Hinet Internet Cepat 4G LTE
Jangan Sampai Tertipu! Inilah Ciri-Ciri Software Bajakan

Jangan Sampai Tertipu! Inilah Ciri-Ciri Software Bajakan

Jangan Sampai Tertipu! Inilah Ciri-Ciri Software Bajakan – Mungkin beberapa dari Hinet Lovers ada yang menggunakan software bajakan. Tentunya dengan alasan harga yang begitu ekonomis, ketimbang perangkat lunak asli yang memang dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Padahal, memakai software bajakan itu ada banyak resikonya loh dan yang pasti dapat memperburuk kesehatan PC/laptop ataupun membahayakan data-data yang berada di dalam laptop. Maka dari itu, kalian SANGAT DIANJURKAN untuk menggunakan software yang orisinil!

Tetapi, jika Hinet Lovers ingin membeli software yang asli, kamu harus ketahui dulu bagaimana cara membedakan software palsu dan asli. Lalu apa saja ciri-ciri software asli dan ciri-ciri software palsu?

Berikut ini, Hinet akan menjelaskan bagaimana cara membedakan software palsu dan asli. Namun sebelum itu, kamu perlu tahu apa bahayanya menggunakan software bajakan lainnya dan alasan mengapa harus memakai software yang asli.

Bahaya Menggunakan Software Bajakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, software bajakan mampu menempatkan kondisi PC/laptop ke dalam bahaya. Dikarenakan, di dalam software bajakan belum tentu bersih dari yang namanya virus. Ya, namanya saja sudah bajakan dan bukan keluaran dari pabrik aslinya. Kemungkinan besar, software bajakan sudah ditanamkan virus malware yang memungkinkan untuk mencuri data yang bersifat pribadi, sebut saja informasi pribadi, data akun bank, dan sebagainya.

Baca Dulu! Ini Ciri-Ciri Software Bajakan

Kedua, software bajakan sudah pasti memiliki batasan. Sehingga Hinet Lovers yang memakai produk tersebut mungkin tidak akan mendapatkan update terbaru hingga menggunakan fitur-fiturnya secara maksimal.

Ketiga, inilah yang paling berbahaya dan berkaitan dengan hukum. Berdasarkan Pasal 72 UU nomor 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta, bagi pengedar maupun pengguna software/produk bajakan akan dikenai sanksi hukum. Apakah Hinet Lovers mau berurusan dengan hukum? Maka dari itu, kalian harus menggunakan produk yang orisinil.

cara membedakan software palsu dan asli

Jadi Hinet Lovers sudah tahu betul kan apa saja bahaya menggunakan software bajakan dan alasan mengapa harus yang orisinil. Nah! Masuk kepada topik inti, yaitu bagaimana cara membedakannya antara yang asli dengan yang palsu. Sebetulnya, dari keduanya sudah memiliki ciri-cirinya, baik itu ciri-ciri software asli dan ciri-ciri software palsu. Kamu harus tahu keduanya.

Baca Dulu! Ini Ciri-Ciri Software Bajakan

Berikut ini tips membedakan software asli dan palsu:

1. Perhatikan Sampul Cover Produk

Mengenali ciri-ciri software palsu dan yang asli bisa melalui sampul covernya. Beberapa produk perangkat lunak kebanyakan dikemas dalam bentuk disc, dalam artian hampir sama dengan yang aslinya dengan tujuan menipu calon pembeli. Akan tetapi, walaupun sama-sama dalam bentuk cakram/disc, kamu bisa menilai asli atau tidaknya berdasarkan sampul cover.

Umumnya, software bajakan memakai sampul cover “fotokopian”. Kalau yang orisinil, akan ada stiker distributor software yang bersangkutan. Jelas sekali letak perbedaannya dengan yang asli bukan?

Baca Juga: Cara Paling AMPUH mengatasi Laptop Not Responding dan Eror

2. Cek Kelengkapan Isi Di Dalam Bungkusnya

Selain ada cakram/disc (CD atau DVD), sudah seharusnya di dalam boks software terdapat buku manual yang berisikan panduan pemakaian. Hal ini sekaligus bisa dijadikan sebagai pembuktian, mana software palsu dan yang tidak. Sedangkan yang palsu atau bajakannya, hanya terdapat disc-nya saja. Pasalnya, tidak mungkin distributor resmi merilis produknya tanpa petunjuk penggunaan.

Baca Juga: 4 Cara Mudah menghilangkan Virus Shortcut Pada Laptop

3. Periksa Apakah Ada Hologram atau Tidak

Di semua produk software pasti terdapat hologramnya, baik itu pada CD maupun pada covernya. Label stiker hologram merupakan sebuah tanda khusus untuk menunjukkan keaslian produk. Hinet Lovers juga perlu tahu, kalau hologram asli bukanlah sebuah tempelan, melainkan hologram benar-benar menyatu pada CD atau pada kertas covernya. Jika kamu menemui CD atau cover yang hologramnya tempelan dan dapat dicabut, maka sudah pasti itu palsu atau bajakan. Satu hal lagi, label hologram yang asli dapat berubah warna ketika posisinya dimiringkan.

Baca Juga: Kenali Jenis Virus Paling Mengerikan Pada Smartphone dan Bahayanya

4. Lakukan Verifikasi di Situs Resmi

Satu lagi cara membedakan software palsu dan asli yang bisa kamu coba, yaitu dengan melakukan verifikasi di situs resminya. Sebagai contoh, Microsoft. Kamu bisa mengunjungi laman www.microsoft.com/howtotell untuk mengidentifikasi apakah software yang kamu beli adalah produk asli atau tidak. Masukkan key code produk yang sudah kamu beli, maka nantinya akan langsung diberi jawaban saat itu juga.

Begitulah caranya membedakan software yang asli dengan yang bajakan. Jadi Hinet Lovers sudah paham ya, jangan sampai kalian tertipu dan membeli barang yang bajakan! Usahakan selalu menggunakan produk yang orisinil agar PC atau laptop tidak cepat rusak dan bisa mengakses software tersebut dengan lebih maksimal.

Penutup

Sebagai penutup informasi ini, Hinet juga ingin membagikan informasi seputar paket kuota internet bulanan yang murah untukmu. Yup! Paket kuota yang murah dari Hinet yaitu Paket Isi Ulang REGULER!

Kenapa paket REGULER Hinet dicap sebagai paket kuota paling murah? Karena dengan harga mulai dari 100K saja, kamu sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 43GB! WOW banget kan!?

Ayo buruan top up paket kuota internet murah 4G LTE dari Hinet sekarang juga! Buat yang belum tahu caranya isi ulang paket REGULER Hinet, yuk baca panduannya di bawah sini:

  • Cara isi ulang paket internet melalui aplikasi hinetku CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui tokopedia CEK DISINI
  • Cara Isi ulang paket internet melalui Hinet Center CEK DISINI
  • Cara isi ulang paket internet melalui BukaLapak CEK DISINI

Leave a Reply

* Your email address will not be published.