Hinet Internet Cepat 4G LTE
Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress – Hinet Lovers, apakah ada di antara kalian yang berprofesi sebagai blogger? Menjadi seorang blogger, tentu aktivitasnya tidak pernah lepas dari website. Umumnya, untuk menuangkan tulisan hasil dari buah pemikiran dan hasil dari risetnya, para blogger memilih WordPress sebagai wadahnya. Ya, selain tampilannya yang ramah untuk dipandang, WordPress juga sangat mudah untuk digunakan.

Akan tetapi, dibalik kemudahan dan tampilannya yang sederhana, kamu harus tetap berhati-hati dan berwaspada ketika menggunakannya. Di zaman yang sudah semakin maju teknologinya ini, resiko diretasnya website yang kamu miliki akan semakin besar. Bisa jadi, website kamu juga akan didatangi oleh virus malware yang berbahaya.

Kenapa bisa begitu? Mengingat WordPress merupakan platform yang populer karena jumlah penggunanya sangat tinggi. Sehingga tidak menutup kemungkinan juga akan ada oknum-oknum yang ingin berbuat kejahatan. Bahkan mereka bisa menginfeksi website dengan virus melalui hosting, plugin yang tidak diupdate, dan menerobos masuk website karena tingkat keamanan password rendah.

Agar WordPress menjadi lebih aman, kamu harus pintar-pintar memilih plugin untuk keamanan wordpress dan juga terus update dengan sistem keamanan wordpress. Kamu mau tahu lebih lanjut bagaimana mengatur sistem keamanan wordpress dengan benar? Yuk langsung saja kita simak bersama-sama di bawah sini.

1. WordPress Selalu Up To Date

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Mengapa Hinet Lovers diwajibkan untuk selalu update dengan WordPress yang terbaru? Karena dengan update WordPress versi baru, maka celah masuknya ‘bug system’ akan terminimalisir. Apabila kamu tidak update ke versi terbaru, resiko masuknya ‘bug system’ akan sangat besar. Kamu bisa update WordPress terbaru melalui halaman dashboard.

Baca Juga: Cara Jitu Meningkatkan Traffic Website

2. Hapus Plugin yang Tidak Terpakai

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Apabila di WordPress terdapat banyak plugin yang tidak diperlukan lagi, maka kamu harus menghapusnya, jangan hanya sekedar menonaktifkannya. Alasannya, plugin yang jarang digunakan dapat dimanfaatkan para hacker untuk meretas website. Selain itu, dengan dihapusnya plugin yang tidak dipakai, maka kinerja WordPress akan jauh lebih cepat.

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Website

3. Pilih Plugin Keamanan

All In One WP Security & Firewall

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Plugin security WordPress pertama yang Hinet rekomendasikan adalah All In One WP Security & Firewall. Bisa dibilang, plugin keamanan ini cukup populer dikalangan pengguna WordPress dan sudah di install sebanyak 700 ribu kali.

Hal spesial dari plugin untuk keamanan WordPress yang satu ini, yaitu 100% penggunaannya gratis. Berbeda dengan plugin yang lain, All In One WP Security & Firewall tidak menghadirkan versi PRO-nya.

Meskipun plugin untuk keamanan WordPress ini gratis, kamu tetap bisa merasakan fitur-fitur andalan dari All In One WP Security & Firewall berikut ini:

  • Adanya fitur ‘Login Lockdown’ untuk melindungi WordPress dari ‘Brute Force Login Attack’
  • Tersedianya fitur ‘User Account Security’ yang mampu mendeteksi nama admin default dan menggantinya berdasarkan permintaan dari pengguna
  • Adanya sistem keamanan file
  • Database Security
  • Sistem keamanan komentar SPAM

Acunetix WP Security

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Plugin keamanan untuk WordPress kedua yang Hinet rekomendasikan adalah Acunetix WP Security. Plugin security yang satu ini menjanjikan pengamanan WordPress kamu selama seharian penuh tanpa henti. Bahkan, Acunetix WP Security akan menginformasikan hal-hal apa saja yang harus Hinet Lovers kembangkan di dalam akun WordPress-nya.

WP Antivirus Site Protection

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Plugin untuk keamanan WordPress yang tidak kalah kualitasnya dengan yang lain adalah WP Antivirus Site Protection. Hadir dengan tampilan interface yang ciamik, WP Antivirus Site Protection ini mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya update otomatis pada database antivirus dan menginformasikan pengguna bila di halaman admin terdeteksi virus berbahaya yang menyerang.

Wordfence

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Plugin security yang tidak kalah larisnya adalah Wordfence Security. Wordfence sudah menjadi plugin terpercaya bagi pengguna WordPress. Buktinya Wordfence Security sudah diunduh lebih dari 2 juta kali.

Apabila kamu menggunakan Wordfence Security versi gratisnya, maka Hinet Lovers akan mendapatkan fitur firewall, theme, blokir beragam ancaman keamanan, monitoring, dan bisa menambahkan pilihan log in yang lebih kuat.

Key Two Factor Authentication

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Satu lagi plugin untuk keamanan WordPress yang bisa Hinet Lovers jadikan pilihan, yaitu Key Two Factor Authentification. Apabila kamu ingin memperketat pengamanan WordPress, plugin ini bisa kamu pilih sebagai solusinya. Dengan Key Two Factor Authentification, kamu bisa memberikan “2 Factor Authentification” ketika ingin login ke halaman admin WordPress. Dengan begitu, pengamanan website kamu menjadi double.

Baca Juga: Bikin Websitemu Semakin Berkualitas Dengan Situs Penyedia Gambar GRATIS Ini

4. Aktifkan Firewall

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Mengaktifkan firewall juga merupakan salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Dengan diaktifkannya firewall, maka keamanan pada jaringan kamu akan meningkat. Pasalnya, firewall bertugas untuk menyaring jalur yang aman untuk dilewati oleh jaringan. Firewall juga berguna sebagai penjaga jalur, agar informasi-informasi berharga tidak bisa dicuri atau juga bisa mencegah masuknya malware ke dalam jaringan.

Bagaimana cara kerjanya?

Nantinya Firewall akan melakukan pemeriksaan melalui alamat Protokol, Port, IP, hingga header. Kamu bisa mengeceknya melalui ‘technical support’ penyedia layanan hosting kamu. Jadi, pastikan kamu sudah mengaktifkan setting firewall di server.

Baca Juga: Paket Economy Plus FREE Mifi dan KUOTA 90GB*

5. Lakukan Backup Rutin

Cara Terbaik Untuk Memberikan Keamanan Buat WordPress

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan agar sistem keamanan WordPress menjadi lebih baik ialah dengan melakukan backup rutin. Dengan membackup data secara rutin, maka resiko hilangnya data akan semakin minim. Langkah ini bisa kamu jadikan sebagai bentuk antisipasi dari hal-hal yang tidak Hinet Lovers prediksi sebelumnya. Sehingga, bila sewaktu-waktu website kamu mengalami kendala, maka kamu dapat melakukan restore data melalui file yang sudah dicadangkan ini.

Ya, demikianlah informasi beberapa cara terbaik untuk memberikan keamanan untuk website WordPress. Apabila Hinet Lovers aktif menggunakan WordPress, ikutilah cara-cara di atas agar website yang kamu miliki menjadi lebih aman.

Penutup

Sebelum menutup informasi ini, Hinet mau bertanya dulu nih sama kamu. Apakah kamu mau mendapatkan paket internet rumah murah dan cepat? Tapi masih bingung memilih mana paket internet rumah 2019 terbaik? Tidak usah khawatir, Hinet memiliki rekomendasi paket internet rumahan terbaik yang bisa kamu pilih!

Bagi Hinet Lovers yang ingin mendapatkan akses yang lebih banyak untuk internetan di rumah, kalian bisa menggunakan Home Router Hinet.

Home Router

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memakai Home Router Hinet loh, salah satunya bisa digunakan sampai dengan 32 pengguna dan kuota yang lebih banyak. Apalagi kalau sudah didukung dengan paket internet rumahan terbaik, pasti akan jauh lebih seru internetannya.

Jika Hinet Lovers memilih Home Router Hinet sebagai penunjang aktivitas internet, maka sudah pasti kalian harus memilih paket internet rumah 2019 termurah dari Hinet, yaitu HOME SWEET HOME.

home sweet home

Dengan mengaktifkan paket internet rumah murah dan cepat ini, kamu akan mendapatkan kuota utama sebesar 300GB dengan masa aktif 60 hari.

Bagaimana Hinet Lovers? Apakah kamu berminat untuk memilih Home Router Hinet sebagai pendukung aktivitas internetanmu di rumah? Kalau iya, kamu bisa mendapatkan Home Router + paket internet rumahan, Home Sweet Home di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.