Hinet Internet Cepat 4G LTE
Cara Merespon Kritik Orang Lain Dengan Baik

Cara Merespon Kritik Orang Lain Dengan Baik

Cara Merespon Kritik Orang Lain Dengan Baik – Dalam hidup ini memang tidak ada yang namanya sempurna. Kamu pastinya pernah melakukan kesalahan ataupun memiliki tingkah laku yang tidak bisa diterima oleh orang lain. Nah, biasanya jika ada orang lain yang tidak menyukai apapun itu mengenai dirimu ataupun kesalahan yang kamu buat, mereka akan memberikan kritik kepadamu. Terkadang, mungkin kamu merasa kesal atau baper ketika menerima kritik dari orang lain. Padahal kritik itu sangat membantu kamu agar lebih berkembang dan menjadi bahan introspeksi diri supaya jadi lebih baik. Ada beberapa cara menerima kritik yang harus kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap ketika menerima kritik berikut inilah yang wajib kamu munculkan dan biasakan.

1. Mengatur Emosi

Cara Merespon Kritik Orang Lain Dengan Baik - Mengatur Emosi

Sikap ini sangat sulit sekali untuk dikendalikan. Biasanya orang-orang yang dikritik akan mudah terpancing oleh emosi, karena sulit untuk menerimanya. Nah, ada baiknya kamu mencoba untuk sabar dan menelaah apa maksud dari kritikannya tersebut. Dengan begitu kamu akan mengetahui apa maksud mereka. Kritik tidak selamanya negatif kok, ada juga kritik yang membangun. Jadi biasakan untuk mengatur emosi dulu ya. Karena jika dibawa emosi, yang ada masalahmu akan bertambah.

Baca Juga: Resolusi Tahun Ini Belum Tercapai Juga? Hal Inilah yang Menjadi Penghalang Kamu

2. Dengarkanlah!

Cara Merespon Kritik Orang Lain Dengan Baik - Dengarkanlah!

Jadilah pendengar yang baik ketika seseorang berusaha menyampaikan inti dari permasalahan yang kamu punya. Sekaligus, agar kamu tahu letak kesalahan yang mengganggu mereka. Jangan sesekali kamu membantah, mendebat, menyela ataupun menolak kritikan mereka. Karena yang dapat menilai hanyalah mereka, bukan dirimu sendiri. Jadi jangan terlalu berusaha membela diri dan mengeluh seakan-akan kamu tidak memiliki kesalahan. Nanti yang ada mereka akan menjauhi kamu karena memiliki sifat yang egois.

Baca Juga: Panduan Menjadi Orang yang Lebih Mandiri, Bisa Dimulai Hari Ini

3. Positive Thinking

Cara Merespon Kritik Orang Lain Dengan Baik - Positive Thinking

Biar bagaimanapun, kamu harus tetap bisa mengambil sisi positif dari orang-orang yang menghujani kritik. Kamu juga harus beranggapan bahwa niat mereka itu sebenarnya baik, karena mereka yang mengkritik itu biasanya peduli sama kamu dan ingin kamu memperbaiki kesalahan yang . Meskipun terkadang ada yang cara penyampaiannya yang “nyelekit” atau kadang menusuk. Jadi, jangan hanya mengambil sisi negatifnya saja.

Baca Juga: Setelah Baca Manfaat Ini Kamu akan Suka Menulis dengan Tangan

4. Menanyakan Solusi Dari Mereka

Cara Merespon Kritik Orang Lain Dengan Baik - Menanyakan Solusi Dari Mereka

Daripada mendebat, lebih baik kamu bertanya kepada mereka solusinya bagaimana atau sebaiknya kamu harus bagaimana. Selain itu, jika kamu merasa kurang jelas terhadap kritikan yang diberi, dirimu juga harus bertanya bagaimana kejelasannya. Hal ini akan membuktikan ke mereka bahwa kamu peduli dan menghargai pendapat mereka.

Baca Juga: Lebih Puas Internetan Pake Hinet Unlimited

5. Ucapkanlah Maaf dan Terima Kasih

Cara Merespon Kritik Orang Lain Dengan Baik - Ucapkanlah Maaf dan Terima Kasih

Terakhir, jangan lupa untuk mengucapkan maaf kepada orang yang merasa telah kamu rugikan. Jika kritikan tersebut telah menyadarkanmu dan kamu benar-benar bersalah, maka haruslah dirimu meminta maaf dan mengakui kesalahanmu, jangan gengsi. Tidak lupa, kamu juga harus mengucapkan terima kasih. Karena mereka sudah mau jujur dan meluangkan waktunya untuk mengingatkanmu untuk memperbaiki kesalahan.

Kritikan itu ada untuk memperbaiki diri, jadi berusahalah untuk menerima segala kritikan dari orang lain ya Hinet Lovers. Tetaplah bersikap rendah hati kepada orang lain dan jangan sampai menambah masalah. Tidak lupa Hinet mengingatkan kamu untuk mengaktifkan MiFi Economy Plus yang dapat mengatasi masalah internetan yang lemot. Dapatkan juga paket internet cepat dan hemat di sini >>> Hinet Internet Cepat 4G LTE

Leave a Reply

* Your email address will not be published.