Hinet Internet Cepat 4G LTE

Waspada! Berikut Ciri Lowongan Kerja Online Palsu

Waspada! Berikut Ciri Lowongan Kerja Online Palsu – Bagi Hinet Lovers yang baru saja lulus dari dunia perkuliahan, maka langkah yang harus kalian tempuh selanjutnya adalah mencari sebuah pekerjaan. Menemukan pekerjaan saat ini sama seperti mencari jarum ditumpukan jerami, dalam artian sangatlah sulit. Apalagi, sekarang ini juga banyak oknum-oknum jahat yang memalsukan lowongan pekerjaan. Sehingga, kamu dituntut harus ekstra hati-hati dan memahami cara membedakan lowongan kerja palsu, serta mengenal ciri-ciri lowongan kerja palsu.

Umumnya, untuk menemukan lowongan pekerjaan setiap orang pasti mencarinya melalui portal kerja online. Sudah bukan zamannya lagi mencari suatu lowongan di koran. Pasti Hinet Lovers mencarinya di sebuah website terpercaya yang menyajikan informasi lowongan kerja.

Akan tetapi, kamu juga harus tetap waspada. Walaupun portal lowongan kerja online sudah terpercaya, namun masih ada saja lowongan-lowongan pekerjaan yang jauh dari kata asli. Tidak hanya di portal lowongan kerja saja, di sosial media sekelas Facebook dan Instagram pun juga tak jarang dimanfaatkan sebagai media penyebar lowongan kerja palsu.

Nah, supaya kamu tidak menjadi korban penipuan akibat lowongan kerja palsu, pada kesempatan ini Hinet akan membagikan cara membedakan lowongan kerja palsu sekaligus menjelaskan ciri-ciri lowongan kerja palsu untukmu. Silahkan disimak baik-baik ya!

1. Nama Perusahaan yang Tidak Tercantum di Google

Waspada! Berikut Ciri Lowongan Kerja Online Palsu - ciri ciri lowongan kerja palsu

Platform Google bisa Hinet Lovers manfaatkan sebagai ‘alat’ untuk pembuktian, apakah benar lowongan itu ada atau tidak. Apabila kamu menemui iklan lowongan di portal kerja online atau di sosial media, maka langkah selanjutnya ialah memastikan nyata atau palsunya di Google. Kamu hanya perlu googling saja dan ketik kata kunci lowongan dan nama perusahaan yang sudah dilihat sebelumnya.

Apabila nama perusahaan dan lowongan tersebut betul-betul tercantum di sana, maka sudah pasti iklan atau pemberitahuan lowangan yang kamu lihat itu asli. Namun, jika nama perusahaan dan lowongan tidak tercantum di sana, sudah pasti lowongan itu palsu. Alasannya, sudah menjadi suatu hal yang umum nama perusahaan dan lowongan juga tercantum di platform Google.

Baca Juga: Film-Film Tentang Dunia Kerja Ini Dapat Memotivasi Kamu Untuk Berkarir

2. Bukan Menggunakan Email Perusahaan

Waspada! Berikut Ciri Lowongan Kerja Online Palsu

Sebuah email juga bisa kamu jadikan sebagai penanda apakah lowongan tersebut asli atau tidaknya loh. Begini, normalnya seorang HRD atau recruiter sebuah perusahaan resmi akan memiliki domain email yang berbeda dan tidak memanfaatkan domain gratisan. Nah, domain gratisan itu seperti @gmail, @yahoo, @ymail, @hotmail, dan sebagainya.

Apabila lowongan itu asli maka domain email tersebut akan seperti ini, misal nama rekruternya Mawar, maka tulisannya akan seperti “mawar@namaperusahaan.co.id” atau “mawar@namaperusahaan.com” dan bisa juga “namaperusahaan@.com”. Masih banyak para pencari kerja yang tertipu karena tidak terlalu fokus dengan alamat emailnya, sehingga menjadi terkecoh. Jadi alamat email perusahaan yang asli pasti tidak pernah sekalipun memanfaatkan domain gratis.

Baca Juga: Paket Internet Unlimited Murah Tapi Engga Murahan

3. Mengundang Interview Lewat SMS atau Sosmed

Waspada! Berikut Ciri Lowongan Kerja Online Palsu

Apakah Hinet Lovers pernah mendapatkan pesan / SMS yang berbunyi penerimaan kerja tanpa harus tes dan langsung wawancara? Nah, kalau pernah, coba kamu ingat-ingat dulu. Apakah dirimu pernah melamar pekerjaan di perusahaan itu?

Apalagi perusahaan tersebut mengabari kamu untuk langsung wawancara. Wajarnya, sebelum sampai ke tahap interview pihak dari perusahaan akan memberikan serangkaian tes sebagai penilaian performa dan sikap. Apabila dilihat dari segi tes sudah OK, maka tahap selanjutnya adalah interview.

Satu lagi nih, umumnya sebuah perusahaan yang palsu akan lebih cepat merespon para calon karyawan baru. Padahal, pihak dari perusahaan harus memilah dahulu mana kandidat terbaik berdasarkan CV yang masuk dan prosesnya pun memakan waktu sangat lama. Paling cepat 2 minggu, tetapi apabila perusahaan sangat membutuhkan sekali posisi ini, maka pihak dari sananya akan mengabari kamu minimal 1 minggu.

Baca Juga: Skill Hebat yang Selalu Dibayar Mahal, Beruntung Kalo Punya

4. Gaji yang Tidak Wajar

Waspada! Berikut Ciri Lowongan Kerja Online Palsu

Setiap orang tentu menginginkan gaji yang tinggi di dunia karir. Akan tetapi, jika posisi yang ditawarkan cukup bagus tetapi bayarannya sangat tinggi, maka kamu patut mencurigainya. Sebagai misal, kamu melihat lowongan untuk posisi ‘content writer’ untuk fresh graduate dan gajinya berkisar 10jt – 15jt. Nah, yang seperti ini lah yang terkadang terkesan menipu. Perlu kamu ketahui, untuk gaji seorang fresh graduate umumnya tidak sampai setinggi itu.

Untuk persoalan gaji, masing-masing perusahaan punya standar kualifikasinya pada calon karyawan dan bahkan juga ada tingkatannya. Jika gaji yang ditawarkan 10jt – 15jt tetapi untuk level senior atau SPV itu merupakan hal yang wajar, seperti itu.

Baca Juga: Daftar Pekerjaan Freelance yang Sering Di Anggap Sepele Tapi Menjanjikan

5. Meminta Uang

Waspada! Berikut Ciri Lowongan Kerja Online Palsu

Pernah mendengar plesetan dari singkatan UUD (Ujung-Ujungnya Duit)? Yap, begitulah kira-kira modus yang sampai saat ini masih terjadi. Modus penipuan ini biasanya digunakan oleh para oknum untuk mengincar para lulusan baru yang terjun ke dunia karir. Mereka yang masih polos kebanyakan termakan oleh bujuk rayu sang penipu.

Apabila kamu diminta untuk mengirimkan uang untuk biaya administrasi atau untuk keperluan lainnya, jangan sesekali Hinet Lovers kirim. Sejatinya sebuah perusahaan tidak memerlukan materi untuk menemukan kandidat terbaiknya. Toh kamu juga mau bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi malah disuruh mengeluarkan uang. Aneh bukan?

Baca Juga: Tips Anti ‘Jobless’ Terutama Bagi Fresh Graduate

6. Tidak Memerlukan Pengalaman

Waspada! Berikut Ciri Lowongan Kerja Online Palsu

Normalnya, sebuah perusahaan akan memajang kriteria dan persyaratan khusus untuk menjadi calon karyawan. Apabila hanya tertera jenis kelamin, batas usia, dan tidak membutuhkan pengalaman bukankah itu terdengar sangat aneh? Apalagi kalau sudah ada embel-embel dibutuhkan segera dan memasang harga tinggi untuk gaji. Jangan terlalu terbuai jika kamu menemukan lowongan dengan persyaratan yang hanya seperti itu.

Baca Juga: Cara Melamar Kerja Bagi Para Fresh Graduate

7. Bahasa lowongan yang mencurigakan

Pada saat melakukan proses perekrutan, sudah pasti perusahaan akan memakai bahasa yang formal. Bila sewaktu-waktu kamu menemukan lowongan yang gaya bahasanya terkesan agak ‘norak’ dan asal, lebih baik abaikan saja. Akan tetapi, saat ini beberapa perusahaan mulai merubah gaya kepenulisannya dalam hal memberi informasi lowongan kerja, yakni lebih mengarah ke kreatif. Jadi kamu harus bisa bedakan juga ya, mana yang kreatif dan mana yang kesannya agak ‘alay’.

Itu dia beberapa ciri lowongan kerja palsu yang wajib kamu ketahui. Pahamilah setiap poinnya ya Hinet Lovers, supaya kamu tidak menjadi korban penipuan dari oknum-oknum yang usil. Terus semangat mengejar karirmu ya!

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, belum lengkap rasanya kalau Hinet tidak membahas paket internet murah 2019 juga. Ya, bagi pengguna smartphone sudah seharusnya membeli paket internet paling murah. Dengan memilih paket internet murah, kamu bisa internetan tanpa harus keluar budget mahal.

Lalu, paket internet paling murah yang paling recommended apa ya?

Nah! Selain Paket Internet Rumah murah dan Paket Internet Unlimited murah, Hinet punya paket internet murah 2019 lainnya yang spesial untukmu, yaitu MIFI SUPER XTREME!

MiFi Super Xtreme

Jadi, Hinet Lovers bisa membeli paket internet murah MIFI SUPER XTREME dengan harga mulai dari Rp 350.000 dan mendapatkan kuota utama sebesar 35GB dengan masa aktif 60 hari.

Menariknya lagi dari paket internet murah MIFI SUPER XTREME, kamu akan mendapatkan bonus recharge untuk 3x Top Up di awal paket Rp 150.000 dan Rp 225.000 dapat Kuota Utama Ganda.

MiFi Super Xtreme

Bagaimana? Tertarik untuk membeli MIFI dan Top Up paket internet murah SUPER XTREME dari Hinet. Kalau iya, promo ini hanya berlaku di setiap pembelian online melalui Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Mau internetan dengan lancar dan mendapatkan kuota melimpah? Buruan beli HINET sekarang juga! Kamu bisa temukan juga paket internet rumah murah, paket internet unlimited murah, paket internet paling murah dan promo menarik lainnya dari Hinet di sini >>>

official store hinet

Leave a Reply

* Your email address will not be published.