Cara Uninstal Chromium Di PC Sampai Bersih

Cara Uninstal Chromium Di PC Sampai Bersih

Cara Uninstal Chromium Di PC Sampai Bersih – Menghapus Chromium di PC atau uninstal chromium begitu praktis dan cepat. Pada dasarnya adalah peramban sumber terbuka yang digunakan Google untuk membuat peramban terpopulernya-Chrome.

Sayangnya, karena sifatnya yang open source, banyak orang yang tidak bertanggung jawab membuat browser dengan nama dan tampilan yang mirip, namun mengandung malware atau virus. Oleh karena itu, yang terbaik adalah tidak segera memasang atau uninstal Chromium di PC atau laptop, tetapi ambil risiko, bukan risiko. Berikut beberapa metode dan teknik unstall Chromium maupun mencegahnya.

Tampilkan Hidden Folder Chromium

Jika Chromium di PC Anda adalah Chromium asli atau tidak penuh dengan malware, Chromium tidak akan muncul di “Program dan Fitur” atau “Aplikasi dan Fitur”. Oleh karena itu, untuk menghapusnya, Anda perlu menampilkan folder Chromium sendiri.

Caranya bukan File Explorer, tapi pilih tab “View”. Di ujung kanan, pilih “Options”, lalu pilih tab “View” lagi. Jika demikian, pilih “Tampilkan file, folder, dan drive tersembunyi” di bawah “File dan folder tersembunyi” di bagian “Pengaturan lanjutan”. Kemudian klik “Terapkan”, lalu klik “OK” untuk keluar dari “Opsi Folder”.

Baca juga : Penyebab Dan Tips Lemot Saat Ngecas HP

Hapus Folder Chromium Secara Manual

Setelah menampilkan folder Chromium, langkah terakhir sekarang adalah menghapusnya. Pertama buka File Explorer, lalu pilih drive C: (biasanya disebut “disk lokal” atau Windows). Kemudian, klik “Pengguna” dan pilih folder dengan nama PC Anda.

Jika demikian, akan ada folder dengan ikon kabur “AppData”. Klik salah satu folder dan pilih folder “lokal”. Di dalamnya ada folder Chromium, klik kanan folder tersebut dan pilih “Hapus”. Anda juga bisa langsung menghapusnya dengan menekan langsung tombol delete di keyboard.

Hapus Menggunakan Menu Apps & Features

Umumnya, Chromium dengan malware dapat dihapus tidak hanya melalui folder, tetapi juga melalui Aplikasi & Fitur. Dibandingkan dengan metode sebelumnya, ini adalah metode yang lebih mudah dan sederhana. Langkah pertama adalah membuka File Explorer dan klik “This PC”. Klik tab “Komputer” di bagian atas dan pilih “Hapus instalasi atau ubah program.

” Jendela “Aplikasi dan Fitur” akan terbuka, lalu gulir ke bawah hingga Anda menemukan Chromium. Jika demikian, klik Chromium dan pilih “Copot pemasangan”. Jika jendela kecil muncul bertuliskan “Copot Pemasangan Chromium”, cukup pilih “Copot Pemasangan”. Tunggu beberapa detik dan Chromium akan dihapus secara otomatis.

Baca juga : Tips Akurat Memilih Kartu Memori HP

Menghentikan Chromium Di Task Manager

Jika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah di atas tetapi folder Chromium tidak dapat dihapus, mungkin Chromium berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membuka Task Manager dengan cara klik kanan pada taskbar dan memilih “Task Manager”.

Jika demikian, klik tab “Proses” dan pilih untuk menjalankan aplikasi bernama Chromium. Klik kanan dan pilih “End Task” untuk menutupnya. Jika sudah selesai, coba hapus folder Chromium lagi atau uninstal di “Apps and Features”.

Cara Mencegah Terinstal Chromium

Tidak ada cara terbaik selain mencegah Chromium dipasang secara tiba-tiba di PC Anda. Chromium biasanya hanya dipasang dengan persetujuan. Sekarang, dalam hal ini, Chromium biasanya menyelinap ke aplikasi bajakan atau tidak dikenal, yang juga menyediakan kemampuan untuk memasang Chromium.

Untuk menghindari hal ini, yang terbaik adalah selalu memperhatikan proses penginstalan aplikasi atau perangkat lunak yang sedang berlangsung. Namun, sebaiknya hindari aplikasi bajakan yang sering “ditunggangi” oleh malware atau virus yang menyamar sebagai aplikasi lain.

Itulah komentar tentang cara menghilangkan chromium, dan tips menghindari chromium. Selain melakukan langkah-langkah atau pencegahan di atas, jangan lupa untuk selalu mengaktifkan perangkat lunak antivirus Anda dan melakukan pemindaian virus secara teratur.

Sebagai penutup informasi ini, Hinet ingin merekomendasikan kamu untuk menggunakan jaringan internet yang cepat dan murah, yaitu menggunakan Mifi StartUp Super Xtreme Ultra 4G !

Mengapa perlu Mifi Super Xtreme Ultra dari Hinet ini? Karena kamu akan mendapatkan benefit, kuota, dan juga bonus yang melimpah ruah. Tak perlu khawatir internet putus-putus kalau kamu menggunakan Mifi Hinet ini!

Selain itu, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi Hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui Blibli CEK DISINI

 

Leave a Reply

* Your email address will not be published.