  • Bukalah menu Pengaturan atau Setting pada smartphonemu
  • Pilih menu Display atau Tampilan
  • Langsung saja, aktifkan Dark Mode atau Dark Theme
  • Jika pilihan Dark Mode atau Dark Theme tidak dapat ditemukan, cari menu Advanced dan pilihlah Device Theme. Selanjutnya, klik menu Dark

2. Matikan Fitur Ambient Display

Apakah layar smartphonemu menyala saat kamu mengangkatnya? Fitur ini dikenal sebagai “Ambient Display”, yang menyalakan tampilan saat mendeteksi adanya gerakan. Ambient Display pertama kali hadir pada sistem operasi Android Lollipop dan memungkinkan penggunannya untuk membaca notifikasi dari layar yang terkunci. Namun, fitur ini menghabiskan baterai smartphonemu juga karena fungsinya yang selalu aktif dan dapat menampilkan notifikasi sepanjang waktu. Untuk mematikan fitur Ambient Display, kamu dapat melakukannya dengan cara berikut.

  • Buka Setting atau Pengaturan pada smartphonemu
  • Klik menu Display, lalu pilih Advanced
  • Carilah Ambient Display, selnajutnya matikan atau turn off Always On

3. Matikan WiFi Otomatis

Jika kamu sedang berpergian dan tidak terlalu membutuhkan WiFi, sebaiknya matikan saja fitur WiFi ini, ya. Walaupun kamu tidak menggunakannya, smartphone akan terus mencari jaringan internet terdekat sehingga kamu bisa langsung terkoneksi dengan internet. Sayangnya, hal ini akan menghabiskan daya baterai juga. Itulah mengapa kamu lebih baik untuk mematikan fitur WiFI jika tidak dibutuhkan. Dengan begitu, kamu akan menambah masa pakai baterai smartphonemu agar awet seharian.

Baca Juga: Cepat Lowbatt? Gunakan 7 Aplikasi Penghemat Baterai Smartphone Ini

4. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Aplikasi versi lite lebih populer untuk digunakan oleh smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit. Namun, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lite ini untuk lebih menghemat baterai smartphonemu! Aplikasi lite dirancang lebih sederhana dan ringan namun tetap dilengkapi dengan fitur-fitur penting seperti versi aslinya. Beberapa aplikasi yang sudah tersedia versi litenya adalah Facebook, Facebook Messenger, Twitter, Shazam, dan lainnya. Misalnya, Facebook menggunakan hampir 150MB – 300MB RAM, namun versi litenya hanya membutuhkan 50MB – 150MB saja. Sambil berenang minum air, kamu jadi bisa menghemat memori dan baterai sekaligus!

5. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah tidak menggunakan live wallpaper. Walaupun live wallpaper terlihat lucu dan menarik, wallpaper jenis ini lebih banyak mengkonsumsi daya baterai dibanding dengan wallpaper biasa atau statis. Terlebih jika live wallpaper yang kamu pasang ternyata membutuhkan penggunaan sensor atau menampilkan update cuaca secara real-time sehingga dipastikan keduanya akan menggunakan baterai juga kuota internet.

Demikian 5 cara menghemat baterai smartphone tanpa aplikasi tambahan. Yuk, langsung dicoba supaya baterai smartphonemu bisa lebih awet dipakai seharian!

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G!

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.